5 Tips Menjalankan Program Diet Saat Puasa

0

Puasa di Bulan Ramadan bisa menjadi momen yang tepat buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Berpuasa dapat membantu program diet kamu menjadi lebih efektif. Namun, kamu tetap harus memperhatikan hal-hal tertentu agar diet kamu lancar selama berpuasa. Apa aja sih hal-hal yang harus diperhatikan dan apa saja tipsnya agar diet kamu lancar di Bulan puasa ini? Yuk simak 5 tips diet saat puasa, agar diet dan puasa kamu bisa berjalan dengan lancar

1. Makan Sahur dan Berbuka Cukup Serta Bergizi

ads by posciety

Sama seperti diet biasa dimana kamu harus menjaga porsi serta kandungan yang kamu makan, maka untuk menerapkan program diet selama Bulan puasa adalah kamu harus memperhatikan porsi serta gizi yang kamu makan selama sahur dan buka puasa.

Kamu bisa memenuhi karbohidrat yang berasal dari gandum utuh, kentang, oatmeal, atau nasi merah sebagai sumber energi kamu saat berpuasa. Untuk lauk, kamu bisa tambahkan lemak sehat yang berasal dari daging merah tanpa lemak, seperti ikan salmon. Kamu juga bisa konsumsi makanan tinggi protein dari telur, tahu, tempe, ikan, ayam, dan lain sebagainya.

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi serat yang berasal dari sayuran hijau dan buah-buahan, seperti stroberi, apel, pisang, jeruk, dan pepaya. Serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Dengan ini, kamu bisa merasa kenyang sepanjang hari dan mencegah timbulnya rasa lapar selama puasa.

2. Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Hal ini menjadi pantangan yang berat pada saat berbuka, karena setelah kamu menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, kamu pasti ingin menyantap makanan dan minuman yang manis untuk melepaskan rasa haus dan lapar kamu. Namun, ternyata hal ini malah membuat program diet kamu menjadi gagal.

Sebagai solusinya, kamu bisa menggantinya dengan makan kurma saat berbuka puasa. Kurma merupakan sumber gula yang baik dan kaya nutrisi, seperti serat yang tinggi, mangan, dan kalium. Selain disunnahkan, makan kurma bisa membuat program diet kamu berjalan lancar.

3. Menghindari Makanan Berminyak

Satu lagi pantangan besar saat berbuka puasa adalah membatasi makan makanan berminyak. Makan makanan berminyak seperti gorengan memang sangat menggiur setelah kamu menahan lapar selama lebih dari 12 jam. Namun, makan makanan berminyak secara berlebihan malah akan membuat program diet kamu menjadi gagal. Sebab, makanan berminyak banyak mengandung lemak, terutama lemak jenuh.

Selain menyebabkan peningkatan berat badan, lemak jenuh dapat memicu kolesterol jahat sehingga meningkatkan risiko munculnya penyakit jantung hingga diabetes. Kamu bisa menggantinya dengan makan buah-buahan dan sayuran sebagai santapan berbuka puasa.

4. Minum Air Putih

Selama puasa apalagi sambil diet, pastikan asupan air putih kamu tetap terpenuhi dan terjaga, tubuh kamu memerlukan air putih paling tidak 8 gelas per hari. Untuk memudahkannya, kamu bisa menggunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh hingga 30 persen. Semakin cepat metabolisme tubuh kamu bekerja, maka semakin banyak lemak dan kalori yang dibakar oleh tubuh kamu. Hal ini bisa membuat program diet kamu berjalan lancar.

5. Tetap Berolahraga

Menjalankan program diet memang tidak bisa lepas dari kegiatan yang satu ini, ada tips yang bisa kamu gunakan jika ingin berolahraga saat sedang menjalankan ibadah puasa, yakni:

  • Kamu bisa berolahraga saat sedang berpuasa pada saat sore hari, 30-60 menit sebelum waktu berbuka puasa, kamu bisa berolahraga seperti jogging, dan sedikit melakukan work out  
  • Lalu kamu bisa melanjutkan olahraga kamu, setelah berbuka puasa, saat setelah tubuh kamu sudah mendapatkan makanan dan minuman yang cukup
  • Agar efektif, kamu bisa jadwalkan untuk berolahraga minimal 30 menit per hari secara rutin. Jika dirasa masih berat, kamu bisa mengurangi waktunya menjadi 15-20 menit, lalu perlahan naik menjadi 30 menit. Yang terpenting adalah konsistensi.

Nah, itulah 5 tips menjalankan program diet yang bisa kamu lakukan bersamaan dengan menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya