Terdapat 11 Manfaat Pada Kangkung, Tidak Hanya Mengatasi Insomnia !

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) termasuk ke dalam kingdom plantae, kangkung merupakan tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran yang ditanam kemudian diambil sebagai makanan, kangkung ini banyak dijumpai di pasar-pasar.

Selain lezat, kangkung memiliki gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Pada umumnya kangkung terkenal mengandung tinggi zat besi, sebenarnya ada berbagai kandungan gizi pada kangkung selain zat besi diantaranya adalah energi, protein, serat, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin A, vitamin B1, selenium, zinc, unsur sedatif, serta vitamin C.

Kandungan gizi yang terdapat pada kangkung bermanfaat untuk tubuh, karena tubuh membutuhkan nutrisi yang cukup agar organ dan sel-sel yang ada pada tubuh dapat bekerja dengan baik. Berikut adalah manfaat dari kangkung.

Manfaat Kangkung

  • Mengatasi insomnia

Kangkung mengandung unsur sedatif yang dapat membuat pengonsumsinya mengantuk, serta kandungan selenium dan zinc dapat menjadikan saraf kendur dan lebih rileks sehingga keadaan ini pengonsumsinya dapat tidur lebih lelap dan pulas.

  • Mencegah anemia

Zat besi yang terkandung dalam kangkung bermanfaat untuk menambahkan hemoglobin bagi pengonsumsinya, sehingga dapat mencegah anemia.

  • Mencegah stomatitis dan gusi berdarah

Vitamin C yang tinggi terkandung dalam kangkung bermanfaat untuk mencegah stomatitis dan gusi berdarah.

  • Antitoksin dan antioksidan

Kangkung bersifat antitoksin (anti racun), karena mengandung vitamin C yang tinggi dan berperan juga sebagai antioksidan serta penangkal radikal bebas.

  • Sebagai penangkal virus yang nyebabkan flu

Selain bermanfaat untuk mencegah stomatitis dan bersifat antitoksin dan juga antioksidan, vitamin C yang terkandung dalam kangkung juga bermanfaat sebagai penangkal virus yang menyebabkan flu.

  • Anti parsit pada usus

Konsumsi kangkung dengan cara mentah dapat mengelurkan cacing parasit pada usus yaitu Fasciolopsis buski , cacing ini yang menyebabkan penyakit fasciolopsiasis.

  • Pengatur metabolisme tubuh

Kandungan protein pada kangkung bermanfaat untuk mengatur metabolisme tubuh, tubuh yang tidak seimbang kadar proteinnya akan lebih mudah sakit.

  • Pembentukan sel dan menjaga organ tubuh

Lemak yang terkandung dalam kangkung bermanfaat untuk pembentukan sel dan juga bermanfaat untuk menjaga organ tubuh, tidak selamanya lemak itu buruk selama dikonsumsinya secara cukup atau tidak berlebihan.

  • Menjaga kesehatan otak dan tulang

Kangkung mengandung fosfor, fosfor bermanfat untuk membantu menjaga kesehatan otot dan juga tulang.

  • Pencegahan diabetes dan kolesterol

Serat yang terkandung dalam kangkung bermanfaat untuk membantu pencegahan diabetes dan kolesterol, karena pada kangkung tidak mengandung glukosa.

  • Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, sekarang ini banyak sekali yang menderita penyakit mata yaitu katarak. Penyakit katarak tidak hanya menyerang orang yang berusia lanjut, namun juga menyerang usia remaja.

Mengkonsumsi kangkung dengan cara dimasak terlebih dahulu disarankan untuk mencuci kangkungnya kemudian baru lah dipotong, agar gizi yang terkandung pada kangkung tidak ikut terhanyut air jika mencucinya dipotong terlebih dahulu.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi