Tiba di Riau: Ini Bukti Keseriusan Jokowi Tangani Karhutla

Posciety.Com – Pesawat yang membawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin sekitar pukul 18.30 WIB, ditemani oleh Menkopolhukam Wiranto dan jajaran kementerian lainnya. Mereka akan langsung menggelar rapat sekaligus memantau kebakaran hutan yg terus menerus terjadi di lahan Karhutla.

Menurut Wiranto, ini adalah bentuk keseriusan Jokowi dalam menangani persoalan Karhutla. Keprihatinan Jokowi akan hal ini ditunjukkan lewat kedatangan Jokowi yang meninjau langsung ke lokasi (karhutla).

“Malam ini langsung rapat Karhutla. Besok baru beliau dan kami-kami akan meninjau di lapangan,” ucap Wiranto di Jakarta, Senin (16/9). Dilansir dari Merdeka.Com.

Wiranto menyampaikan bahwa Jokowi ingin mendapat laporan langsung dari para menteri terkait penanganan karhutla. Jokowi, kata dia, ingin mengetahui apa dan yang akan dilakukan agar karhutla ditangani maksimal.

“Ini menunjukan bahwa Presiden sendiri yang merasa sangat prihatin tentang hal ini, dan memberikan perhatian khusus, sampai beliau ingin langsung melihat, langsung meninjau, dan ingin mendapatkan laporan di daerah-daerah yang rawan kebakaran,” jelasnya.

Menurutnya, yang akan menghadiri rapat di Pekanbaru di antaranya, Menko PMK, Menteri LHK, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Kepala BNPB. “Ya menteri-menteri dan lembaga terkait langsung dengan masalah kebakaran hutan. Saya kira lengkap nanti,” ungkap Wiranto.

Para menteri akan diminta untuk melaporkan tentang bagaimana upaya-upaya yang sudah dilakukan, dan hal apa yang masih perlu dilakukan. Sehingga, penanggulangan kebakaran hutan ini dapat betul-betul dilaksanakan secara maksimal.

Selain mendengarkan pemaparan yang lebih jauh dari para menteri, pihak pemerintah Indonesia juga berusaha memikirkan agar kabut asap akibat dari Karhutla ini tidak dirasakan oleh negara lain.

“Jangan sampai ada asap-asap yang nyeberang negara tetangga. Terutama yang tentu menimbulkan permasalahan antar-negara,” ungkap Wiranto.

Wiranto menyebut Jokowi akan menyambangi sejumlah lokasi Karhutla di Riau ke esokan harinya. Dalam hal ini, pemerintah sudah sangat serius menangani Karhutla. Beberapa keseriusan pemerintah, klaim Wiranto, dibuktikan lewat pelibatan TNI.

Ia menyebut TNI bersama sejumlah pihak telah mengerahkan 52 helikopter untuk melakukan pemadaman karhutla.

“Jumlah helikopternya sudah 52 ditambah lagi ini dua Casa dari TNI AU, satu CN-235, sekarang ditambah Hercules lagi. Sehingga memang pemerintah sekarang sudah melakukan langkah-langkah yang luar biasa, yang total yaitu menanggulangi kebakaran ini,” ujarnya.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi