Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Laos 4-0 di matchday terakhir Grup B SEA Games 2019. Kemenangan itu mengantar Garuda Muda ke semifinal.

Bermain di Imus Grandstand, Imus, Kamis (5/12/2019) sore pukul 16.00 waktu setempat, Indonesia bisa unggul cepat dari Laos. Saddil Ramdani membawa keunggulan merah putih pada menit ke-5.

Tertinggal membuat Laos keluar menekan. Anak asuh Sundram Moorthy banyak menekan lini belakang Indonesia. Beberapa kali tendangan penjuru pun didapat, namun tak bisa dimanfaatkan Laos.

Sementara Indonesia banyak melakukan serangan balik. Namun, beberapa kali upaya Saddil dan Egy Maulana bisa dipatahkan barisan belakang Laos sehingga kesulitan menambah gol.

Pada menit ke-42, serangan balik Indonesia sempat membahayakan Laos. Lewat Saddil di sisi kanan, sepakannya di kotak penalti masih terlalu lemah ke gawang Laos. Hingga babak pertama tuntas, skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Indonesia masih tampil menekan. Sebaliknya, Laos tetap tak mampu menembus lini belakang Indonesia.

Tiga gol tambahan pun bisa dilesakkan Indonesia. Osvaldo Haay mencetak dua gol di menit ke-47 dan di masa injury time, dan satu gol dari Bagas Adi Nugroho pada menit ke-72.

Pada menit ke-84, Indonesia nyaris mencetak gol keempatnya lewat Andy Setyo. Namun, sepakan tandem Bagas di lini belakang itu masih membentur mistar gawang Laos. Hingga laga bubar, tidak ada gol tambahan tercipta lagi.

Kemenangan 4-0 membuat Indonesia memastikan lolos ke semifinal SEA Games 2019. Keberhasilan itu diraih usai Vietnam vs Thailand di Stadion Binan berakhir imbang 2-2. Vietnam pun tetap menjadi juara Grup B dengan 13 poin, disusul Indonesia (12), Thailand (10), Singapura dan Laos (4), dan Brunei (0).

Timnas U22 Lolos Semifinal, Osvaldo Haay Top Scorer Sementara

Kelolosan Timnas Indonesia U-22 ke semifinal SEA Games 2019 tak lepas dari performa apik Osvaldo Haay. Pemain berusia 22 tahun itu menjadi top skor sementara.

Osvaldo menjadi andalan Indonesia selama berlaga di SEA Games. Dari lima laga, pemain Persebaya Surabaya itu cuma gagal menjebol gawang Vietnam, ketika Indonesia kalah 1-2.

Sisanya, Osvaldo selalu mencetak gol. Masing-masing satu gol ke gawang Thailand dan Singapura, hat-trick ke gawang Brunei, dan dua gol ke gawang Laos.

Performa gemilang Osvaldo pun berperan besar atas kelolosan Indonesia. Sebab, tiap Osvaldo mencetak gol, maka Garuda Muda memenangkan laga-laga di Grup B.

Dengan torehan tujuh gol, Osvaldo memimpin daftar top skor sepakbola SEA Games. Ia mengungguli dua pemain Vietnam, Ha Duc Chinh dan Nguyen Tienh Linh serta Suphanat Mueanta, yang mencetak 5 gol.

Indonesia sendiri lolos ke semifinal berstatus runner up Grup B dengan 12 poin, di bawah Vietnam yang menjadi juara grup dengan 13 poin. Selanjutnya pasukan Indra Sjafri akan menghadapi Myanmar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Sabtu (7/12/2019) pada babak semifinal.

Indra: Yang Lalu Biarlah Berlalu

gambar 1 - indra pelatih timnasi u22 sea games 2019
img: Bolalob

Indonesia punya catatan buruk di semifinal SEA Games. Tapi, Indra Sjafri menegaskan bahwa dia selalu optimis menatap ke depan.

Indonesia bertemu Myanmar dalam semifinal SEA Games 2019. Duel ini berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Sabtu (7/12/2019), pukul 15.00 WIB.

Indonesia sudah tampil di semifinal SEA Games sebanyak 15 kali sejak 1977. Malang untuk tim Merah-Putih, dari jumlah itu, mereka 10 kali terhenti di semifinal.

Hal buruk terjadi pada dua edisi SEA Games terakhir, yakni di Singapura 2015 dan Malaysia 2017. Indra tak mau memikirkan catatan-catatan masa lalu.

“Saya selalu berpikiran positif tak pernah memikirkan masa lalu,” kata Indra kepada tim DetikSport.

“Biarkan masa lalu menjadi masa lalu, saya harus melihat ke depan dan harus optimis”, tegasnya.

Indra ditargetkan PSSI mampu membawa medali emas di SEA Games 2019. Indonesia pantas optimistis karena bisa lolos dari grup berat.

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments