Situ Gunung, Surga Tersembunyi di Kaki Gunung Gede Pangrango

Indonesia memang tidak salah lagi bila dijuluki sebagai “Untaian Zamrud di Khatulistiwa”. Kawasan dengan Archipelago terbanyak di dunia ini memilki jutaan keunikan, baik dari sisi humanis maupun kekayaan alamnya. Letak yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa inilah yang menjadikan Indonesia memiliki banyak hal yang istimewa.

Dari Sabang sampai Merauke, begitu banyak keindahan alam yang tak akan habis dijelajahi dalam waktu yang singkat. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun domestik untuk menghabiskan waktu liburan mereka di berbagai destinasi wisata di Indonesia.

Salah satu destinasi wisata yang akhir-akhir ini sedang melambung namanya adalah kawasan wisata Situ Gunung. Situ Gunung sebenarnya bukanlah kawasan wisata baru, namun namanya baru melambung setelah penambahan wahana Suspension Bridge yang merupakan salah satu jembatan di Asia.

Lokasi dan Jalur Transportasi Situ Gunung

Situ gunung berupa sebuah danau di dataran tinggi, yang masih merupakan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Situ Gunung terletak di daerah desa Sukamanis, kecamatan Kadudampit, Sukabumi.

Untuk mencapai lokasi Situ Gunung, Jika Anda berasal dari wilayah Jabodetabek, Anda dapat memilih menggunakan moda transportasi seperti bus kota, kereta hingga colt mini. Bagi yang menggunakan Bus kota/ Colt mini, Anda bisa turun di simpang tiga Mesjid Agung Rhoudhotul ‘Irfan, setelah Pondok Pesantren Al-Masturiyah, hal ini dikarenakan perpindahan jalur menuju terminal, maka bus dan colt mini tidak bisa melewati akses terdekat ke Situ Gunung seperti beberapa waktu lalu.

Setelah itu Anda bisa naik Angkutan Umum berwarna hijau tosca sampai Mesjid Agung Kauman Cisaat. Lalu, ambil arah kiri ke arah terminal Cisaat, berjalanlah beberapa meter hingga menemukan angkutan umum berwarna merah. Anda juga bisa langsung menggunakan jasa ojek sebagai alternatif.

Begitupun juga jika Anda menggunakan moda transportasi kereta, Anda bisa turun di stasiun Cisaat dan naik mobil angkutan umum menuju pasar Cisaat, kemudian lanjutkan dengan angkutan umum berwarna merah yang menuju ke Situ Gunung.

Pilihan Wisata di Sekitar Situ Gunung

1. Danau Situ Gunung

Nama Situ Gunung ini diambil dari nama danau yang berada di dataran tinggi (gunung), Situ artinya danau. Konon katanya, Danau ini diberi nama oleh salah satu abdi kerajaan Pajajaran yang bernama Jaka Lulunta alias Mbah Jalun, yang pertama mendiami dan membangun perkampungan di kawasn ini.

gambar 1 - wisata danau situ gunung
img: Google

Danau ini memiliki keindahan yang menawan dengan kabut kabut tipis dikeliling pohon damar menambah kesejukan di sekitarnya. Wisatawan juga bisa menyewa sampan untuk mengarungi danau tersebut.

Jembatan Gantung (Suspension Bridge)

Jembatan Gantung atau yang lebih dikenal dengan Situ Gunung Suspension Bridge ini baru dibangun senesia sekitar tahun 2017 dan di resmikan setahun setelahnya. Jembatan ini merupakan salah satu jembatan terpanjang di Asia.

gambar 2 - suspension bridge jembatan gantung sukabumi situ gunung sukabumi
img: Google

Diantara semua alasan yang bisa ditorehkan mengapa harus mengunjungi Situ Gunung. inilah salah satunya; Jembatan gantung yang melintang panjang. Siapa pun pasti akan terpesona melihat jembatan ini. tidak hanya itu, adrenalin akan terpacu melihat bawah jembatan ini adalah jurang yang menganga begitu lebar.

Beberapa waktu lalu, jembatan ini menjadi viral dan banyak diperbincangkan. Sekitar 700 an orang berkunjung sesaat setelah jembatan gantung diresmikan. Dengan panjang 250 meter, lebar 2 meter dan tinggi 150 meter membuat jembatan ini tampak begitu aduhai di mata para petualang yang mengincar tantangan.

3. Curug Sawer

Tidak puas rasanya, bila ssetelah mencoba jembatan gantung tidak mengunjungi tujuan dari jembatan tersebut. Ya seperti yang diketahui, Jembatan gantung ini dibangun untuk mempersingkat perjalanan ke Curug Sawer. Curug Sawer sendiri tak kalah indah dengan danau sebelumnya.

gambar 3 - curug sawer sukabumi situ gunung
img: JejakPiknik.Com

Curug Sawer adalah sebuah air terjun yang sangat Instagramable. Tak jarang jika tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Harga Tiket Masuk Situ Gunung

Harga tiket masuk kawasan ini cukup murah hanya 11 ribu rupiah untuk week day. Dan akan naik menjadi 13.500 di week end. Di tambah dengan harga parkir untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah. Dan, untuk kendaraan bermotor akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. harga yang cukup murah bukan untuk menikmati kawasan yang super kece ini.

gambar 4 - harga tiket masuk situ gunung sukabumi
img: Khaerulleon.Com

Bagi wisatawan yang membawa rombongan akan dikenakan potongan. Harga tiket menjadi 8 ribu rupiah saja. tetapi, dengan syarat, Anda harus membawa minimal 10 orang. Agar harga khusus ini bisa dinikmati.

Bagi yang ingin menikmati perahu, sobat native akan dikenakan biaya sebesar 20 ribu rupiah. selain itu, ada juga flying fox yang seru dengan merogoh kocek 25 ribu rupiah saja. murah bukan berbagai wahana di tempat ini.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, Jadikan Situ Gunung sebagai destnasi wisata Anda selanjutnya!

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi