Standar Baru Kilogram: Para Ilmuwan Menemukan Berkurangnya Berat Kilogram (Kg)

Kilogram (Kg), paduan platina-iradium yang disimpan di International Bureau of Weight and Measures di Sèvres – Perancis sejak 1889 merupakan kalibrasi skala yang memastikan seluruh dunia berada dalam satu sistem pengukuran. Namun, pada bulan November lalu vox.com mengabarkan bahwa dalam usianya yang ke 129 tahun, tidak lama lagi standar ukuran Kilogram akan segera berubah.

Para ilmuwan dari seluruh penjuru dunia telah berkumpul di General Conference on Weights and Measures di VersaillesPerancis dan melakukan voting untuk mengubah definisi dari Kilogram, dikabarkan perubahan ini akan berlaku pada tanggal 20 Mei 2019.

Salah satu alasan terkuat kenapa definisi Kilogram akan diubah karena Kilogram ini ternyata tidak konstan/tetap, telah diteliti oleh para ilmuwan bahwa Kilogram ini ditemukan kehilangan sekitar 50 Mikrogram pada bobotnya (kira-kira seberat bulu mata). Dan yang menjadi masalah besar adalah ketika semua orang menganggap bahwa 1 Kilogram tetap dianggap 1 Kilogram padahal nyatanya ia memiliki definisi tidak konstan dan telah kehilangan bobotnya.

img: vox.com

40 kaki di bawah tanah Gaithersburg – Maryland di sebuah laboratorium yang terjaga ketat dikatakan Amerika Serikat menyimpan koleksi silinder logam berukuran kecil yang dianggap mampu menentukan massa segala sesuatu di muka bumi ini.

Dari hasil voting pada konferensi di Perancis, para ilmuwan memilih untuk menetapkan bahwa suatu pengukuran Kilogram ini seharusnya tidak dapat berubah dan menentukan sebuah konsep dasar dalam mekanika kuantum yang tidak akan pernah bisa berubah-ubah di seluruh penjuru bumi.

img: Schollastic Science World

Stephan Schlamminger seorang ilmuwan NIST yang terlibat dalam permasalahan ini mengatakan “objek selalu berubah, abaikan objek, saat ini kita gunakan benda dari surga” kepada vox.com, para ilmuwan telah memastikan temuannya ini tidak akan membuat Kilogram berubah-ubah lagi.

Ketika Anda bertanya apakah Kilogram dapat berubah? Jawabannya sudah pasti “Ya, Kilogram dapat berubah”, ini telah ditemukan oleh para ilmuwan yang memeriksa platina-iradium Kilogram yang telah disimpan sejak 1889. Maka dari itu para ilmuwan memutuskan untuk mengubah Kilogram dengan versi terbaru yang dapat dipastikan tidak akan berubah -ubah lagi. Walaupun sudah diputuskan, ini tidak akan berpengaruh sampai Mei 2019.

Sumber vox.com
tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi