Sempat Tersebar Hoax BJ Habibie Wafat, Keluarga Geram Beberkan Kondisi Terkini BJ Habibie

Jagat sosial media Facebook sejak pagi kemarin Selasa (10/9) mendadak ramai dengan postingan kabar duka tentang kepulangan salah satu tokoh tanah air Prof. Ing. Bacharudin Jusuf Habibie. Berita ini mencuat dan dibagikan oleh ribuan orang sehingga menjadi viral.

Namun, setelah ditelusuri kebenarannya, ternyata kabar yang beredar adalah berita bohong alias hoaks. Bahkan menurut beberapa sumber terpercaya, keadaan sosok yang akrab disapa Eyang Habibie ini sudah membaik, dan tidak mengalami kritis.

Kelelahan dan Riwayat Penyakit Jantung Sejak Masih Muda

Presiden ke-3 RI ini dirawat secara intensif di RSPAD Gatot Subroto karena kelelahan dengan padatnya kegiatan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Presiden Joko Widodo yang menjenguk langsung perancang pesawat N250 Gatot Kaca tersebut kepada beberapa awak media.

“Prof Habibie sangat sehat. Tadi cerita banyak terlalu capek. Banyak aktivitas beliau tidak hentinya, cerita dari Pekanbaru ke Padang, terus Padang ke Serpong, nggak ada jedanya jadi capek. Sekarang sudah baik. Dirawat sejak Jumat,” ujar Jokowi di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, dikutip dari detikNews Senin (27/8/2018).

Hal senada juga diungkapkan oleh Putra bungsu Bacharuddin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie mengungkapkan sang ayah menjalani aktivitas yang kelewat tinggi sebelum akhirnya terbaring di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Hal itu dinilai jadi penyebab awal sakit yang diderita Habibie saat ini.

Menurut Thareq, kegiatan Habibie terlalu banyak sebelum jatuh sakit sehingga kerja jantung tak mampu mengimbangi.

“Bapak itu senang terima tamu banyak orang yang minta pendapat, menurut Bapak gimana. Karena beliau paling mengerti teknologi, pernah jadi menteri, Wapres, presiden, beliau sangat mengerti. Banyak orang politik, orang pintar datang, banyak sahabat datang dan minta pendapat. Bapak dengan senang hati menerima,” ujar Thareq di tengah konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9).

Padahal ia menuturkan, usia Habibie yang kini sudah hampir menyentuh 84 tahun. Ditambah lagi menurut Thareq, kondisi jantung Habibie bermasalah sejak usia muda.

“Kelemahan Bapak itu, otak masih jalan tapi sudah lupa badan sudah tidak mengikuti lagi. Awal-awal dari penderitaannya ya itu,” sambung dia lagi.

Itu sebab Thareq berpikiran, ketika pulih nanti pihak keluarga juga akan membatasi kegiatan Habibie. Termasuk dalam menerima sejumlah kunjungan ke kediamannya di kawasan Kuningan, Jakarta.

Sebelumnya, pada bulan Maret lalu, Habibie juga sempat dirawat di salah satu rumah sakit di Munchen, Jerman diduga karena ada kebocoran pada klep jantung yang pernah dipasang.

Apa itu kebocoran klep jantung? Situs Mayo Clinic menyebut kebocoran klep jantung merupakan kondisi di mana klep jantung tidak berfungsi dengan baik, tidak menutup dan tidak kembali seperti semula.

Gangguan ini membuat darah sulit mengalir ke ruangan (bilik jantung) atau pembuluh darah seharusnya. Darah yang seharusnya mengalir ke pembuluh darah bisa berbalik kembali ke dalam jantung. Akibatnya, jumlah darah yang dialirkan ke tubuh akan berkurang.

Keluarga Tanggapi Hoax: Bapak Sudah Membaik

Dilansir dari Liputan6.Com, Adik kandung Presiden ke-3 Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie, Sri Soedarsono terlihat menjenguk kakaknya yang tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.Dia menyampaikan, kondisi BJ Habibie kini sudah membaik meski belum bisa diajak bicara.

“Kondisi Bapak membaik Alhamdulillah. Enggak bisa (ngobrol). Tapi bisa (mengganguk dan mengelek). Beliau tidak bisa terima tamu banyak-banyak. Didoakan sajalah,” kata Sri di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Dia pun mengaku sedikit geram dengan informasi hoaks yang menerpa kakaknya. Meski demikian, dirinya mengganggap itu sebagai doa agar umurnya panjang.

“Kok ada orang iseng seperti itu ya. Kalau banyak berita bohong, ini artinya kita umur panjang, ya Bapak ya. Doakan saja, kita doain Bapak,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Gubernur DKI Anies Baswedan, mantan Ketua MK Hamdan Zoelva, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, dan politisi senior Golkar Theo L Sambuaga juga sudah menjenguk Habibie.

Diketahui Sekretaris pribadi BJ Habibie, Rubijanto mengatakan, kondisi kesehatan BJ Habibie justru membaik. Hal ini menyikapi kabar hoaks bahwa BJ Habibie telah meninggal.

“Aman terkendali, terima kasih,” kata Rubijanto saat menjawab pertanyaan mengenai kondisi kesehatan terkini BJ Habibie.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi