[Panduan Lengkap] Step By Step Untuk Mempunyai Web / Blog Sendiri

Artikel ini saya buat untuk membantu teman-teman yang masih kebingungan cara memiliki situs web / blog sendiri dengan Top Level Domain (TLD) alias domain sendiri bukan blogspot.comwordpress.com atau yang lainnya.

Saya harus mulai dari mana ? Berapa harganya ? Susah gak sih ? Aku gak paham coding, apa bisa ?

Nah, pertanyaan itu sering saya dapatkan di kata kunci pencarian situs ini tapi tidak ada hasil apa-apa ya ? 😀 Mudah-mudahan setelah artikel ini dipublikasikan dapat memenuhi hasil pencarian di situs ini dengan kata kunci tersebut dan tidak membuat kalian tersesat lagi. Baiklah, kita mulai aja ke panduannya.

Tahap #1 Memiliki Blog Sendiri

Budget !

Ya, tentu harus menyisihkan uang jajan kalian untuk memiliki web / blog sendiri. Sebetulnya ada juga yang gratis-gratisan, tapi saya tidak menyarankan itu makanya kita skip untuk gratisan yang kurang jelas tanggung jawabnya.

Berapa budget yang harus disiapkan ?

Soal budget, ini tergantung pada layanan yang kalian beli karena setiap perusahaan (hosting provider) memiliki harga berbeda-beda termasuk harga domain pun berbeda-beda walaupun beda sedikit.

Misalnya kalian ingin menggunakan domain .com, harga .com saat ini berkisar diantara Rp. 70.000 – Rp. 100.000 pertahun. Kita ambil pahitnya aja misalnya 100ribu (jaga-jaga kali aja belum termasuk PPN).

Kemudian harga hosting sekarang paling murah harganya bisa sampai Rp. 12.000 perbulan (biasanya ini harga promosi atau ada pembelian minimal). Kita ambil pahitnya aja misalnya dengan harga normal Rp. 150.000 perbulan (untuk pembelian & pembayaran perbulan).

Jika lihat dari contoh diatas, maka budget / biaya pertama yang disiapkan sekitar Rp. 250.000 (sekali lagi, ini bergantung pada layanan yang kalian pilih).

Tahap #2 Memiliki Blog Sendiri

Beli Domain !

Ini merupakan salah satu hal utama adanya website, kalian harus memiliki domain terlebih dahulu seperti yang saya katakan diawal kita akan membuat situs web / blog dengan Top Level Domain.

Sekarang, silahkan beli domain sesuai yang kalian inginkan misalnya menggunakan nama sendiri / nama perusahaan / nama organisasi atau yang lainnya. Beberapa orang mengatakan bahwa tahap awal memilih domain bagi seorang pemula tidak perlu terlalu serius, dapat dijadikan pelajaran awal dan bisa re-branding di waktu yang akan datang setelah benar-benar paham. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa langkah awal memilih nama domain merupakan penentu bagaimana brand kalian berkembang. Kalo menurut saya, langkah awal memilih nama domain merupakan hal penting karena ini akan menjadi nama yang diingat para penggemar / pengunjung. Menurut kalian ?

Silahkan klik disini untuk melihat 6 tips sukses membangun brand, pada artikel tersebut dapat diambil poin-point penting bagaimana / apa yang kalian lakukan setelah memiliki brand / nama domain. Jika kalian bergelut didunia desain / kesenian, tentu sudah lebih paham tentang seberapa pentingnya memilih nama brand.

Domain pun memiliki ekstensi bermacam-macam seperti .com, .web, .net, .id, .co.id, .club, dan banyak lagi. Secara umum, .com lebih general dan dapat digunakan untuk segala jenis brand seperti blog.

Silahkan pelajari lebih lanjut disini tentang pengertian domain dan jenis-jenisnya.

Beli Hosting !

Hosting ini merupakan gudang tempat kalian menyimpan semua aib 😀 Website yang kalian lihat dihalaman depan tentu memiliki tempat penyimpanan yang disebut hosting. Website dengan tampilan menarik pasti dibelakangnya berantakan karena fungsi hosting adalah untuk meyimpan semua data-data yang ingin kalian simpan. Setiap keperluan untuk situs web / blog kalian bisa diletakkan di hosting ini.

Bisa kalian pelajari tentang pengertian hosting disini.

Dimana membeli domain & hosting ?

Domain dan hosting saat ini sudah tidak sulit lagi dicari karena biasanya penyedia layanan hosting juga menjual domain. Saya pernah buatk artikel 10 Penyedia Hosting Terlaris di Indonesia menurut Alexa Ratings. Silahkan baca artikel tersebut untuk dijadikan tinjauan dimana kalian akan membeli domain dan hosting.

Perlu saya jelaskan tentang membeli hosting ?

Sepertinya warga Indonesia pasti sudah paham bagaimana cara berbelanja yang baik dan benar 😀 Tapi biar saya kasih sedikit tips, saat ini banyak layanan yang menyediakan hosting + gratis domain 1 tahun. Saran saya supaya lebih irit silahkan beli promo itu dan saya sarankan juga untuk membeli domain dan hosting ditempat yang sama supaya tidak bingung kecuali kalian sudah terbiasa dengan pembelian layanan seperti ini.

Tapi harap pastikan hosting yang kalian beli memiliki Disk Space / ruang penyimpanan yang cukup dengan kebutuhan kalian. Spesifikasi hosting ini biasanya ditampilkan di daftar harga pada setiap penyedia layanan.

Jangan lupa untuk melihat fitur Softaculous di daftar harga, jika tidak ada silahkan tanyakan kepada CS nya apakah hosting yang kalian inginkan memiliki fitur aplikasi Softaculous. Aplikasi ini akan membantu kalian dalam pembuatan situs web (untuk pengguna yang tidak memahami code pemrograman web).

Lalu apa ?

Setelah berhasil membeli domain dan hosting (termasuk konfirmasi pembayaran), kalian akan diberitahukan oleh penyedia layanan tersebut tentang berapa lama proses aktifasi domain karena domain memerlukan proses untuk aktif. Jika tidak diberitahu, silahkan tanyakan kapan domain kalian aktif.

Dan jangan lupa minta mereka untuk mengatur nameserver domain ke hosting yang kalian beli. Tunggu beberapa jam sampai domain aktif, domain dan hosting siap digunakan !

Tahap #3 Memiliki Blog Sendiri

cPanel !

Ketika domain dan hosting + nameserver sudah disiapkan semuanya oleh penyedia layanan tempat kalian beli, maka akan mendapatkan informasi / kredensial untuk cPanel via email / sms / dasbor member situs layanan tersebut.

cPanel ini merupakan tempat kalian mengatur semua data yang ada di hosting. Silahkan kunjungi URL login ke cPanel yang diberikan oleh penyedia layanan hosting tersebut kemudian login.

Test Drive !

Jangan lupa untuk memeriksa apakah domain kalian sudah benar-benar aktif dan terarah ke hosting kalian. Silahkan ketik / kunjungi domain di browser misalnya riobermano.com, jika sudah aktif maka akan menampilkan kosong / file yang ada di dalam direktori misalnya cgi, bin. Tapi jika belum aktif akan diarahkan ke situs mercusuar. Silahkan laporkan ke penyedia layanan bahwa domain kalian belum benar-benar aktif !

Tahap #4 Memiliki Blog Sendiri

Pada tahap ini sebetulnya sudah selesai, sekarang kalian sudah memiliki domain sendiri dan hosting sendiri. Selamat ! 😀

Apa yang kalian perlukan ?

Untuk tahap memiliki web / blog sendiri tergantung yang kalian inginkan. Seperti yang kita ketahui, untuk membuat situs blog dapat dilakukan dengan manual alias membuat situs web sendiri dari nol dengan karya (coding) sendiri atau menggunakan CMS.

Codingan sendiri

Jika sudah memiliki file codingan bahasa pemrograman web, tinggal diunggah ke hosting -> direktori domain. Maka website buatan kalian akan tampil di domain tersebut.

Saya pernah membuat tutorial tentang Membuat Website Sederhana HTML CSS Part1/11 dan Website 100% Responsive (Bootstrap) Part 1/10, silahkan dibaca jika ingin membuat situs web sendiri.

Aplikasi / CMS

Saat ini sudah banyak sekali penyedia hosting yang menyediakan aplikasi Softaculous yang berfungsi untuk memasang / install aplikasi / CMS di hosting dengan mudah dan tidak memerlukan keahlian / skill programmer.

Untuk menggunakannya, silahkan masuk ke cPanel -> Aplikasi Softaculous. Kalian akan diarahkan ke halaman Softaculous, disini adalah kumpulan CMS-CMS yang siap dipasang dan digunakan.

Silahkan pilih CMS yang ingin digunakan, misalnya yang populer yaitu WordPress. Jika ingin memasang / menggunakan WordPress sebagai situs web / blog kalian silahkan lihat tutoria lengkapnya disini.

Dimana saya menyimpan data untuk domain utama ?

Biasanya, domain utama diletakkan di dalam public_html secara default. Jadi, silahkan upload file codingan website (jika menggunakan file) langsung setelah public_html. Begitu juga letakkan instalasi WordPress (jika menggunakan CMS) langsung setelah public_html. Jika tidak yakin, tanyakan ke hosting provider dimana direktori domain utama diletakkan.

Tahap #5 Memiliki Blog Sendiri

Selesai !

Sampai sini, kalian sudah memiliki website / blog sendiri dengan domain sendiri dan hosting sendiri tapi jangan lupa dibayar terus ya 😀 Kalo gak dibayar nanti di stop 😮

Selanjutnya tinggal berkarya online seperti menulis konten / artikel di blog atau menerapkan karya-karya yang sudah ada di situs blog atau mengembangkan bisnis di web seperti pemasaran dan profil perusahaan.

Ketika memiliki web / blog sendiri seperti ini bisa dikatakan selesai tapi bisa juga dikatakan langkah awal karena kalian perlu membuat web / blog ini naik peringkat dan dikenal banyak orang. Silahkan lihat tips Meningkatkan Pengunjung Website / Blog, semoga membantu.

Kesimpulan

Setiap hosting bisa dibayar perbulan dan bisa juga pertahun, biasanya ketika berlangganan pertahun total biayanya akan lebih murah dibanding dihitung perbulan. Begitu juga domain, biasanya domain selalu ada diskon untuk 1 atau 2 tahun pertama tapi kesananya bakal normal lagi. Jadi, kalian perlu mencari tahu harga aslinya terlebih dahulu jangan sampai terkecoh dengan iming-iming DISKON yang gak ketahuan harga aslinya. Nanti itu bisa jadi boomerang buat kalian sendiri.

Nah, jangan lupa juga di share web / blog baru kalian di kolom komentar ya…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi