Prosesor

Tips Terbaik Memilih Prosesor

Apa itu Prosesor?

Dari kalimatnya sudah bisa ditebak, yaitu sebuah alat / komponen komputer yang bekerja untuk memproses. Lengkapnya, Prosesor adalah bagian dari komputer yang biasa disebut CPU. Bekerja memproses segala kegiatan pada komputer dan memberikan tugas kepada komponen lain, juga menerima tugas dari komponen lain kemudian di proses oleh Porsesor. Begitulah kira2 penjelasannya. Setiap kegiatan yang akan diproses tentu dikerjakan oleh Prosesor, itu alasan kenapa disebut Prosesor. Jadi bisa diperkirakan tingkat kepentingannya luar biasa kan…
Merk Prosesor di dominasi oleh Intel & AMD
Saat ini banyak model Prosesor yang bisa dipilih sesuai selera, kebutuhan dan tentunya budget juga. Untuk memilih Prosesor, harus diketahui kebutuhannya. Untuk keperluan apa komputer akan digunakan?

KEPERLUAN

Komputer yang diperlukan untuk sesekali saja tidak terlalu sering dan mengutamakan tampilan yang halus dan mengutamakan untuk game / permainan PC maka disarankan menggunakan Prosesor AMD.

AMD / GAME

Prosesor AMD adalah prosesor yang lebih cepat tampilan grafisnya sehingga akan lebih baik tampilannya dan lebih halus dibanding Prosesor lain. Pada Prosesor AMD terdapat socket untuk Motherboard. Semua Proci pasti seperti itu, termasuk AMD ini. Pada AMD ada socket AM3, FM2, FM2+ (susunan socket AMD popular saat ini). Socket ini harus sesuai dengan socket pada Motherboard. Jika Motherboard sobat memiliki socket AM3 (contoh) maka AMD yang dibelipun harus ber-socket AM3. Mustahil untuk dipasangkan dengan socket yang berbeda. begitupun dengan socket FM2 dan yang lainnya. Kami sarankan antara 3 socket tersebut karena banyak Motherboard yang memiliki socket seperti itu, tentu hal ini memudahkan sobat saat ingin mengganti model Prosesor / upgrade Prosesor akan mudah menggantinya tanpa harus mengganti Motherboard juga. Atau sebaliknya.
AMD memang disarankan untuk para gamers atau pengguna komputer yang memang lebih mementingkan tampilan, dengan AMD tampilan akan lebih halus. Disarankan menggunakan AMD yang memiliki kecepatan diatas 2.5 / 3.0 Ghz agar tampilan lebih mantaaaab!
Kelemahan AMD adalah daya panas yang kuat, sudah bukan rahasia lagi bahwa AMD memang lebih cepat panas dibanding Intel. Ini disebabkan volt yang dikeluarkan lebih besar pada saat overlocking. AMD lebih mengutamakan penampilan yang baik, maka dia berikan tegangan tinggi demi menunjang penampilan yang baik.

Intel / Rutinitas

Komputer yang diperlukan untuk tugas sehari2 dan rutinitas setiap hari, bahkan dalam jangka waktu lama atau pemakaian yang melampaui batas. Disarankan menggunakan Intel.

Intel saat ini mengeluarkan generasi baru yaitu generasi ke-4 yang dinamakan Intel Hasswell, dengan kedatangan Intel Hasswell ini tentu memberikan kenyamanan yang lebih pada para penggunanya dibanding Intel sebelumnya seperti Ivybridge. Intel Hasswell lebih mantap dalam multitasking dan daya tahan panas juga kekuatan penggunaan. Selain itu support HD Audio, HD Graphics dan LAN dengan proteksi tinggi.
Saat ini banyak Motherboard / popular di masyarakat dengan socket yang mendukung prosesor Intel yaitu socket LGA 775, LGA 1150, LGA 1155 dst. Kami sarankan jika ingin menggunakan Proci Intel maka belilah Motherboard yang ber-socket LGA 1150 keatas. Dikarenakan popular LGA 1150 keatas tidak diragukan lagi, jadi saat ingin mengganti model Proci tidak perlu mengganti Motherboard juga. Tinggal dipilih saja banyak pilihannya untuk socket LGA 1150 keatas.

BUDGET

Jangan lupakan hal satu ini, budget itu penting hehe…
Tidak masalah membeli AMD atau Intel, tapi biasanya Intel memang lebih mahal dari AMD. Tapi harus dibandingkan dengan kebutuhan juga. Kasihan Prosesor AMD jika harus digunakan setiap hari dengan jangka pakai yang lama setiap harinya. Begitupun saat membeli Intel, buang2 uang saja kalo memang keperluan sobat adalah GAME. Walaupun Intel saat ini support HD Graphics untuk game / permainan, tetap saja AMD masih unggul untuk hal itu.

Jadi bagaimana ?

Pilihlah sesuai keperluan & budget.
Jika memilih AMD, sepertinya AMD dengan socket AM3 sudah cukup.
Jika memilih Intel, sepertinya Core i3 yang memiliki 2Core (inti) saja sudah cukup.

KECEPATAN

Jika sudah pasti memilih Prosesor yang akan digunakan, lihatlah kecepatan Prosesornya. Kemudian bandingkan dengan kecepatan Prosesor yang mampu ditampung Motherboard. Jika kecepatan Proci 3.0 Ghz sedangkan yang mampu ditampung oleh Motherboard hanya 2.5 Ghz tentu akan percuma, ini yang disebut bottleneck / penurunan performa. yang seharusnya performa komputer bisa mantap malah jadi kurang mantap karena salah pilih kecepatan saja.
Kalo sobat lebih sering multitasking dan penggunaan komputer cepat, maka disarankan menggunakan Prosesor yang memiliki kecepatan 3.0 Ghz keatas. Tentu sesuaikan dengan kecepatan CPU yang mampu ditampung oleh Motherboard ya… Baca Artikel : Tips Memilih Motherboard
Dengan kecepatan yang lebih, tentu Proci atau proses yang dilakukan prosesor lebih cepat, gak pake lola.
Selamat mencoba !
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi