Tips Sharing Data atau Folder Menggunakan LAN

Fungsi LAN

Salah satu manfaat atau fungsi jaringan LAN (Local AreaNetwork) yaitu, sharing Data, File atau Folder

Supaya data kita dapat diakses atau digunakan bersamaan dengan computer lainnya, Cara menggunakan fiture sharing ini kalian tidak perludownload software atau aplikasi yang memudahkan kita menggunakan fiture dariMicrosoft Windows ini, karna cara menggunakannya pun cukup mudah.

Prosedur nya Kalian tinggal buat sebuah folder saja dan sharing folder tersebut, setelah folder tersebut tersharing, Kalian tinggalakses saja folder yang telah disharing tadi dan Data sudah bisa diakses.

Sebelum itu Kita harus tahu dulu syarat agar bisa Sharing Data itu apa, Syaratnya kita bisa sharing file atau folder, tentunya Kita memerlukan 2 komputer atau lebih, sebuah jaringan LAN yang sudah ter configurasi dan terkoneksi antara 2 komputer tersebut.

Oke, Lanjut ke cara nya, misalkan Kalian akan sharing folder pada Drive D

Buka My Computer (Logo Windows + E) dan pada driver D buatlah sebuah Folder, misalkan pada gambar, folder yang akan kita sharing adalah folder “SHARING POSCIETY”


Folder yang akan kita sharing
Setelah folder berhasil dibuat dan diberinama (terserah kalian nama foldernya apa), klik kanan pada folder tersebut dan pilih Properties

Pilih PropertiesPada menu Properties, pilih Tab Sharing dan klik Share…

Klik Share…Setelah itu keluar menu network access (menu untuk configurasi Access setiap account yang ada pada Komputer/Jaringan tersebut)

Buka Computer Management (Klik kanan di My Computer>Device Manager>Local User and Groups pilih User klik kanan dan pilih New User)

Isi kolom User name, Full name, Description kecuali kolom Password dan Confrm password (Kosongkan saja) Centang pada komen User must change password at next logon  dan klik Create dan Close.From New User
Setelah itu klik kanan pada User yang telah dibuat tadi dan pilih Set Password… > keluar Comment box Set Password for PosCiety (User baru)> klik Proceed dan keluar form Set Password for PosCiety (User baru), isi kolom New password dan Confrm password  klik OK.

Form password baruJika User baru sudah dibuat dan telah di set Password, sekarang tinggal akses folder yang telah disharing tadi.

Kita akan gunakan IP Address komputer yang telah sharing folder untuk bisa akses folder tersebut, caranya cek terlebih dahulu IP Address komputer tersebut.

buka Command Prompt/CMD (STAR ketik CMD), pada CMD ketik ipconfig, Perhatikan pada Command Prompt “Ipv4 Address. . . . . . . . . . . : 192.168.3.99”  saja, gunakan Ip Address tersebut pada PC ke-2 atau lainnya untuk bisa akses folder yang disharing tadi.

Cek IP Address PC-1

Pada komputer ke-2 atau lainnya, Tes koneksi terlebih dahulu, apa komputer satu, dua dan lainnya sudah terhubung satu sama lain?

Untuk cek koneksi tersebut, Buka menu CMD pada PC ke-2 atau lainnya (yang akan akses folder tadi), dan ketik perinteh “ping 192.168.3.99 -t”  Lihat pada gambar dibawah ya.

Penjelasan :

Ping                : Perintah untuk cek koneksi sebuah jaringan/atau hardware

192.168.3.99 : IP Address/ Alamat yang digunakan Komputer-1 

– T                    : Ping host yang ditentukan hingga berhenti

buka menu Star> Run> (dan panggil atau akses komputer yang telah sharing folder tadi), ketik Ip Address komputer 1 (192.168.3.99).

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi