Mencuci Tangan Menggunakan Sabun dengan Baik & Benar Tidak Hanya Untuk Anak-Anak Saja, Orang Dewasa Juga Perlu !

Aktivitas Orang Dewasa Lebih Berisiko Terkena Bakteri dan Virus

Mencuci tangan merupakan hal sederhana yang sebenarnya biasa dilakukan oleh setiap masyarakat di dunia, biasanya menggunakan sabun atau rub gel (alkohol). Tapi beberapa orang tidak memperhatikan tentang hal ini saat sebelum memakan makanan atau memegang suatu benda. Tahukah Anda, bahwa menyepelekan cuci tangan bisa berdampak negatif / buruk terhadap kesehatan. Para ahli bahkan menyatakan bahwa di kulit tangan terdapat 10 juta per cm2 bakteri kuman atau virus yang bisa masuk kedalam tubuh seseorang.

Banyak aktifitas yang dapat menyebabkan tangan menjadi sarang kuman atau bakteri seperti bersalaman / berjabat tangan, bahkan menurut para ahli bersalaman beberapa detik saja bisa menyebabkan berpindahnya bakteri dari tangan satu ke tangan lainnya. Banyak bakteri, virus, kuman yang bersarang ditangan kita seperti, Virus Hepatitis A, bakteri staphylococcus, bakteri streptococci, kuman haemophilus, bakteri pseudomonas, dll.

Mencuci Tangan Dapat Mencegah Penyakit

Dengan terbiasanya seseorang melakukan cuci tangan sebelum dan sesudah aktifitas dapat mengurangi dan mencegah seseorang terjangkit penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman, bakteri, atau virus karena indra kita dapat dengan mudah menjadi sarana masuknya kuman, bakteri, dan virus seperti hidung, mata, telinga, dan mulut yang dapat menyebabkan terjangkit sebuah penyakit.

Kuman, bakteri, atau virus yang terdapat di tangan yang belum kita cuci bisa termakan oleh kita bahkan dapat menyebar atau memperbanyak dirinya pada makanan tertentu. Bahkan kuman, bakteri, atau virus bisa ditularkan dari beberapa objek benda seperti gagang pintu, meja, stopkontak, dan benda-benda lainnya.

Cara Membersikan Tangan yang Baik & Benar

  • Basahi tangan dibawah air kran yang mengalir
  • Tuangkan sabun ketelapak tangan
  • Gosok telapak tangan hingga merata
  • Gosok punggung tangan sampai sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan dan sebaliknya
  • Gosok telapak tangan dan sela-sela jari
  • Jari-jari sisi dalam dari kedua jari saling mengunci dan saling digosokkan
  • Gosok ibu jari dengan gerakan berputar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan sebaliknya
  • Basuh tangan dan keringkan dengan tisu, lalu matikan air kran menggunakan tisu tersebut

Tangan sudah bersih dan siap melakukan kegiatan !

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi