Tanda-Tanda Tidak Diterima Kerja

Memenuhi panggilan wawancara kerja merupakan momen yang sangat berharga untuk kelangsungan hidup dan karir seseorang, diterima atau ditolak ? Menunggu itu tidak hanya membosankan, tapi juga bisa bikin kesal.

Sebelum dapat bekerja di suatu perusahaan, tentu para kandidat / pencari kerja harus memenuhi beberapa syarat yang diperlukan oleh perusahaan bersangkutan termasuk melakukan tes dan wawancara kerja. Tidak sampai situ, kandidat masih merasa cemas karena harus menunggu hasil apakah ia diterima atau ditolak.

Menunggu keputusan diterima atau ditolak ini bervariasi, ada yang langsung di tempat (hari itu juga) dan ada juga yang diminta untuk menunggu kabar berikutnya dari HRD (bisa jadi berhari-hari atau berminggu-minggu). Harap maklum jika kandidat untuk mengisi posisi kosong di perusahaan tersebut tidak hanya seorang, khususnya posisi kerja yang sudah umum dikuasai oleh banyak orang.

Tanda Tidak Diterima Kerja

  • Nanti Dikabarin Lagi Ya

Seperti yang dijelaskan di atas, beberapa perusahaan atau HRD akan memintamu untuk menunggu beberapa hari atau menunggu kabar selanjutnya setelah menyelesaikan proses interview kerja. Ini bisa saja menjadi tanda bahwa kamu tidak diterima bekerja alias telah ditolak dengan baik.

Namun tidak selamanya hal ini mengartikan bahwa kamu ditolak, hanya sebagian besar HRD menggunakan cara ini. Beberapa orang juga pernah diminta untuk menunggu, ini bisa jadi karena kandidat / pelamar kerja untuk posisi tersebut tidak hanya kamu seorang. Perusahaan perlu melakukan proses wawancara dengan semua kandidat untuk memastikan siapa diantara semua kandidat yang dianggapnya memenuhi syarat dan dibutuhkan perusahaan.

  • To The Point !

Ada beberapa HRD perusahaan yang tidak suka basa basi dan memberikan permintaan palsu seperti memintamu untuk menunggu kabar padahal tidak akan mendapatkan kabar lagi karena sebenarnya kamu telah ditolak, sampai saat ini tidak ada perusahaan yang memberi kabar bahwa seseorang telah ditolak (tentu saja, ini tidak baik untuk dilakukan).

Beberapa kandidat yang berlapang dada tentu menyenangi hal seperti ini, artinya tidak memberikan harapan palsu. Tapi beberapa kandidat juga merasa kecewa karena penolakan langsung depan muka sedangkan proses wawancara baru saja selesai, santaikan kawan, semua orang pernah merasakan hal ini.

  • Ekspresi Pewawancara

Beragam bentuk wajah yang Tuhan ciptakan, ini bukan berarti kamu tidak bisa membedakan ekspresi suka dan tidak suka kan ? Fokuslah pada percakapan, tapi tidak melepaskan perhatian pada mata dan wajah pewawancara !

Jika kamu menemukan wajah yang kaget dan tidak suka (misalnya mengangkat alis, hidung, dan bibir samping bersamaan), ini kemungkinan besar bahwa ia tidak menyukai apa yang ia lihat atau yang ia dengar darimu saat proses interview kerja (bisa jadi gak keterima kerja).

Itulah beberapa tanda yang mudah kamu dapatkan dari proses interview kerja, ada beberapa faktor lain yang akan kamu dapatkan khususnya bagi posisi kerja yang begitu rumit dan dimintai banyak orang atau keahliannya merupakan keahlian umum yang sudah banyak orang bisa.

Setiap posisi kerja, perusahaan, personalia tentu memiliki syarat dan karakternya masing-masing, setiap proses interview yang kamu jalani di berbagai tempat bisa saja berbeda-beda. Tidak ada hal lain yang paling berharga, ilmu !

Berdoa, berusaha, dan belajarlah sebaik mungkin, kebaikan akan menemuimu tanpa menyulitkanmu !

tunggu sebentar...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi