3 Ruang Jantung Pada Amfibi

Amfibia atau amfibi (Amphibia), pada umumnya didefinisikan sebagai hewan bertulang belakang (vertebrata) yang hidup pada dua alam yaitu air dan daratan. Amfibi termasuk ke Siblum Vertebrata, Superkelas Tetrapoda, Kelas Amfibia, dan Filum Chordata. Arti kata Amfibi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah binatang berdarah dingin yang dapat hidup di air dan darat.

Contoh amfibia yang ada di Indonesia yaitu bangsa sesilia (Caecilia) semacam amfibia tidak berkaki yang badannya serupa dengan cacing besar atau belut, dan bangsa katak (Anura).

Ciri-ciri Amfibi

  • Merupakan hewan berdarah dingin
  • Metamorfosisnya lengkap
  • Telurnya diletakkan di dalam air atau lingkungan yang lembab, serta dibuahi secara eksternal
  • Memiliki kulit yang halus, tipis, berbulu, dan berpori serta kulitnya mengandung kelenjar lendir dan juga kelenjar racun
  • Memiliki peredaran darah tertutup
  • Jantung terdiri dari 3 ruang
  • Kakinya mempunyai selaput
  • Memiliki anggota badan yang ukurannya bervariasi, bagian depan lebih kecil dan bagian anggota belakang lebih besar
  • Respirasi secara terpisah atau dalam kombinasi paru-paru, kulit dan juga insang.

Jantung merupakan organ khusus yang mempunyi fungsi memompa darah, jantung terdiri dari otot-otot khusus. Otot-otot ini terus-menerus berkontraksi dan berelaksasi meskipun tanpa kesadaran seseorang. Jantung dapat bekerja sesuai fungsinya karena adanya aliran listrik khusus yang menstimulasi jantung untuk berdenyut.

Ruang jantung amfibi terdapat 3 ruang, tahu kah Anda apa saja yang terdapat dari ruang jantung amfibi ? Berikut adalah penjelasannya !

Pada jantung amfibi terdapat 3 ruang, yaitu terdiri dari 2 atrium (serambi) dan 1 ventrikel (bilik). Darah yang kotor dari tubuh amfibi akan masuk ke atrium kanan menuju ventrikel, dari ventrikel darah akan dipompa menuju paru-paru untuk mendapatkan pasokan oksigen kemudian kembali ke jantung melalui atrium kiri. Dari atrium kiri ini darah akan masuk ke ventrikel dan disalurkan keseluruh tubuh kembali, bila diperhatikan pada daerah atrium terdapat sedikit pencampuran antara darah yang kotor dengan darah yang bersih karena atrium pada jantung amfibi hanya satu.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi