5 Tips Mudah Menjaga Kesehatan Gigi, Beruntunglah yang Tidak Merokok

img: collusor

Gigi merupakan organ penting manusia untuk memotong dan mengunyah berbagai macam makanan yang akan dicerna oleh tubuh. Tetapi beberapa orang menyepelekan apa yang mereka makan dan tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut mereka. Sariawan, gigi berlubang, gusi bengkak, atau bau mulut merupakan contoh dari buruknya Anda menjaga kesehatan gigi. Menurut Studi kesehatan gigi atau mulut yang buruk dapat memicu beberapa komplikasi penyakit yang membahayakan kesehatan lainnya selain mulut. Mulut merupakan gerbang bagi seluruh makanan yang masuk kedalam tubuh. Bila seseorang membiarkan kesehatan mulut dan gigi mereka memburuk, hal ini akan membuat bakteri yang berada di dalam mulut akan leluasa berkembang biak sehingga dapat menimbulkan kerusakan gigi dan penyakit gusi lainnya. Efek samping beberapa jenis obat-obatan nyeri pun dapat mengurangi produksi air liur, yang diketahui bahwa air liur dapat menyapu sisa-sisa makanan dan menetralisir zat asam yang dihasilkan oleh bakteri. Berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi Anda:

  • Selalu Cek Kesehatan Mulut dan Gigi ke Dokter

Selalu periksakan kesehatan mulut dan gigi Anda ke dokter sekitar enam bulan sekali. Walaupun tidak memiliki gejala penyakit apapun, dokter yang lebih ahli bisa menganilisis mana yang perlu diperbaiki atau diobati. Pencegahan penyakit mulut atau gigi lebih awal lebih baik, karena kondisi awal yang belum memburuk penyakit mulut dan gigi dan tidak terbebani oleh biaya yang lebih murah diawal dibandingkan dengan biaya pengobatan berkelanjutan.

  • Menyikat Gigi

Banyak faktor baik dari teraturnya menyikat gigi. Menyikat gigi sebelum tidur sangat berpengaruh juga bagi kesehatan mulut dan gigi. Karena menyikat gigi sebelum tidur dapat mengurangi bakteri atau kuman yang menumpuk seharian di dalam mulut dan dianjurkan juga untuk menyikat lidah Anda untuk mengurangi kuman dan plak yang bersarang di lidah. Jangan menyikat gigi terlalu keras, karena dengan menyikat gigi terlalu keras dapat membuat gusi kita menjadi robek, menipiskan enamel gigi yang membuat gigi sensitif, menimbun plak-plak gigi dan menimbulkan beberapa penyakit seperti perandangan gusi.

  • Gunakan Pasta Gigi Berflourida

Flourida dapat menjaga gigi Anda dari senyawa asam yang ditimbulkan oleh bakteri penghasil zat asam yang menyebabkan kerusakan gigi, karena flourida diserap tubuh untuk digunakan oleh sel-sel untuk menjaga dan menguatkan enamel gigi. Barengi sikat gigi dengan pasta berflourida dengan berkumur dengan cairan pembersih mulut untuk membersihkan bagian mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi .

  • Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Batasi beberapa makanan asam dan manis bagi keluarga Anda, karena makanan manis dan asam ini dapat diubah menjadi zat asam oleh bakteri dan dapat menggerogoti enamel gigi Anda yang menyebabkan gigi berlubang. Hindari juga minuman bersoda karena sifatnya dapat menggerogoti gigi Anda. Lebih banyak minum air putih yang merupakan minuman terbaik bagi kesehatan tubuh Anda. Makan-makanan yang bergizi dan bernutrisi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan makanan laut yang mengandung banyak omega-3 untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi Anda.

  • Kurangi Merokok

Rokok dapat menyebabkan penumpukan plak dan menjadi ruang berkembangbiak bakteri di dalam mulut. Kandungan tar dan nikotinnya juga dapat menggerogoti gusi dan membuat gigi menjadi kuning kehitaman bahkan dapat menyebabkan kanker mulut.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi