Tips Terbaik Memilih Motherboard

Banyak sekali orang bilang bahwa Motherboard adalah organ paling penting blablabla… Hal itu memang benar dan tidak disalahkan, tapi menurut saya jangan berpikiran seperti itu terlalu serius. Karena kebanyakan fokus kepada Motherboard dengan cara berpikir seperti itu tapi komponen lainnya tidak diperhatikan.

Jadi bagaimana? Lebih baik berpikir seperti ini “bahwa semua komponen penting tidak ada yang di spesialkan“. Semua sama spesialnya, karena pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa komputer adalah para pekerja yang bekerja untuk memberi yang terbaik kepada pengguna komputernya. Tim kerja harus solid bagaimana? cek artikel sebelumnya biar lebih mantab.

*Socket/Prosesor

Socket yaitu tempat diletakkannya sebuah prosesor. Artinya socket adalah tempat yang berada di motherboard yang digunakan untuk meletakkan prosesor. Bermacam-macam jenis socket pada motherboard, ketika membeli prosesor harus yang sesuai untuk socket tersebut. Akan percuma jika membeli prosesor atau motherboard yang tidak sesuai.
Carilah Mobo yang memiliki socket LGA 1150 atau lebih. Karena pada saat ini banyak prosesor yang support socket tersebut seperti intel core i3, i5 dan terbaru.
Sedangkan untuk AMD pilihlah socket AM3 / FM2 / FM2+ dengan alasan yang sama karena banyak prosesor mantap yang menggunakan socket tersebut.
Saran untuk merk motherboard berdasarkan socket tersebut : ASUS, MSI atau Gigabyte.

*RAM

RAM atau Random Acces Memory ini sebagai media penyimpanan sementara untuk proses kerja sebuah komputer dan akan hilang setelah komputer mati. Selain socket, harus disesuaikan juga RAM yang akan digunakan. Pada memory atau RAM ada beberapa macam juga modelnya, DDR1, DDR2, DDR3, DDR4 dan yang lainnya. Maka harus di cek ketika beli mobo yang mempunyai slot RAM DDR3, otomatis memori atau RAM yang digunakan juga DDR3.
Tidak mungkin bisa dipasangkan jika DDR nya beda.
Pada motherboard juga terdapat macam macam slot yang disediakan, ada 2slot, 4slot dst. Tidak masalah slot akan diisi semua atau tidak, perhatikan juga budget. Kalo emang baru mampu satu RAM saja yang dipasang, sedangkan slot yang lain dikosongkan tidak jadi masalah. Namun untuk urusan kecepatan memory tentu akan terbatas apa lagi digunakan untuk aplikasi-aplikasi yang memang membutuhkan RAM lebih banyak. Cek juga kapasitas, berapakah kapasitas yang mampu ditampung oleh motherboard.
Macam-macam jenis motherboard untuk urusan kapasitas RAM. Ada yang 8GB, 16GB, dst. Jika kapasitas maksimal 16GB dan jumlah slot ada 2, artinya masing2 slot mampu menampung RAM maksimal 8GB.
Kemudian kecepatan RAM, perhatikan kecepatan RAM yang mampu ditampung oleh motherboard. Jangan asal pilih karena merk bagus atau terkenal. PERCUMA kalo memang tidak cocok. Misalnya mobo mampu memberi kecepatan pada RAM 1333Mhz, tapi RAM yang kita pasangkan 2400Mhz. Maka akan sia-sia dan tidak akan berfungsi karena kecepatannya berbeda walaupun kapasitas RAM sudah sesuai.
Untuk keperluan game dan untuk gamer sejati biasa gunakan 1600Mhz atau lebih dari itu akan lebih mantap. Walapun dibawah kecepatan itu masih bisa main game ko, tapi inilah khusus gamer sejati hehe biar makin jossss.
Merk RAM disarankan : G.Skill, Corsair, Crucial.

*PCIe

Apa itu PCIe? Yaitu slot untuk VGA atau biasa disebut Graphic Card. Karena sudah banyak PCIe yang support untuk menampilkan 3D dan dengan kecepatan lebih dibanding on board bawaan motherboard atau biasa disebut AGP, sejak pentium 4 sampai saat ini slot AGP sudah ditinggalkan banyak orang karena adanya slot PCIe yang mampu menggantikan posisinya dengan VGA merk-merk terkenal yang bisa dipilih pengguna sesuai kebutuhannya. Akan lebih puas jika menggunakan VGA selain bawaannya (on board).
Perhatikan juga VGA dari model DDR nya, kalo mobo sobat memang DDR3 maka carilah VGA yang DDR3 juga. Karena tidak akan bisa dipasangkan untuk DDR lain atau DDR yang berbeda.
Pada VGA tertera 32bit, 64bit, 128bit, dst. Maksud bit disini adalah jalur, sebesar apa jalur pengiriman data pada VGA ini. Semakin besar jalur tentu semakin cepat bukan ? Tapi kembali lagi, harus sesuai dengan mobo PCIe nya. Kalo mobo hanya mampu untuk VGA 128bit sedangkan kita gunakan lebih dari itu. Terbuang sia-sia seperti pinggiran jalan tol hehe…
Jalur memang besar pada VGA itu tapi data yang lewat cuma lewat tengah nya aja. Semacam itulah kira-kira penjelasannya. Dan ukuran VGA makin besar biasanya makin bagus tapi gak tahu juga gimana nanti kedepannya. Untuk VGA memang bermacam merk VGA tapi bukan chipset. Chipset VGA yaitu : Radeon, NVIDIA, INTEL. Untuk saat ini sih kalo ada atau pernah lihat selain yang disebutkan silahkan tinggalkan di kolom komentar ya…
Merk VGA disarankan : ASUS, Gigabyte, BIOSTAR, Digital Alliance.

*Kabel SATA

Adalah penghubung untuk menghubungkan host bus adapter dengan perangkat HardDisk atau Disc/Optical Drive. Ketika motherboard membutuhkan data dari HDD atau Disc maka lewat jalur SATA ini, Untuk slot SATA yang ada pada mobo itu macam-macam, ada 2slot, 4slot atau lebih.
Harus diperhatikan berapa kecepatan SATA pada motherboard tersebut. Misalnya 6GB/s maka HDD yang dihubungkan dengan SATA tersebut harus mempunya kecepatan 6GB/s juga. kalo cuma 3GB percuma saja. Kecepatan akan tetap 3GB/s.
Selain itu tentu kabel SATA nya juga harus 6GB/s, kalo 3 hal ini saling berbeda maka tidak akan maksimal.
Ada motherboard yang cuma menyediakan 1macam kecepatan, ada juga yang 2macam. Contoh, ada 4slot SATA pada mobo, 2 diantaranya 3GB/s dan 2lainnya 6GB/s. Hal ini tentu memudahkan penggunanya dalam memilih SATA yang sesuai dengan kabel SATA / HDD yang digunakannya.

KESIMPULAN

Hal-ha yang dijelaskan diatas merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan lebih serius lagi agar mencapai kepuasan maksimlal. Bukan berarti tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan, masih bisa digunakan bahkan dalam jangka waktu lama dan bisa dikatakan bagus tapi bayangkan jika kalian menggunakan yang sesuai dan masing-masing diatas semua nya cocok baik dari segi kecepatan, ukuran ataupun jenis socket nya.
Pasti lebih muantaaap… Memang sedikit sulit untuk beberapa kota / wilayah untuk menemukan semua hal tersebut saling cocok dan 100% sesuai, mungkin di kota-kota besar akan lebih mudah. Rasanya cukup penjelasan untuk motherboard, jika ada kekurangan mari tanya jawab di kolom komentar.
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi