Susu Beruang Penangkal Virus Corona ? Fakta atau Hoaks ?

0

Semenjak lonjakan kedua pandemi Virus COVID-19 di Indonesia, banyak orang berbondong-bondong datang ke supermarket terdekat untuk membeli susu beruang. Kejadian itu direkam oleh beberapa pihak dan telah viral dengan jutaan views di berbagai platform sosial media seperti Instagram, Twitter, maupun TikTok. Semenjak kemunculan susu beruang di pasar Indonesia, minuman susu tersebut telah dipercayai oleh masyarakat luas sebagai minuman yang dapat membantu mereka pulih dan sembuh dari berbagai penyakit. Sehingga, saat pandemi menyerang Indonesia, stok susu tersebut dapat ditemukan habis di banyak apotek maupun pasar swalayan terdekat.

Namun, disisi lain, terdapat banyak orang yang mempertanyakan khasiat dari susu beruang. Apakah benar minuman keluaran Nestlé tersebut dapat meningkatkan imun dan menangkal virus Korona? Atau itu hanyalah kepercayaan masyarakat sebelaka?

Apa itu Susu Beruang ?

ads by posciety

Susu Beruang
img: Nestle

Sebelum mempelajari lebih lanjut, mari belajar tentang susu tersebut. Apa sih itu susu beruang? Susu beruang atau BEAR BRAND merupakan sterilized milk atau susu sapi yang telah melewati proses sterilasi. Susu dapat dikatakan sebagai sterilized milk jika susu telah dipanaskan pada suhu sekitar 120 – 150 derajat Celsius dalam waktu yang cukup lama dan dikemas dalam kemasan yang kedap udara.

Proses sterilisasi ini dapat memastikan bahwa susu bebas dari hampir 100% mikroorganisme berbahaya seperti mikroorganisme patogen dan saprofit. Oleh karena itu, susu dapat disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama daripada susu pasteurisasi atau susu murni. Prosedur sterilisasi cenderung memakan biaya yang lebih maka dari itu, harga pasarannya pun juga lebih mahal.

Produsen BEAR BRAND yakni Nestlé, telah mengeluarkan tiga varian yakni original, White Tea dan White Malt. Varian original memiliki takaran saji 189 ml dan memiliki komposisi 100% susu murni. Berbeda dengan varian original, arian White Tea dan White Malt masuk kedalam kategori BEAR BRAND GOLD. BEAR BRAND GOLD White Tea dan White Malt disisi lain, memiliki takaran saji yang lebih sedikit dan telah difortifikasikan atau ditambahkan dengan beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, E dan mineral Kalsium.

Manfaat Susu Beruang

Produsen mempromosikan produk ini sebagai produk yang baik dan murni untuk tubuh. Karena kadar vitamin dan mineral yang cukup tinggi dalam BEAR BRAND GOLD, produk ini dapat secara harafiah dikatakan dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup agar tubuh dapat berfungsi secara optimal. Sesuai daftar nutrisi, satu takaran saji varian White Tea dan White Malt dapat memenuhi sepersekian persen dari kebutuhan vitamin seseorang.

Namun, berbeda halnya dengan varian original yang dimana tidak ada tambahan vitamin maupun mineral. Kandungan nutrisi dalam susu tersebut kurang lebih tidaklah berbeda dengan susu sapi biasa.

Hanya saja, dibandingkan dengan susu sapi UHT atau susu sapi murni, penelitian menemukan bahwa sterilized milk lebih aman untuk dikonsumsi bagi orang yang memiliki imunitas yang cenderung lebih rendah.

Bear Brand Menangkal Virus Korona ? Yuk Cek Faktanya

Apakah Bear Brand Dapat Menangkal Virus Korona?

Lalu, apakah susu beruang dapat menjadi penangkal virus COVID-19? Tentu saja tidak, informasi yang mengatakan hal demikian merupakan hoaks atau informasi tidak benar. Susu tersebut tidak dapat membunuh virus SARS-CoV-2 penyebab covid-19. Kandungan nutrisi dalam susu BEAR BRAND original maupun BRAND GOLD White Tea dan White Malt adalah baik. Namun, tidak ada penelitian yang dapat membuktikan bahwa susu beruang dapat menjadi obat atau bahkan vaksin korona.

Beberapa situs menyatakan bahwa susu ini dapat meningkatkan imun tubuh. Hal itu benar, namun dengan hanya meminum susu beruang saja, imun tubuh tidak dapat meningkat secara signifikan. Berbeda halnya jika diiringi dengan pola tidur yang cukup, diet gizi seimbang dan olah raga teratur, dengan melakukan hal tersebut, tentu imun tubuh akan meningkat.

Jadi, panic buying susu beruang tentu tidaklah diperlukan karena dapat mengundang keramaian dan meningkatkan resiko terpapar virus. Perlu diketahui sekali lagi bahwa, susu tersebut bukanlah vaksin atau pun penangkal virus korona. Susu BEAR BRAND hanya mengandung nutrisi yang baik yang dapat meningkatkan kadar konsumsi nutrisi* perharian seseorang.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya