Sikap yang Harus Dihindari Saat Berada di Lingkungan Bioskop

Haaayoo, siapa disini yang suka nonton bioskop!? Pasti rata-rata Milenials udah pernah merasakan masuk kedalam gedung bioskop ya! Nah, ternyata kalau ke bioskop juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari lho, apa aja ya? Yuk kita simak sama-sama!

Contoh perilaku yang sering terjadi adalah datang terlambat, menggunakan ponsel dan bercakap dengan suara lantang, berjalan di depan orang lain dan berisik saat makan dan minum. Tapi masih ada lagi perilaku yang harus dihindari saat sedang menonton film di bioskop, diantaranya:

1. Merekam Adegan dengan Ponsel

Kalau sampai melakukan hal yang satu ini, sama dengan melanggar hukum nih teman-teman. Terlebih kalau setelah merekam adegan film di bioskop, kita mengunggahnya ke internet.

Merekam adegan film menggunakan peralatan apa saja dan menyebarkannya termasuk bentuk pembajakan film lho. Soalnya, perilaku ini termasuk ke dalam kategori penggandaan ciptaan.

Menurut situs hukum Yuridis.id, peraturan tentang merekam adegan film dan menyebarkannya ini diatur dalam Undang-Undang (UU). Yaitu UU Informasi dan Transaksi Elektronik dan Hak Cipta. Yuk, hargai karya dan kerja keras kru pembuat film dengan tidak melakukan ini di bioskop.

2. Tidak Memperhatikan Orang Lain

Menonton film di bioskop berbeda dengan menonton televisi di rumah. Di bioskop, kita juga harus memerhatikan kenyamanan penonton lain di sekitar kita. Baik keluarga atau teman yang menonton bersama kita, maupun orang lain yang tidak kita kenal. Misalnya perhatikan ruang untuk kaki dan tangan kita saat menonton di bioskop.

Sebaiknya duduk dengan tenang dan jangan menjejakkan kaki ke kursi yang ada di depanmu ya. Kemudian, sandaran tangan juga boleh dipakai secara bergantian, teman-teman.

3. Tidak Memungut Sampah Sisa

Jika membawa makanan dan minuman ke dalam ruang pemutaran film di bioskop, jangan lupa untuk membawanya kembali ke luar setelah selesai.

Sebaiknya kita tidak meninggalkan sisa kemasan makanan dan minuman di dalam bioskop ya. Membawa sampah ke luar dan membuangnya ke tempat sampah itu gak sulit, kok. Selain itu, kita juga berbuat kebaikan dengan mempermudah perkerjaan petugas kebersihan di bioskop 🙂

4. Memperbincangan Cerita Film di Lobi Bioskop

Kalau film yang kita tonton sangat seru, kita pasti tidak sabar untuk berdiskusi dengan teman dan keluarga yang menonton bersama kita.

Meski sudah di luar ruangan pemutaran film, masih ada etika di bioskop yang harus dijaga. Makanya, usahakan tidak memperbincangkan film yang baru saja kamu tonton dengan suara lantang ya. Terutama saat berada di lingkungan bioskop, seperti lobi.

Apalagi kalau yang kita bicarakan adalah jalan cerita atau akhir kisah dalam film. Barangkali, di tempat kita berada ada orang yang baru akan menonton film yang sama. Jika terdengar, calon penonton ini jadi tidak mendapatkan kejutan saat menonton filmnya. Spoiler gitu deh…

Itulah hal yang harus kita hindari di saat menonton film di bioskop, teman-teman. Jangan lupa, ya 🙂

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi