Solusi Ketika Tidak Bisa Print Screen (Screenshot)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mengambil cuplikan gambar / screenshot layar komputer/laptop dapat dilakukan dengan cara yang mudah, tapi pada beberapa kesempatan bisa saja menjadi sulit karena adanya faktor lain yang menyebabkan tombol pront screen tidak berfungsi atau berasal dari faktor lain pada komputer bersangkutan.

Komputer lain berfungsi tapi komputer/laptop kamu tidak berfungsi dan tidak dapat melakukan screen shot layar ? Mari kita bedah beberapa solusi yang mungkin bisa menjadi sebab dari keanehan itu.

Tapi, sebelum membedah solusi saya akan menyarankan untuk melakukan hal berikut terlebih dahulu:

Jika menekan tombol printScreen saja tidak dapat mengambil gambar, cobalah dengan menekan Fn+PrintScreen atau Alt+PrintScreen atau FN+Alt+PrintScreen. Cobalah langkah tersebut, pastikan kamu mencobanya satu persatu dan coba untuk tempelkan di aplikasi Paint sebagai contoh. Jika cara ini masih belum menyelesaikan masalah, cobalah solusi-solusi berikut:

Ganti Keyboard

Tidak perlu membeli keyboard baru, kamu bisa meminjam keyboard teman untuk mencobanya. Jika berhasil, artinya ada masalah dengan keyboard yang kamu gunakan. Bisa lihat solusi nomor 4 dibawah.

Hell na, teman kamu tidak mau meminjamkan keyboard ? jangan khawatir, kamu bisa gunakan Tablet PC Input Panel. Ini merupakan keyboard bawaan dari OS Miscrosoft, tidak ada salahnya untuk mencoba solusi ini. Lalu, bagaimana cara menampilkannya ?

gambar 1 solusi tidak dapat print screen keyboard layar - rio bermano

Pada toolbar, klik kanan > Toolbars > Tablet PC Input Panel, tunggu loading sebentar maka keyboard akan tapil di tengah layar dan siap digunakan. Cobalah mengambil cuplikan layar dengan menekan PrtScn.

F Mode – F Lock

Beberapa keyboard memiliki tombol F Mode dan/atau F Lock (dan tombo lserupa lainnya), pastikan tombol ini tidak mengunci fitur keyboard lainnya. Jika pada keyboard tidak terdaftar tombol-tombol seperti ini, lewati solusi ini.

Hentikan Aplikasi Lain

Jika pada komputer / laptop terdapat aplikasi perekam layar atau capture screen, pastikan untuk dihentikan terlebih dahulu. Biasanya aplikasi-aplikasi seperti ini suka mengambil alih tombol PrintScreen sehingga tidak dapat digunakan diluar aplikasi melainkan harus digunakan didalam aplikasi tersebut.

Update Driver

Masih belum berfungsi ? Cobalah untuk memperbarui / update driver keyboard yang digunakan, biasanya driver ini disediakan di dalam disc kecil ketika membeli baru. Jika tidak ada driver, cobalah cari di internet dan pastikan sesuai dengan keyboard yang digunakan.

Update OS

Well, ini adalah solusi yang rumit yang kamu dapatkan. Tapi memang ada saja beberapa komputer/laptop yang memerlukan pembaruan OS selain pembaruan driver, karena bisa saja driver atau OS yang saat ini digunakan tidak mendukung beberapa fungsi keyboard.

Masih Belum Bisa ?

Itulah solusi yang dapat saya bagikan semoga dapat membantu memecahkan masalah Print Screen yang error. Jika masih belum bisa, sebaiknya lakukan screenshot layar dengan menggunakan Snipping Tool. Caranya gampang, gak perlu install dulu. Lihat: Cara screenshot layar komputer menggunakan Snipping Tool.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi