Ketahui Cara Duduk yang Baik dan Benar, Kalo Salah Posisi Terus Nanti Ada Efeknya !

Seorang pekerja kantoran bekerja biasa dengan rata-rata 8 jam perhari yang hampir sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk saat bekerja. Duduk yang sangat lama dan berulang-ulang dapat membuat otot kaku dan membahayakan kesehatan Anda terutama bagian punggung atau tulang belakang Anda.

Maka dari itu, kita sebagai pekerja kantoran yang selalu duduk dalam bekerja harus mengetahui cara duduk yang benar selama bekerja agar terhindar dari beberapa penyakit dan membuat kita menjadi lebih relaks dan berkonsentrasi dalam bekerja.

  • Duduk dengan kondisi tegak kondisi punggung yang lurus dan bahu kebelakang, ketika Anda duduk posisi bokong Anda menyentuh bagian belakang kursi dan duduk dengan tegap berarti Anda diposisi yang benar. Sejajarkan meja tempat anda bekerja dan kursi yang anda duduki untuk memposisikan kondisi duduk Anda yang sempurna agar nyaman.
  • Letakan kaki ke lantai, tekuk lutut Anda pada sudut yang tepat, agar semua berat badan Anda terbagi merata diseluruh pinggul Anda. Hindari posisi kaki menyilang karena dapat menghambat aliran darah anda yang bisa menyebabkan keram atau kesemutan.
  • Jarak pandang dengan layar komputer Anda memiliki jarak yang pas. Sesuaikan posisi komputer Anda dengan mata Anda tidak lebih dari 2 inci, karena posisi yang tidak tepat antara layar dan mata anda bisa membebankan leher dan mata Anda.
  • Posisikan keyboard dan mouse yang benar. Posisi yang tidak benar dapat membuat tangan Anda menjadi tegang dan nyeri pada lengan. Posisikan keyboard 4-6 inci dari ujung meja untuk lengan Anda beristirahat dan posisikan mouse anda sejajar dengan keyboard dan tetap disamping tubuh Anda agar terhindar dari ketegangan pada lengan.
  • Posisikan barang-barang yang sering digunakan di area sekitar lingkungan Anda bekerja seperti steples, telepon atau sebagainya. Karena setiap anda bergerak jauh membutuhkan gerakan otot.
  • Istirahatkan tubuh Anda dalam beberapa waktu, berikan waktu istirahat pada lengan atau kaki anda sesekali saat bekerja. Duduk dalam waktu lama dapat membuat aliran darah kita terhambat dan meyebabkan otot kelelahan. Berdiri dan melakukan gerakan-gerakan relaksasi kecil untuk mengembalikan alirah otot yang terhambat, atau berjalan-jalan sebentar.
tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi