Seseorang Me-Reupload Video YouTube Saya, Bagaimana Cara Menghapusnya?

0

Video YouTube milikmu diupload oleh channel lain? Lihat selengkapnya apa saja yang bisa kamu lakukan jika hal ini terjadi.

Membuat karya di YouTube tidak bisa sembarangan, para content creator susah payah membuat video untuk diunggah ke YouTube. Banyak persiapan yang harus dilakukan, prosesnya panjang deh. Tapi tidak sedikit juga channel YouTube buzz yang mengumpulkan atau menggabungkan sehingga menjadi menarik seperti On The Spot. Masih terbilang normal, karena mengambil penggalan-penggalan video orang dengan mencantumkan sumber dan membuat kontennya sendiri.

Tapi ada juga loh yang bener-bener mencomot video dari channel orang lain kemudian diunggah begitu saja ke channel nya sendiri, ada yang dipotong atau diedit terlebih dahulu baru diupload dan ada juga yang mentah-mentah langsung diupload ke channelnya.

Contohnya channel YouTube Posciety, sudah beberapa kali kami menemukan video kami diupload oleh channel YouTube lain tanpa alasan yang jelas. Sudah beberapa kali juga kami meminta YouTube untuk take down. Dan baru-baru ini kami mendapatkan pemberitahuan lagi ada channel YouTube bernama rosadi halim. Mungkin bermaksud untuk mendapatkan penghasilan atau views YouTube, atau mungkin ingin mendapatkan subscriber? Entahlah…

channel youtube rosadi halim

Kami mendapatkan pemberitahuan dari YouTube bahwa channel tersebut mengunggah video yang dimiliki dan resmi miliki channel posciety, pemberitahuan ini berupa email dan tanda menyala pada lonceng. Jika diklik, akan diarahkan ke halaman Copyrights Matches.

Cara Takedown Video yang Di-Reupload oleh Channel Lain

copyrights matches dasbor youtube posciety

Kunjungi menu Copyright atau Hak Cipta jika menggunakan bahasa Indonesia, pada tab Matches akan muncul video-video yang dianggap YouTube match dengan video yang kamu miliki di channel YouTube kamu. Disini, kamu bisa melakukan request ke YouTube untuk menghapus video tersebut atau kamu bisa chat channel bersangkutan untuk menanyakan lebih lanjut.

  • Centang video yang ingin dilakukan tindakan
  • Pilih Contact Channel jika ingin mengirim pesan untuk bertanya-tanya kepada channel bersangkutan, akan muncul layar popup untuk mengisi pesan dan klik tombol send
  • Pilih Request Removal jika kamu ingin video tersebut dihapus dari channel bersangkutan
  • Akan muncul layar baru, isilah semua data kamu dengan baik dan benar
  • Pada bagian Removal options and agreements pilih apakah kamu ingin melakukan request ini saat ini juga atau menunggu 7 hari kemudian
  • Jangan lupa centang semua syarat dan ketentuan termasuk Signature
  • Klik tombol Submit

Setelah berhasil dikirim, video akan hilang di tab Matches dan akan pindah ke tab Removal requests.

removal requests youtube video posciety

Di bagian ini kamu bisa melihat status request kamu apakah sudah selesai, in progress, atau justru gagal. Pantau terus halaman ini agar kamu mengetahui statusnya atau periksa notifikasi email dan lonceng YouTube.

Jika YouTube melihat video ini benar-benar milik kamu dan menyetujui untuk menghapus video tersebut di channel orang lain, maka secara otomatis pemilik channel tersebut akan diberitahukan melalui email dan lonceng YouTube bahwa video akan dihapus karena melanggar hak cipta.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya