3 Tips Memilih Makanan yang Nikmat dan Sehat, Membantu Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Stroke dan penyakit jantung merupakan penyakit yang hampir selalu terjadi berdampingan yang dapat mengancam kehidupan seseorang apabila dibiarkan. Pola makan dan mengkonsumsi makanan yang buruk dapat berpengaruh dalam kondisi kesehatan seseorang.

Makanan yang sehat tidak hanya baik untuk program diet saja. Tetapi makanan yang sehat juga mempunyai banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Mengkonsumsi dan pola makan yang baik memiliki manfaat diantaranya untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan mengurangi kadar dari kolestrol LDL (kolestrol jahat). Karena jika kolestrol LDL terlalu banyak ada didalam tubuh dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan atherosclerosis.

Berikut ini pilihan makanan dan pola makan yang baik untuk mencegah kolestrol dan penyakit jantung :

Konsumsi Lebih Banyak Ikan

Ikan mengandung omega 3 yang dimana ampuh untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Ikan juga merupakan sumber protein dan nutrisi lainnya. Menurut American Heart Association menyarankan untuk mengkonsumsi ikan dengan omega 3 yang tinggi seperti salmon sebanyak dua kali dalam seminggu untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan kolestrol.

Konsumsi Buah, Sayur, dan Kacang-kacangan

Makanan alami atau natural adalah makanan yang baik untuk kesehatan karena memiliki nutrisi, antioksidan tinggi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut contohnya:

Buah

  • Apel, kulit apel mengandung pektin atau serat larut dalam air yang ampuh menurunkan kolestrol.
  • Alpukat, buah dengan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung, alpukat mempunyai vitamin dan mineral yang dapat menghambat penyerapan kolestrol dalam tubuh.
  • Pepaya, buah penurun kolestrol jahat yang mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi seperti likopen, vitamin C dan E.

Sayuran

  • Seledri, mengandung minyak asiri serta senyawa flavonoid yang merupakan senyawa antikolestrol untuk menurunkan kadar kolestrol.
  • Brokoli, sayuran ini rendah kalori dan mengandung serat pektin yang bisa mengikat asam empedu agar mengurangi kolestrol yang dilepaskan ke aliran darah.

Kacang-Kacangan

Mengkonsumsi kacang-kacangan baik untuk kesehatan Anda terutama kesehatan otak dan jantung. Kacang memiliki vitamin B folat atau asam folat. Menurut studi, makanan yang kaya akan asam folat dapat mengurangi risiko stroke sebesar 20%.

Pilih Lemak yang Tepat

Tidak semua lemak itu jahat, lemak dibutuhkan untuk melarutkan vitamin A, D, E, dan K sekaligus sumber penghasil energi tertinggi. Tetapi lebih baik membatasi konsumsi makanan dengan lemak yang berlebih seperti makanan berlemak tinggi, berminyak, mentega, dan makanan yang manis. Bila terpaksa mengkonsumsi makanan berminyak, pilihlah minyak dengan rendah lemak atau lemak dengan lemak tak jenuh.

Pola hidup yang sehat dan memilih makanan yang sehat adalah langkah yang baik untuk memulai hidup sehat agar terhindar dari segala penyakit yang dapat mengintai kita. Selalu berkonsultasi pada dokter apabila terjadi gejala penyakit stroke atau jantung.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi