Terdapat Perubahan Besar “Editor Penulisan” di WordPress 5.0, Bisakah Beralih ke Tampilan Editor Sebelumnya ?

TinyMCE <> Gutenberg

beberapa bulan lalu, wordpress telah mengumumkan perubahan besar yang terjadi di sisi editing pada wordpress yang akan di rilis (versi 5.0), perubahan ini akan berpengaruh besar bagi para editor dan penulis wordpress.

Ada pun perubahan tersebut adalah perubahan WYSIWYG yang awalnya menggunakan TinyMCE Editor akan berganti menggunakan Gutenberg Editor, jika kamu pernah memperbarui ke versi terbaru sebelumnya (4.9.8) pasti pernah melihat pesan penting tentang perubahan ini di halaman utama dasbor WordPress.

gambar 1 - notifikasi editor wordpress baru

Mungkin beberapa orang akan mengabaikan pesan ini, padahal cukup penting untuk pengalaman menulis menggunakan WordPress ke depannya. Akhirnya, tidak lama beberapa hari lalu di bulan Desember 2018 WordPress merilis versi 5.0 untuk WordPress Indonesia.

Ketika meng-update versi WordPress menjadi 5.0 tentu akan mendapatkan informasi perubahan setelah update selesai, silahkan perhatikan di bagian editor penulisan. Ketika hendak membuat post atau block lain yang menggunakan editor Gutenberg tentu akan terlihat asing tidak seperti biasanya.

gambar 2 - gutenberg editor penulisan wordpress baru

Ini agak sulit digunakan karena masih baru, secara garis besar fitur dan sistemnya tetap sama bahkan terbilang lebih modern dan cepat dalam penyimpanan post / halaman.

WordPress memaklumi hal baru yang diluncurkannya, ini akan menyulitkan beberapa pengguna khususnya pengguna WordPress yang sudah senior termasuk para pengembang dan kontributor WordPress. Solusi yang diberikan untuk para penulis / editor adalah dengan menyediakan plugin CLASSIC EDITOR yang dibuat oleh beberapa tangan para ahli WordPress.

Mengembalikan Classic Editor WordPress

Nasi sudah menjadi bubur, WordPress sudah terlanjur diupdate ke 5.0. Apalah daya, menurunkan versi bukan hal yang baik. Kamu dapat menggunakan plugin Classic Editor untuk menggunakan editor penulisan WordPress seperti sebelumnya.

Setelah plugin berhasil diaktifkan, kamu akan melihat tombol Classic Editor, kllik untuk menulis menggunakan tampilan yang lama. Jika tidak menemukan Classic Editor, pergilah ke menu Pengaturan > Menulis > pada bagian default editor for all user, pilih Classic Editor > klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan ini.

Jangan lupa untuk mengaturnya ke NO pada bagian Allow users to switch editor jika tidak ingin mengizinkan para pengguna lain menggunakan Gutenberg Editor.

Sekarang, ketika membuat pos baru atau mengedit pos yang ada akan secara otomatis menggunakan Classic Editor alias tampilan lama yang sudah kita nikmati bertahun-tahun.

tunggu sebentar...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi