Selain Tingkatkan Gairah Seks Wanita, Rumput Fatimah Punya Banyak Manfaat Lain. Berikut 6 Manfaat Rumput Fatimah dan Bahayanya Bagi Ibu Hamil!

Rumput Fatimah telah lama digunakan oleh banyak orang terutama dari kalangan wanita. Pasalnya, ada beberapa manfaat rumput fatimah yang sangat terkait dengan urusan kewanitaan. Tidak sedikit orang yang masih ragu menggunakannya karena khawatir bahaya rumput fatimah.

Apa Itu Rumput Fatimah?

Rumput fatimah adalah sebuah tanaman dari keluarga primulaceae dan marga labisia. Tanaman Rumput Fatimah memiliki nama ilmiah Labisia pumila. Secara global, Rumput Fatimah juga dikenal dengan sebutan kacip fatimah.

Rumput Fatimah punya bentuk daun yang kecil dengan batang merambat, Tinggi tanaman ini sekitar 30 hingga 40 cm. Daunnya berbentuk elips lancip dengan sisi atas daun berwarna hijau gelap dan bagian bawah berwarna hijau muda sampai ungu kemerahan.

Di Malaysia, tanaman ini dikeringkan dan esktraknya diminum beberapa hari mendekati tanggal persalinan. Selain dengan racikan sendiri, akar fatimah dijual bebas di Malaysia dalam berbagai bentuk. Mulai dari suplemen herbal sampai minuman kaleng siap minum.

Manfaat Rumput Fatimah Bagi Wanita

1. Meningkatkan Jumlah Reseptor Oksitoksin

Dilansir dari laman Doktersehat.Com, Rumput Fatimah memiliki kandungan senyawa flavonoid dan isoflavonoid. Kedua senyawa tersebut mempunyai struktur yang mirip dengan hormon steroid endogen. Kemiripan senyawa yang dimaksud adalah estradiol.

Estradiol ternyata memiliki sifat aktifitas estrogenik yang mampu terikat pada reseptor estrogen alfa dan reseptor estrogen beta. Selain itu, estradiol juga mampu meningkatkan afinitas reseptor estrogen beta.

Efek tersebut membuat Rumput Fatimah memiliki manfaat yang cukup penting. Manfaat Rumput Fatimah pun bisa meningkatkan jumlah reseptor oksitoksin. Peningkatan jumlah reseptor oksitoksin yang terjadi di dalam tubuh berdampak positif pada hal lain.

2. Meningkatkan Frekuensi Kontraksi Rahim

Sebelumnya telah disinggung bila manfaat Rumput Fatimah bisa meningkatkan jumlah reseptor oksitoksin. Peningkatan jumlah reseptor oksitoksin berdampak pada hormon estrogen di dalam tubuh seorang wanita.

Akibat jumlah reseptor oksitoksin yang meningkat, hormon estrogen dapat merangsang pembentukan hormon prostaglandin. Hal ini dapat meningkatkan frekuensi kontraksi rahim. Kontraksi rahim ini bisa terjadi baik pada wanita hamil maupun tidak hamil.

3. Mengencangkan Otot-Otot Vagina Setelah Melahirkan

Mungkin sudah tidak asing bila banyak orang yang menyarankan untuk minum air rendaman Rumput Fatimah ketika sudah tiba waktunya melahirkan. Air rendaman rumput fatimah biasanya diminum saat pembukaan sudah sekitar pembukaan 5.

Selain diklaim bisa memberikan manfaat ketika proses persalinan sedang berlangsung. Rumput fatimah juga dikatakan membawa manfaat setelah proses persalinan. Manfaat rumput fatimah bisa mengencangkan otot-otot vagina setelah melahirkan.

Otot-otot vagina menjadi kencang dan jalan lahir yang terbuka lebar karena melahirkan mulai mengecil. Para wanita yang sedang hamil mungkin banyak yang tertarik untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan ahli herbal.

4. Terapi Gejala Menopause

Tidak hanya untuk para wanita hamil, manfaat rumput fatimah juga bisa dirasakan oleh para wanita tua yang mulai memasuki fase manopause. Rumput fatimah telah lama digunakan dalam bentuk ramuan untuk membantu meredakan gejala menopause yang tidak nyaman pada bagian vagina dan payudara.

5. Meredakan Gejala Nyeri

Perubahan terhadap hormon estrogen setelah mengonsumsi rumput fatimah juga membawa manfaat yang lain. Manfaat Rumput Fatimah yang lain adalah dapat meredakan gejala nyeri akibat peradangan yang terjadi.

Pengonsumsian air rendaman Rumput Fatimah atau ekstrak bubuk Rumput Fatimah bisa meredakan nyeri karena peradangan setelah melahirkan. Selain itu, manfaat rumput fatimah juga dapat meredakan gejala nyeri haid.

6. Meningkatkan Gairah Seks

Manfaat Rumput Fatimah juga disebutkan bisa meningkatkan libido atau gairah seks wanita. Kandungan di dalam rumput fatimah dapat merangsang peningkatan produksi hormon wanita yang mampu meningkatkan libido atau mengembalikan vitalitas seksual.

Bahaya Rumput Fatimah Bagi Ibu Hamil

Segala sesuatu diciptakan dengan seimbang memiliki manfaat dan efek samping. Begitupun rumput fatimah, meski banyak memiliki manfaat dalam hal kewanitaan, rumput fatimah juga memiliki efek samping yang beresiko tinggi hingga membahayakan nyawa ibu dan bayi yang dikandung jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Dikutip dari Kompas.Com, bertentangan dengan kepercayaan masyarakat, dokter justru melarang penggunaan rumput fatimah sebagai ‘induksi alami’. dr.Ali Sungkar, Sp.oG berpendapat bahwa rumput fatimah tidak aman karena tidak diketahui apa saja kandungan di dalamnya.

“Rumput fatimah tidak aman karena tidak jelas isinya apa. Kita juga tidak tahu kandungan aktifnya itu di akar, batang atau daunnya,” ujar Dr.Ali.

Karena kandungannya yang tidak jelas, orang cenderung menggunakannya berdasarkan feeling tanpa dosis tepat. Hal ini membuat efeknya jelas berbeda-beda pada setiap orang.

Jika digunakan berlebihan, Rumput Fatimah akan menyebabkan kontraksi yang hebat dan justru membahayakan si bayi dalam kandungan. Meskipun bisa diatasi dengan obat, dr.Ali mengatakan hal tersebut tidak akan maksimal dan dikhawatirkan bisa membuat bayi kekurangan oksigen.

Jika kandungan Anda baik-baik saja, jauh lebih baik menunggu hingga bayi lahir secara alami. Jika memang usia kehamilan sudah lebih dari 42 minggu, cara induksi medis jauh lebih aman dibanding mengonsumsi rumput fatimah, ujarnya.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi