Starter Pack Buat Kamu si Kiper Futsal, Biar Mainnya Aman!

0

Beberapa perlengkapan yang perlu digunakan kiper futsal, tetap prioritaskan keselamatan dalam bermain.

Seperti halnya sepak bola, futsal juga butuh perlengkapan tersendiri untuk bermain. Apalagi untuk kiper futsal, yang membutuhkan perlengkapan khusus lebih banyak dari pemain futsal di posisi lainnya. Adapun perlengkapan yang mesti dipersiapkan seorang kiper futsal, antara lain:

Sepatu Futsal + Kaos Kaki Panjang

Pertama, tentunya sudah pasti untuk bermain futsal butuh sepatu beserta kaos kaki panjang. Namun biasanya kiper futsal dikhususkan tipe sepatu futsalnya.

ads by posciety

Sepatu futsal kiper yang baik biasanya agak tebal di bagian dalam area depan kakinya karena bagian tersebut sering bergesekan dengan lantai. Selain itu bagian tumit sepatu dirancang fleksibel/tidak keras untuk memudahkan mobilitas kiper ketika membentangkan kaki atau split.

Kaos kaki panjang juga berfungsi untuk menyangga shin guard/deker dan juga mengurangi gesekan pada kulit kaki jika terjatuh di lantai. Pada intinya, pilih sepatu yang paling sesuai dengan mengutamakan kenyamanan kakimu saat kamu memakainya.

Jersey dan Celana Kiper

Jersey kiper futsal kurang lebih sama aturannya dengan sepakbola, yaitu dalam pemilihan warna yang mesti berbeda dengan rekan satu tim. Aturan ini dibuat untuk memudahkan pemain dan wasit bisa melihat dengan jelas keberadaan kiper apalagi kiper futsal bisa lebih mobile pergerakannya dari pada kiper sepak bola.

Selain warna, seragam kiper biasanya memiliki bantalan khusus atau dibuat agak tebal di atas siku, dada, dan bagian paha untuk celana. Bantalan atau bagian yang tebal ini dapat memberikan perlindungan terhadap kiper yang kerap mengalami benturan dengan lantai saat melakukan penyelamatan.  

Pelindung Tangan/Jari

Posisi kiper identik dengan penggunaan tangan untuk menangkap bola dan menopang badan saat terjatuh. Ada dua opsi utama yang bisa dipilih kiper futsal untuk melindungi tangan dan jari saat bermain. Bisa dengan menggunakan gloves atau sarung tangan kiper (baik yang full finger ataupun half finger). Hindari yang ketat ataupun longgar, gunakan yang pas supaya nyaman ketika menangkap bola.

Selain itu, bisa juga dengan hanya menggunakan finger tape (baik yang jenis karet ataupun plester). Beberapa kiper juga ada yang mengkombinasikan keduanya, menggunakan finger tape dilapisi dengan gloves supaya jari tangan lebih ekstra terlindungi. Sama seperti poin-poin sebelumnya, pilih yang paling sesuai dengan mengutamakan kenyamananmu saat kamu memakainya.

Shin Guard

Biasa juga disebut dengan deker. Berfungsi pelindung tulang kering karena merupakan area yang rentan mengalami benturan saat memperebutkan bola. Dipasang dengan menyelipkannya dalam kaos kaki panjang, dengan diposisikan sedemikian rupa pada bagian tengah area tulang kering.

Knee Pad dan Elbow Pad

Sesuai dengan namanya, perlengkapan ini berfungsi sebagai bantalan yang khusus dibuat untuk persendian. Knee pad dipasang di lutut, sedangkan untuk elbow pad dipasang di siku. Jadi lutut maupun siku pun dapat terlindungi ketika terjatuh atau saat tidak sengaja bertumpu pada lantai lapangan.

Itulah beberapa perlengkapan bermain futsal untuk sang kiper. Sebenarnya ada beberapa perlengkapan opsional seperti helmet kiper, kinesthetic tape, lensa kontak, sepatu bergigi/berpul dan yang lainnya.

Perlengkapan opsional tersebut digunakan sesuai kebutuhan dan dikondisikan dengan keadaan lapangan yang berbeda-beda (ada lapangan semen, plesteran, vinil, maupun rumput sintetis).

Demikian beberapa perlengkapan yang perlu digunakan kiper futsal saat bermain. Tetap prioritaskan keselamatan dalam bermain, ya!. Dan jangan lupa, stay safe dan ketika bermain di masa pandemi ini tetap mengikuti protokol kesehatan.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya