TIPS Menjaga Kesehatan dan Keindahan Mata

Mata merupakan organ pengelihatan pada manusia. Mata bereaksi dan menangkap cahaya yang ditangkap oleh mata, mengatur intensitasnya melalui diafragma, memfokuskan melalui penyesuaikan lensa untuk membentuk sebuah gambar, mengubahnya menjadi suatu himpunan listrik dan mengalirkannya sinyal tersebut ke otak dan membuat kita dapat mengetahui apa yang kita lihat.

Mata juga merupakan organ yang sangat rentan terhadap penyakit yang biasanya disebabkan oleh debu, asap, radiasi sinar matahari atau komputer/ hp, dan lainnya. Bila tidak dirawat dengan baik mata akan menjadi sakit bahkan kita berisko kehilangan pengelihatan kita.

Berikut ini beberapa tips untuk Anda menjaga kesehatan mata, diantaranya:

  • Lakukan kebiasaan yang baik untuk mata

Beri jarak aman ketika menonton televisi, bermain game, atau membaca buku. Jarak yang baik antara televisi dan mata Anda adalah sekitar 2,5-3 meter. Untuk membaca buku berilah 30 cm antara dan mata Anda. Seringlah mengambil jeda istirahat untuk mata Anda ketika menggunakan komputer, membaca buku, menonton televisi dan bermain handphone. Latihan mata secara teratur juga dapat membantu mencegah masalah pengelihatan Anda,  Contohnya berselang-seling berfokus pada objek yang jauh dan dekat, atau menggerakan bola mata ke segala arah 15 detik diulang selama 1 menit. Kegiatan itu cukup untuk melatih mata Anda.

  • Konsumsi nutrisi terbaik untuk mata

Makanlah makan yang banyak mengandung antioksidan yang berguna untuk memperbaiki sel-sel mata. Buah dan sayuran berwarna-warni seperti jeruk, tomat, brokoli, bayam, dan lainnya, cenderung mengandung banyak sekali antioksidan. Dan konsumsi juga vitamin A karena vitamin A diperlukan untuk pemeliharaan kesehatan mata biasanya terdapat pada wortel. Vitamin C, E, B6, B12, Beta karoten, mineral dan seng bisa juga memperlambat penurunan pengelihatan akibat katarak dan gangguan di retina.

  • Periksa kesehatan mata secara teratur

Kunjungi dokter mata Anda untuk memantau kesehatan mata Anda secara rutin. Kunjungi dokter ketika Anda mengalami iritasi mata, ketika pengelihatan menjadi kabur, nyeri, kemerahan, dan gatal. Infeksi yang terus menerus dapat membahayakan mata seseorang.

  • Lindungi mata dari sinar matahari, debu, dan polusi udara

Gunakan kacamata untuk menghindari sinar UV yang merupakan salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan pengelihatan akibat gangguan dipusat retina. Hindari debu dan polusi udara karena bisa menyebabkan iritasi dan infeksi pada mata.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi