Tips Membuat Anak Tertarik Untuk Makan

Biasanya diatas usia satu tahun, anak mulai susah untuk makan dengan teratur bahkan sulit untuk makan apapun. Untuk menghadapinya, orang tua tidak boleh kalah cerdik untuk meningkatkan napsu makan untuk anaknya. Saat anak menolak untuk makan, biasanya orang tua selalu mendesak anaknya dan membuat keduanya menciptakan suasana yang tidak menyenangkan dan memiliki tekanan masing-masing. Jangan cemas bila balita/anak mulai memilih makanannya atau menolak makan setelah beberapa suapan. Bebaskan ia memilih apa yang ia suka.

  • Rencanakan waktu makan yang teratur

Rutinitas penting bagi balita, jadi jagalah jadwal waktu makan dan makanan selingan setiap hari. Berikan makanan selingan yang menyehatkan dua atau tiga kali dalam sehari. Cobalah dengan potongan buah segar, sayur rebus, biskuit, sereal, atau potongan keju.

  • Libatkan mereka

Sajikan makanan dengan menu berganti tiap 2 atau 3 hari sekali dalam ukuran dan bentuk menarik yang membuat anak tidak bosan memakannya. Misalnya roti atau wortel dipotong bentuk binatang, hati, atau kesukaan anak Anda. Buat gambar lucu dipiring anak Anda, seperti membentuk muka tersenyum dan biarkan mereka berkreasi dengan makanannya. Buatlah suasana makan baru dengan anak-anak Anda seperti diluar rumah dengan melakukan piknik.

  • Menjadikan waktu makan menyenangkan

Anak selalu senang bereksplorasi. Ia akan senang juga bila Anda libatkan mulai dari belanja bahan makanan hingga memasak makanan yang mereka inginkan. Tawarkan mereka untuk memilih minuman atau makanan yang diinginkan tapi dengan pengawasan Anda. Mereka akan senang menjadi bagian dari proses membuat keputusan dan itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi si anak.

  • Atur berapa banyak makanan yang dia perlukan

Hindari memberikan terlalu banyak minum karena membuat mereka terlalu kenyang ketika waktu makan tiba. Latih ia makan sendiri dikursi makannya. Biarkan anak Anda yang memutuskan seberapa banyak makanan yang diperlukan setiap kali makan. Mereka akan mengetahui kapan mereka merasa kenyang dan merasa lapar.

  • Perlakukan Anak Anda sebagai individu

Walau masih kecil anak Anda adalah individu yang beranjak dewasa, dapat mengenali semua situasi didalam hidupnya. Mereka dapat memilih apa yang menurut mereka inginkan dan dapat juga merasakannya. Tapi selalu awasi mereka ketika mereka bereksplorasi.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi