Jangan Sepelekan ! Ketahui Cara Batuk yang Baik & Benar

Batuk merupakan mekanisme pertahan didalam tubuh karna adanya iritasi di dalam saluran pernafasan pada manusia yang disebabkan oleh lendir, debu, makanan, minuman, dan lainnya yang bisa menyebabkan reflek dari paru-paru memicu mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk biasanya hanya terjadi karna iritasi ringan tetapi bila lama kelamaan iritasi tersebut bisa membuat batuk menjadi kronis atau akut. Dan batuk pun bisa menularkan beberapa penyakit menular seperti TB. Maka sangat penting bagi anda mengetahui etika/ tata cara batuk yang baik dan benar.

Etika Batuk

Ketika seseorang batuk, seseorang tersebut harus tau etika batuk itu seperti apa, karna dengan mengetahui etika batuk seseorang bisa mencegah menularnya penyakit-penyakit menular/infeksius. Tetapi ada beberapa kesalahan yang dilakukan saat batuk yang sebenarnya membuat penyebaran penyakit semakin cepat seperti menutup mulut ketika batuk dengan tangan, karena kuman yang keluar dari tubuh menempel ditangan dan bisa menular karna bersalaman dengan seseorang.

Maka dari itu saya akan memberi tata cara etika batuk yang baik dan benar diantaranya:

  • Selalu siapkan tissue atau sapu tangan untuk menutupi mulut dan hidung ketika batuk
  • Ketika batuk tutup mulut dan hidung dengan tissue atau sapu tangan supaya kuman/virus tidak menyebar, langsung buang tissue ke tempat sampah atau langsung simpan sapu tangan.
  • Ketika anda tidak membawa sapu tangan atau tissue, gunakan tangan bagian tengah diantara siku tangan, karena dibagian tersebut jarang sekali terjadi kontak dengan orang lain atau benda lainnya.
  • Selalu mencuci tangan ketika sesudah batuk dengan air mengalir dan sabun. Bisa juga menggunakan Hand Sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%.

Mengapa Harus Mengetahui Etika Batuk

Setiap orang harus mengetahui etika batuk karena untuk mengurangi penyebaran penyakit menular. Beberapa orang kadang menyepelekan hal ini, padahal hal ini bisa jadi awalnya terjadinya penyakit menular. Kita disarankan untuk selalu berjaga-jaga ketika melihat seseorang batuk ataubersin, minimal ketika kita sedang dihadapkan dengan seseorang yang sedang batuk, segera tutup mulut dan hidung dengan tissue atau sapu tangan atau juga bisa menggunakan masker. Semoga anda bisa menjadi panutan dan menjadi contoh untuk masyarakat lain.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi