5 Tips Bekerja Lebih Cerdas, Bukan Bekerja Lebih Keras

0

Bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat? Lifehack membagikan 5 tips untuk bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Banyak orang, ketika dihadapkan dengan banyak tugas sekaligus, mereka memutuskan untuk bekerja lebih lama dan memaksakan diri hingga kelelahan untuk menyelesaikan sesuatu. Namun, sebenarnya ini bukan cara terbaik untuk melakukannya. Justru inilah saatnya untuk mencoba cara bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, dan kita akan mempelajari cara kerja yang lebih efektif.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa kunci penting dari produktivitas adalah bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Bekerja lebih cerdas dapat menghemat waktu dan energi yang berharga untuk hal-hal yang benar-benar penting—tujuan hidupmu, pertumbuhan pribadimu, kesehatanmu, dan hubungan sosialmu.

Bekerja lebih cerdas dan tidak lebih keras tentu membuatmu harus melakukan pengelolaan waktu yang lebih baik, mengetahui apa yang perlu diselesaikan dan kapan waktu penyelesaiannya, serta memanfaatkan tools atau alat yang akan membuatmu tetap berada pada jalurnya. Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk membantu kamu memulainya:

ads by posciety

1. Tingkatkan Keterampilan Manajemen Waktu

Dalam hal manajemen waktu, ada beberapa aturan sederhana yang benar-benar dapat membantumu mengatur waktu dengan lebih baik.

Misalnya, saat menyiapkan tugas prioritas utama, kamu harus mematikan ponsel dan mengabaikan email atau kotak pesan agar kamu dapat fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Kemudian, kamu harus meninggalkan ide untuk multitasking, karena itu akan memperlambatmu dan merusak fokusmu. Terakhir, tetapkan tenggat waktu yang masuk akal, dan lakukan segala daya dan upaya untuk memenuhinya.

Manajemen waktu sebenarnya tidak harus rumit, tetapi harus konsisten. Karena itu buatlah strategi manajemen waktumu sendiri.

2. Percepat Pengetikan dan Gunakan Cara Pintas

Di zaman ini kita semua adalah ‘budak keyboard’. Jadi, mengapa tidak mempercepat pengetikan kamu dan coba untuk menyingkirkan sindrom ‘mengetik dua jari’. Bahkan, kamu daapt menghemat 21 hari per tahun hanya dengan mengetik cepat, lho!

Cobalah beberapa aplikasi dan game yang tersedia di playstore untuk membantumu mengetik dengan cepat, ketahui shortcut keyboard, atau pahami shortcut key Google Chrome (jika kamu menggunakan browser Google Chrome).

Menggunakan pintasan pada keyboard adalah cara menghemat waktu lainnya dan dapat mempercepat pekerjaanmu. Misalnya, tekan F2 untuk mengganti nama file yang dipilih, sedangkan CTRL + I akan menempatkan teks yang dipilih dalam huruf miring, dan sebagainya.

Ada begitu banyak cara pintas tentang pengetikan ini. Jika kamu berusaha untuk mempelajarinya, semua itu benar-benar dapat membantu untuk menghemat waktumu dalam jangka panjang.

3. Pelajari Cara Menggunakan Tools Produktivitas

Jika kamu ingin bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras, ada baiknya men-install semua alat dan aplikasi berguna yang dapat meningkatkan produktivitasmu. Carilah berbagai aplikasi dan tools manajemen waktu terbaik dan install apa pun yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tools ini dapat membantumu untuk tetap fokus, mengatur tugas, dan menghilangkan gangguan dalam menyelesaikan pekerjaaanmu. Karena itu, untuk menjadi produktif tidak pernah semudah ini.

4. Gunakan Ponselmu dengan Bijak

Daripada menulis email atau pesan, terkadang lebih baik mengangkat telepon dan berbicara dengan orang tersebut secara langsung. Lebih menghemat waktu, terutama untuk diskusi penting atau mendesak.

Apalagi jika rekanmu itu bekerja di kantor yang sama, lebih baik pergi dan berbicara langsung dengannya. Dengan menyedikitkan waktu membuka ponsel, ini akan memberimu waktu untuk istirahat dari layar yang melelahkan, kamu juga dapat berolahraga dengan melakukan hal secara langsung dan kamu benar-benar melakukan kontak manusia, yang dapat membantumu menghilangkan stres di siang hari.

5. Pertahankan Tab di Layarmu

Jika kamu seperti kebanyakan orang lainnya yang bekerja di depan layar, kamu akan menyadari bahwa kamu memiliki banyak tab yang terbuka di bagian atas browsermu. Untuk menemukan yang kamu inginkan, kamu harus mencarinya saat berada di luar layar. Membuka semua tab ini juga memperlambat browsermu.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan OneTab, yang dapat menyimpan daftar tab yang rapi di layar saat kamu ingin membuka salah satunya dengan cepat atau kamu ingin mengingatkan diri sendiri mana yang telah kamu buka.

Selain itu, penting juga bagimu yang ingin menghemat waktu dalam pekerjaan, untuk membuat daftar “To-Don’ts” alias Daftar hal yang tidak boleh dilakukan, ini terbukti lebih efektif daripada “To-Do” list. Karena daftar hal yang tidak boleh dilakukan isinya penuh dengan hal-hal yang perlu kamu hindari untuk menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang baik dalam jangka panjang. Misalnya, kamu dapat menambahkan “men-scroll tanpa banyak pikir di media sosial” atau “menyenangkan semua orang” ke daftar yang tidak boleh kamu lakukan untuk membantumu fokus pada hal yang benar-benar penting.

Sebagai masyarakat, kita telah terobsesi untuk belajar dan bekerja lebih cerdas agar lebih efisien dan menghemat waktu.

Namun, hal terpenting untuk diingat adalah kamu harus menerima saat kamu siap untuk mematikan layar komputer dan tidak mengisi waktumu dengan lebih banyak pekerjaan. Setelah kamu berada di jalur yang benar dengan bekerja lebih cerdas, gunakan waktu ekstra yang telah kamu menangkan untuk dirimu sendiri dengan melakukan hal-hal di luar pekerjaan yang membuat kamu senang. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya