Tahapan-Tahapan Kemampuan Bayi Untuk Bicara

Pada umumnya, perkembangan bicara bayi seringkali sebagai tolak ukur kecerdasan. Maka, tidak heran kebanyakan orang tua khawatir jika buah hatinya mengalami keterlambatan berbicara (speech delay).

Sebenarnya tidak setiap anak memiliki perkembangan yang sama, tidak ada tolak ukur yang pasti kapan bayi harus mulai berbicara. Tetapi, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memastikan si buah hati berkembang sesuai waktunya, pada umumnya bayi akan mulai belajar pada usia 6 bulan sampai 2 tahun.

Berikut adalah tahapan-tahapan kemampuan bicara pada bayi.

Tahapan-tahapan Kemampuan Bicara Pada Bayi

  • Usia 0-3 bulan

Pada saat masih dalam kandungan, bayi belajar berbicara dengan cara membedakan suara ibunya dan suara lain. Setelah lahir, tangisan merupakan bentuk komunikasi pertamanya.

  • Usia 4-6 bulan

Pada usia 4 bulan, bayi hanya mengenali perkataan dari orang lain. Dan pada usia 4 bulan ke atas bayi akan mulai berbicara dengan meniru apa yang didengarnya dari orang sekitar. Pada usia ini jug bayi belajar mengucap kata dengan vocal yang sama, seperti ”bababa” atau ”yayaya”.

  • Usia 7-12 bulan

Pada usia ini ucapan bayi mulai terdengar masuk akal, serta mengerti namanya sendiri dan merespon panggilan dari orang sekitarnya. Kemampuan berbicaranya akan semakin membaik, serta akan terus berlanjut seiring bantuan orang sekitar yang mengajaknya berbicara.

  • Usia 13-18 bulan

Di usia ini bayi kosa kata bayi akan semakin banyak, serta bayi sudah akan menyadari pentingnya mengungkapkan apa yang ia inginkan melalui bahasa yang ia ucap.

  • Usia 19-24 bulan

Pada usia ini, bayi sudah mampu untuk menggabungkan lebih banyak kata dalam satu kalimat.

  • Usia 25-36 bulan

Pada usia ini, bayi sedang berusaha untuk mencari penggunaan intonasi bicara yang tepat. Serta kosa katanya akan terus bertambah, pada saat usia menginjak ke 3 tahun kemampuan berbicaranya dikatakan sudah lancar.

Pada perkembangan berbicara yang paling baik, ada baiknya Anda sebagai orang tua memberi dorongan yang tepatuntuk membantu buah hati Anda belajar berbicara. Jangan lupa juga untuk menjadi pendengar yang baik bagi buah hati Anda.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi