Review Xiaomi Redmi Note 7, Nyaris Sempurna, Spesifikasi Gahar Tapi Masih Ada Beberapa Kekurangan!

Siapa yang tidak mengenal gadget smartphone pada jaman milenial sekarang? Hampir semua orang pasti memilikinya karena beberapa produsen smartphone saling berlomba-lomba membuat smartphone dengan spesifikasi yang cukup baik namun harga yang bersahabat. Semua ini dilakukan tidak lain untuk menarik kaum milenial yang memiliki minat untuk membeli smartphone dengan mudah.

Hal tersebut yang dilakukan oleh satu produsen smartphone dan beberapa aksesoris gadget yaitu Xiaomi. Xiaomi banyak sekali mengeluarkan beberapa smartphone dengan spesifikasi yang tidak kalah dengan beberapa produsen smartphone yang terkenal di dunia. Xiaomi juga sangat digemari khususnya oleh masyarakat di Indonesia, selain harganya yang cocok di kantong, spesifikasinya yang baik juga membuat smartphone xiaomi sangat digemari.

Xiaomi ini merupakan perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berbasis di Beijing. Xiaomi juga termasuk distributor smartphone terbesar ke 3 setelah Samsung dan Apple. Baru-baru ini masyarakat dunia dihebohkan dengan pemberitaan launching serial produk baru dari xiaomi yaitu Redmi Note 7 dan Redmi Note 7 Pro.

gambar 1 - xiaomi terbaru redmi note 7
img: Google

Xiaomi mengklaim akan mengeluarkan produk tersebut yang memiliki spesifikasi gahar dengan harga yang murah. Pada bulan Februari 2019, Xiaomi sudah merilis Redmi Note 7 versi Global di luar negeri seperti India dan China, pada bulan Maret 2019 akhirnya Redmi Note 7 resmi dilepas di tanah air.

Redmi Note 7 sangat ditunggu-tunggu oleh para kaum milenial di Indonesia karena fitur kamera beresolusi 48 megapixel dengan dual kamera belakang beresolusi 5 megapixel yang membuat smartphone ini cocok untuk para kaum milenial yang menyukai dunia photographer, khususnya para instastory hunter.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 7

Redmi Note 7 mengusung desain yang lebih sederhana dan segar untuk dilihat dibanding dengan series sebelumnya, memiliki desain teardrop screen dengan warna gradasi di bagian belakang juga dilengkapi dengan sensor fingerprint seperti serial sebelumnya. Redmi Note 7 juga memiliki Face Unlock untuk membuka kunci menggunakan wajah, Xiaomi mengklaim bahwa Redmi Note 7 dapat dengan akurat mengenali wajah.

gambar 2 - face unlock redmi note 7
img: Jonny Lindner – Pixabay

Layar depan dan case belakangnya dilengkapi dengan Gorilla Glass 5 dan frame pinggiran plastik. Redmi Note 7 ini mengeluarkan warna neptune blue, nebula red, dan space black. Saat launching di China, Redmi Note 7 dibandrol dengan harga Rp 2,1 jutaan untuk RAM 3/32 dan Rp 2,9 jutaan untuk RAM 6/64, saat keluar di Indonesia bulan lalu harga tersebut tidak jauh beda bahkan lebih murah di Indonesia sekitar harga Rp 2 jutaan untuk RAM 3/32 dan Rp 2,8 jutaan untuk RAM 6/64.

Selain mengeluarkan smartphone yang memiliki RAM yang cukup besar dengan harga murah, Redmi Note 7 ini memiliki kapasitas baterai tanam
yang cukup besar sampai 4000 mAh. Untuk para gamers, smartphone ini sangat cocok dipakai berlama-lama saat bermain games online maupun games offline dari Play Store.

Fitur yang sangat diandalkan oleh smartphone ini adalah dual kamera belakang beresolusi besar yaitu 48 megapixel plus 5 megapixel dan kamera depan 13 megapixel yang akhir-akhir ini sangat diminati para remaja jaman sekarang. Kerennya lagi, Redmi Note 7 memiliki kamera 2 API nya yang sudah aktif, bisa langsung install google kamera mode dan tidak perlu aplikasi apapun atau root.

gambar 3 - kamera redmi note 7 pro
img: FoneArena

Layarnya yang cukup besar sekitar 6,3 inch dengan resolusi full HD sangat pas dalam genggaman walaupun sedang digunakan. Redmi Note 7 memiliki kontras 1500:1 dan bisa mencapai 450 nits yang dapat membantu pengguna ketika memakai smartphone ini dalam keaadaan terang.

Redmi Note 7 juga dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 660 dan OS Android 9.0 (Pie / P) dengan MIUI 10. Charger smartphone ini memiliki daya 5 volt/2 ampere ditambah dengan kabel USB type C seperti kabel USB iphone series 5 keatas dan juga sudah lebih praktis tidak perlu menggunakan adapter tambahan, tidak seperti versi globalnya yang perlu menggunakan adapter tambahan untuk mencharge.

Walau dilengkapi dengan fitur quick charge, Xiaomi Redmi Note 7 tetap harus membeli chargernya terpisah karena tidak diberikan saat membeli fullset Redmi Note 7. Smartphone ini memiliki hybrid dual SIM yang bisa digunakan untuk dua kartu SIM berbeda atau menggunakan satu kartu SIM & satu micro SD tambahan untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Untuk smartphone dengan harga Rp 2 jutaan, Redmi Note 7 terbilang worth bahkan recommended untuk para remaja sekarang dan kaum milenial karena spesifikasinya yang tidak kalah gahar dengan smartphone merek terkenal seperti Samsung bahkan Apple sekalipun. Dengan RAM 6GB dan prosesor Snapdragon 660, smartphone ini cukup kuat untuk memainkan game seperti Mobile Legends bahkan game berat sekalipun seperti Asphalt, PUBG, dll.

gambar 4 - redmi note 7 gaming
img: YouTube

KEKURANGAN Redmi Note 7

Walaupun memiliki spesifikasi yang gahar, Redmi Note 7 juga memiliki beberapa kekurangan yang cukup mengganggu kinerja smartphone seperti kebanyakan beberapa smartphone lain, berikut ini beberapa kekurangan dari Redmi Note 7:

GPS

Redmi Note 7 memiliki sedikit problem pada GPSnya. Sinyal GPS yang ada sedikit sulit untuk mengunci lokasi dimana kalian berada, yang sedikit membuat ribet lagi adalah ketika kalian menggunakan aplikasi gojek, grab, atau Google Maps tapi lokasi tidak kunjung muncul. Menurut beberapa artikel global bahkan issue ini sudah sampai ke forum Xiaomi (https://en.miui.com/thread-5567417-1-1.html) masalah ini terdapat di MIUI 10. Tetapi ada cara yang dipakai untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan cara membuka pengaturan lokasi dan set ke device only lalu balik ke aplikasi Google Maps misalnya, Lock Location dan masalah selesai, ini dijelaskan juga pada forum Xiaomi.

Optimalisasi Software MIUI

Model Redmi Note 7 yang lebih kecil seharusnya dapat menampilkan ikon notifikasi lebih banyak. Walaupun sudah dilakukan setting untuk menampilkan ikon notifikasi tetap saja ikon notifikasi hanya menampilkan beberapa detik saja misalnya notifikasi WhatsApp lalu berubah ke dalam tampilan jam di bagian kiri atas layar. Sedikit useless juga sih sebenernya karena space di layar yang kosong menjadi terbuang sia-sia.

Build Quality

Salah satu kekurangan dari Redmi Note 7 lainnya adalah Build Quality. Walaupun bagian depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan gorilla glass 5 yang membuat tampilan Redmi Note 7 ini menjadi lebih elegan dan mewah, tetapi untuk frame pinggiran Redmi Note 7 ini masih menggunakan bahan dari plastik. Ya, jadi sedikit riskan saja kalau kalian tidak menggunakan case tambahan untuk melindungi sisi samping.

Isu Kamera

Fitur kamera yang sangat ditunggu-tunggu yang dimiliki oleh Redmi Note 7 ini beresolusi 48 megapixel, fitur kameranya ini banyak dibahas oleh para konten kreator YouTuber dan para Blog Reviewer. Dengan resolusi 48 megapixel ini hasil foto yang dihasilkan kurang memuaskan dengan yang diekspektasikan “48 megapixel” yang terbilang cukup besar.

Tetapi setelah diselidiki, Snapdragon 660 ini hanya dapat mendukung kamera yang resolusinya up to 25 megapixel untuk single kamera dan untuk dual kamera hanya up to 16 megapixel.

Jika dilihat dari semua kekurangan Redmi Note 7 di atas, smartphone dengan harga Rp 2 jutaan ini cukup recommended untuk kalian beli jika ingin mendapatkan spesifikasi mesin yang tidak kalah dengan smartphone merek lainnya dengan harga yang masih terbilang cukup mahal.

93%
Almost Perfect
  • Design
  • Machine
  • Battery
  • Camera

Nilai Ulasan menurut posciety.com, Nilai Pembaca akan dihitung sebagai persentase voter.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi