Tanda Positif & Negatif Tentang Interview Kerja, Mitos / Fakta ?

Mitos atau Fakta nih katanya ada tanda-tanda yang dijadikan sinyal positif / negatif ketika interview alias wawancara kerja. Emang sih banyak gerakan2 yang aneh ketika interview dari seorang pewawancara tapi saya kira itu hanya kebingungan bertemu orang baru karena kita baru ketemu dan belum saling kenal eh ternyata gerakan2 tersebut bisa jadi sinyal apakah sinyal positif atau negatif tentang wawancara kita.

Setiap calon karyawan tentu akan menghadapi sebuah percobaan singkat / lisan yaitu interview biasanya berhadapan dengan HRD perusahaan atau bahkan ditambah beberapa orang dari department perusahaan tersebut. Setiap orang pasti bertanya-tanya baik ketika interview berlangsung, hampir selesai atau interview sudah selesai “Apakah interview saya berhasil?“, “Apakah Saya Diterima?“.

Dari pengalaman sendiri, biasanya ada tanda2 atau sinyal yang bisa diperhatikan dari gerakan2 sang HRD / pewawancara itu. Sebelumnya sudah saya sebutkan pada post sebelumnya tentang pertanyaan2 yang tidak biasa saat interview kerja. Nah, sekarang gerakan2 atau tanda2 yang tidak biasa dan bisa jadi itu sebuah tanda dari hasil interview 😀

HRD nya senyum ramah, nyaman dan suasana dibuat hangat

Menurut saya sih hal seperti ini adalah tanda yang positif. Kita sebagai calon karyawan tentu belum kenal siapapun orang disekitar perusahaan, maka memang seharusnya HRD sebagai tuan rumah menghangatkan dan mencairkan suasana agar tidak kaku.

Sudah bahas gaji ? Sedangkan tahap interview masih panjang ?

Bisa jadi ini adalah tanda positif juga 😀 Misalnya ada beberapa tahap interview yang sudah dikatakan di awal interview, tapi baru interview kedua sudah pembahasan gaji yang akan diterima karyawan ?

Interview Tidak Bertahan Lama ?

Interview kan biasanya 1 jam ya atau 30 menit mungkin kalo lagi ngantri. Nah, beda cerita kalo kalian interview cuma 10 mnt apa lagi 5 mnt. Bisa jadi ini tanda negatif, coba dipikir2 lagi apa ada ucapan yang salah ketika pertama bicara ? Atau pakaian, parfum, dll ? Karena biasanya interview singkat seperti itu banyak orang mengartikan sebagai tanda negatif dan tidak memerlukan calon karyawan tersebut.

HRD Menanyakan Skill & Latar Belakang ? Sudah Biasa…

Gimana kalo HRD tanya2 soal jati diri, bahkan sampai politik dan sosial ? Ini tanda2 positif deh, soalnya kebanyakan orang menilai hal seperti ini adalah kenyamanan dan yakin. Jadi, HRD udah nyaman (ciee…) dan yakin bahwa calon karyawan akan bisa diterima disini. Pertanyaan2 seperti itu harus kalian pahami tujuannya, tujuannya HRD hanya ingin pendekatan dengan cara formal. Ya walaupun gak suka2 amat politik atau pertanyaan lainnya, jawab aja menyenangkan 😀

Nah, dari tanda2 itu menurut kalian mitos atau fakta ? Silahkan luncurkan pendapat kalian di kolom komentar ya.

Yups, cukup sekian pengalaman yang saya rasakan HAHA… Yang jelas sih, setiap interview kita harus fokus, asik dan santai tapi serius. Dijamin diterima deh walaupun gak ada skills, Goodluck ya !

Semoga bermanfaat, have a nice day…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Desi
Visitor
Desi

Wah mas Rio buat artikel kya gni juga ? Kirain cuma tutorial 😀

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi