Tambahkan Postingan IG Orang Lain ke Koleksi Agar Mudah Ditemukan Lagi Nanti

Ketika membuka aplikasi Instagram dan melihat postingan yang menarik di feed biasanya banyak orang melakukan save dengan cara postingan tersebut sebagai pesan agar terdapat jejak di DM dan dapat dicari di DM jika suatu saat ingin melihat postingan tersebut.

Hal di atas tentu tidak efektif, maka dari itu Instagram membuat satu fitur tambahan yang dapat memudahkan setiap penggunanya untuk menemukan postingan IG orang lain yang dulu pernah dilihat dan sekarang ingin dilihat kembali. Fiturnya adalah Save atau Bookmark.

Fitur Save ini cara kerjanya sama seperti bookmark pada browser, kamu dapat menemukan link yang pernah di-bookmark dan tentu waktunya lebih cepat daripada kamu harus mencari kembali kata kuncinya yang mungkin kamu pun sudah lupa.

Fitur Save di Instagram ini mengizinkan kamu untuk menyimpan postingan Instagram orang lain dimasukkan ke dalam koleksi akun kamu Instagram kamu agar kamu dapat menemukan postingan tersebut di kemudian hari dengan mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai.

  1. Buka Aplikasi Instagram

    Buka aplikasi Instagram dan pastikan kamu sudah login menggunakan akun yang aktif.

  2. Pilih Post

    Buka postingan Instagram lain.

  3. Klik Ikon Bookmark

    Klik ikon Bookmark pada postingan tersebut maka muncul notifikasi bahwa postingan sudah ditambahkan ke daftar Disimpan jika menggunakan bahasa Indonesia.
    Jika kamu belum pernah memiliki koleksi sebelumnya, maka kamu harus membuat koleksi terlebih dahulu, ikuti langkah berikutnya.

  4. Pilih Menu Save

    Ketuk burger menu di pojok kanan lalu pilih menu Saved jika menggunakan bahasa Inggris. Pada menu ini kamu akan melihat koleksi yang kosong jika kamu belum pernah membuat koleksi sebelumnya.

  5. Buat Koleksi

    Agar kamu lebih mudah menemukan postingan-postingan IG yang pernah kamu bookmark / simpan sebelumnya, kamu harus membuat koleksi di akun Instagram. Cara membuatnya cukup mudah, klik tanda tambah (+) di pojok kanan atas lalu pilih foto yang pernah kamu simpan sebelumnya ke dalam koleksi tersebut kemudian ketuk Next dan beri nama pada koleksi tersebut.

  6. Simpan ke Koleksi

    Setelah berhasil membuat koleksi, ke depannya ketika kamu menyimpan/bookmark postingan orang lain akan muncul pilihan koleksi yang ingin digunakan atau membuat koleksi baru dengan lebih cepat.

Setelah memiliki koleksi di akun Instagram kamu, ke depannya akan lebih mudah untuk menambahkan postingan orang lain ke koleksi di akun IG kamu yang sudah ada atau membuat koleksi baru.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengatur gambar thumbnail atau cover image setiap koleksi dengan cara ketuk Change Cover jika menggunakan bahasa Inggris ketika mengedit atau membuat koleksi / collection.

Klik disini untuk menonton video tutorial cara bookmark postingan IG ke Collection.

Instagram
Komentar (0)
Tambah Komentar