YouTube Creator Studio

Enak yang Baru atau yang Lama ?

Photo: Christian Wiediger

YouTube tidak pernah lelah memberikan pengalaman yang terbaik bagi para penggunanya, termasuk para creator alias pembuat video YouTube. Kali ini YouTube meluncurkan tampilan baru dan beberapa fungsi baru bagi para creator di sisi pengelolaan konten, YouTube Creator Studio Modern.

Tampilan ini berlaku hanya ketika mengakses channel melalui PC/Laptop dan menggunakan browser modern juga, ketika mengunjungi dasbor channel kali ini akan melihat tulisan YouTube Creator Studio beta dibagian atas. Ini menunjukkan bahwa para creator dapat beralih ke YouTube Studio yang saat ini masih dalam percobaan.

Supaya tidak penasaran, cobalah beralih ke YouTube Studio. Nantinya creator akan diarahkan ke studio.youtube.com. Ini merupakan studionya para creator yang dibangun oleh YouTube agar para creator dapat lebih menikmati fasilitas YouTube. Kenapa begitu ? Mari kita bedah beberapa perubahannya.

Tampilan Utama

Pada dasbor Youtube sebelumnya akan menampilkan summary dari aktivitas channel bersangkutan, tapi kali ini ketika mengunjungi studio YouTube para creator akan disajikan daftar video yang dimilikinya dengan beberapa keterangan yang bermanfaat yaitu Visibility, Monetization, Date, Views, Comments, Like (vs Dislike), ini jika menggunakan bahasa Inggris.

tampilan utama youtube creator studio - posciety

Tab diatas menunjukkan beberapa aktivitas yang terjadi pada setiap video yang ditampilkan disebelah kirinya, creator juga dapat menyaring (filter) video yang ditampilkan disini dengan mengetuk ikon filter disebelah kiri atas seperti yang ditandai pada gambar kemudian pilih filter yang diinginkan.

Apa sih yang menarik dari tampilan ini ?

Tindakan yang diperlukan para creator semakin lebih singkat untuk beberapa tindakan, cobalah sentuh mouse pointer ke daerah judul video maka akan tampil ikon YouTube yang jika di klik itu akan mengarahkan ke “nonton video” tersebut pada tab baru browser.

Selain itu, ketika klik toggle menu (titik 3) pada setiap video maka akan tampil beberapa opsi tindakan yang yaitu Edit Judul dan Deksripsi Video, Dapatkan Link Share, Download, dan Hapus. Semua ini dapat dilakukan dengan cepat termasuk mengedit judul dan deskripsi, akan tampil layar popup dan mulailah mengedit.

Masih ada lagi, ketika menyentuh (hover) bagian Visibility dan Monetization maka akan tampil ikon pensil untuk mengedit nilai tersebut. Mengganti dari Public jadi Private seharusnya memang secepat ini.

Single Analytics

Untuk mendapatkan laporan dan analisa per video tidak sulit lagi ditemukan, karena ketika di tampilan utama dan mengklik judul dari video akan diarahkan ke analytics dari video tersebut. Ini jadi lebih cepat mendapatkan analisa dan laporan untuk masing-masing video.

single video youtube creator studio analyitcs - posciety

Perhatikan gambar diatas, bagaimana kalian bisa berpaling dari YouTube Creator Studio ? Sangat sulit !

Misalnya kamu ingin melihat analisa untuk video A, cukup klik judul video A pada daftar video di tampilan utama tadi dan tampilannya akan seperti ini.

Di single video analyitcs ini kamu dapat melihat dengan sangat sangat rinci tentang laporan dan analisa video bersangkutan. Selain melihat berapa pendapatan dari video tersebut, creator juga dapat melihat berapa subscriber yang subscribe via video tersebut.

Maksudnya ? Maksudnya adalah siapa user yang berlangganan ke channel YouTube kamu ketika sedang menonton video tersebut. (klik tombol subscribe saat sedang menonton video bersangkutan).

Secara default, tampilan yang disajikan adalah analisa 28 hari terakhir. Untuk mengubahnya, klik tanggal di sebelah kanan atas dan tentukan jarak waktu analisa yang ingin dilihat laporannya.

YouTube Analytics

Berbicara soal analisa, YouTube selallu mengedepankan itu jauh jau hari sebelum YouTube terkenal di Indonesia. Karena fitur inilah yang diharapkan dapat berfungsi dengan sangat baik oleh para creator agar mereka dapat meningkatkan kreatifitas berdasarkan peminatnya.

Klik menu Analytics di samping kiri maka akan menampilkan ringkasan dari keseluruhan laporan analisa channel YouTube bersangkutan, mulai dari laporan pendapatan, laporan tontonan, jangkauan penonton, negara, usia, dan banyak lagi.

Untuk melihat rincian dari laporan yang ada, klik saja laporan tersebut maka aka menampilkan rinciannya. Jika ingin mengatur waktu laporan silahkan klik tanggal yang ada disebelah kanan atas dan tentukan range tanggal yang diinginkan.

Real Time ? Hmm… Saya belum melihat fitur itu di versi beta saat ini. Ketika mengunjungi tab Overview di dalam menu Analytics, kamu akan melihat Latest Activity (scroll sedikit kebawah). Saat ini, begitulah tampila realtime yang disajikan oleh YouTube Creator Studio beta version.

Komentar

Sedikit menyenangkan hati, komentar yang ditampilkan saat ini dapat dengan mudah terlihat berapa balasan terhadap komentar tersebut sehingga para creator dapat dengan mudah membaca komentar-komentar para haters nya melalui YouTube Creator Studio 😀

Tidak ada perubahan yang begitu signifikan pada tampilan komentar ini, tapi pengalaman penggunanya sudah lebih dari cukup memanjakan mata dan tangan.

Fitur yang Hilang

Jika kamu melihat menu ini, ini adalah fitur yang ada di dasbor YouTube tapi belum tersedia di YouTube Creator Studio beta. Namanya juga beta, seiring waktu akan terus ditingkatkan. Jadi, jika ingin mengakses menu lain yang belum tersedia disini, kamu bisa kembali ke dasbor versi lama saja.

YouTube Creator Studio

Jika senang dengan tampilan baru ini, klik menu Setel Studio Sebagai Default pada bagian daftar menu. Maka ketika mengunjungi dasbor YouTube akan secara otomatis diarahkan ke tampilan baru ini terlebih dahulu, tapi jika mengakses fitur yang belum tersedia tetap akan diarahkan ke versi classic.

Jika urang suka tampilan ini dan ingin kembali ke versi klasik. Klik saja menu Creator Studio Klasik pada daftar menu disebelah kiri, kembali lagi ke versi terbaru ini kapanpun dengan mengklik YouTube Creator Studio. ketika hendak kembali ke versi klasik, mungkin YouTube akan meminta saran kamu terlebih dahulu (alasan kenapa kembali ke versi lama) yang sifatnya opsional.

Catatan: Ini baru versi beta, tidak ada salahnya mencoba untuk mendapatkan pengalaman pertama dan tidak disarankan juga untuk menggunakannya. Namanya dalam masa pengembangan, segala fitur bisa saja belum berfungsi dengan baik.

Mau menunggu versi lengkapnya nanti setelah launching ? Itu keputusan kalian, tidak ada paksaan 😀

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...