Tanda-Tanda Kiamat Hampir Dekat

Hari akhir atau disebut sebagai al-yaumul akhir merupakan hari terakhir hidup di dunia. Karena tidak ada lagi hari dunia setelahnya. Hari kiamat atau yaumul qiyamah diartikan hari kebangkitan. Pada saat itu manusia akan dibangkitkan dari kubur dan akan berdiri di hadapan Allah SWT. Sebagaimana dalam sebuah surah, Allah SWT berfirman, yang artinya:

“Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.” (QS. Al Hajj ayat 7).

Mempercayai akan datangnya hari kiamat juga merupakan rukun iman bagi Umat Islam. Untuk itu, wajib bagi kaum muslim dan muslimah mengetahui dan mempelajarinya.

Selain pengertian hari akhir menurut agama Islam adalah, Al Quran juga menjelaskan proses haru akhir dalam Al-Anbiya ayat 104. Allah SWT akan menggulung gunung layaknya sebuah lembaran kertas pada hari itu tiba.

يَوْمَ نَطْوِي السَّمَاءَ كَطَيِّ السِّجِلِّ لِلْكُتُبِ ۚ كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُعِيدُهُ ۚ وَعْدًا عَلَيْنَا ۚ إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ

Arab latin: Yauma naṭwis-samā`a kaṭayyis-sijilli lil-kutub, kamā bada`nā awwala khalqin nu’īduh, wa’dan ‘alainā, innā kunnā fā’ilīn

Artinya: (Ingatlah) pada hari langit Kami gulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. (Suatu) janji yang pasti Kami tepati; sungguh, Kami akan melaksanakannya.

Adapun tanda-tanda datangnya hari akhir menurut agama Islam yang kami rangkum untuk kalian dan dapat dipelajari dari keterangan ayat Al Quran dan hadits di antaranya:

1. Terpecahnya Bulan, sebagaimana firman Allah dalam surah Al Qamar ayat 1:

اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ

Artinya: “Saat (hari kiamat) semakin dekat, bulan pun terbelah.” (QS. Al Qamar: 1).

2. Munculnya Binatang yang Berbicara pada Manusia, dalam surah An Naml ayat 82 disebutkan:

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya: “Dan apabila perkataan (ketentuan masa kehancuran alam) telah berlaku atas mereka, Kami keluarkan makhluk bergerak yang bernyawa dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

3. Kekacauan & Kejahatan Semakin Meningkat

Seperti yang diceritakan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Muslim,

“Kiamat tidak akan terjadi, kecuali terjadi banyak hari.” Apakah hari itu ya Rasulullah? Beliau menjawab, “Bunuh-membunuh.” (HR. Muslim).

4. Turunnya Dajjal (orang-orang pendusta)

Keluarnya Dajjal merupakan tanda kiamat besar akan segara tiba, yang dimulai pada saat kaum muslimin sedang memiliki kekuatan besar dan keluarnya dia adalah untuk mengalahkan kekuatan tersebut. Dalam sebuah hadits riwayat Ibnu Majah, disebutkan juga bahwa Dajjal akan muncul di tengah-tengah pasukan Khawarij.

Jadi dajjal berarti banyak menelurkan kebohongan dan kepalsuan. Seperti halnya semua nabi dan rasul sebelumnya, Nabi Muhammad SAW memprediksi kedatangan dajjal sebagai salah satu isyarat datangnya hari Kiamat.

Nabi bersabda, “Wahai manusia, tak akan ada huru-hara di muka bumi ini sejak masa Adam yang lebih besar dari pada huru hara Dajjal. Sesungguhnya setiap Nabi yang dikirim Allah akan memperingatkan ummatnya tentang Dajjal. Aku adalah nabi terakhir dan kalian adalah ummat terakhir (Riwayat Ibnu Majah).

5. Matahari Terbit dari Sebelah Barat

Rasulullah mengingatkan kiamat tidak akan terjadi sebelum tanda matahari yang akan terbit dari barat. “Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum matahari tebit dari barat. Jika ia telah terbit dari barat dan semua umat manusia melihatnya, mereka menjadi beriman semuanya. Pada saat itu, iman seseorang tidak ada manfaatnya jika sebelumnya ia tidak beriman atau tidak mendapat dari kebaikan imannya itu.” (HR. Muslim).

6. Munculnya YA’JUJ MA’JUJ (umat yang suka merusak dan menghancurkan)

Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari berbangkit), Maka tiba-tiba terbelalaklah mata orang-orang yang kafir. (mereka berkata): “Aduhai, celakalah kami, Sesungguhnya kami adalah dalam kelalaian tentang ini, bahkan kami adalah orang-orang yang zalim.”

7. Turunnya Nabi Isa

Nabi Isa diyakini oleh setiap Muslim akan kembali turun ke bumi untuk menunjukkan ajaran Allah di masa-masa menjelang hari akhir. Hal ini tergambar dalam Surat Ali Imran ayat 55.

Menurut Tafsir Almuyassar, ayat ini menyebut Allah mengingatkan Nabi Muhammad ketika Dia menyelamatkan Isa. Dia berfirman: “Hai Isa, Aku akan mengambilmu dari bumi, mengangkatmu kepada-Ku, menyelamatkanmu dari kebusukan orang-orang kafir dan tipu daya mereka, dan menjadikan orang-orang yang beriman kepada kenabianmu orang-orang yang menang atas orang-orang yang mendustakan sampai hari kiamat. Kemudian tempat kembali kalian semua adalah kepada-Ku, Aku akan memutuskan perkara yang diperselisihkan orang-orang beriman dan kafir tentang Isa.”

8. Al-Dukhan (kabut)

Allah berfirman dalam surat al-Dukhan ayat 10-11 yang menyebut tanda ini juga menjadi bagian dari kiamat besar. “Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata. Yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih.”

9. Hewan Melata

Surat An-Naml ayat 82 menjelaskan kejadian di hari kiamat yang tergolong kiamat kubra adalah munculnya hewan melata. “Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.”

Semua tanda-tanda ini tidak lain agar manusia selalu ingat kepada Allah karena hari akhir atau hari kiamat merupakan suatu kepastian yang akan terjadi. Wallahu a’lam. Alangkah baiknya jika kita menyegerakan bertaubat kepada Allah SWT dan semoga kita umat muslim diampuni dan dijauhkan dari segala dosa. Amin….

Islam
Komentar (0)
Tambah Komentar