7 Hal Ini Menjadi Tradisi Lebaran Idul Fitri, Pasti Terjadi!

Nggak kerasa ya bulan Ramadhan berlalu begitu cepat. Sebagian orang ada yang merasa senang karena sudah menginjak bulan Syawal lagi, yang pasti pada ngincer THR dan liburan panjangnya itu loh.

Sebagian orang pun ada yang merasa sedih berpisah dengan bulan Ramadhan karena merasa ibadahnya kurang maksimal selama bulan tersebut.

Mengapa hari raya Idul Fitri menjadi hari raya yang paling ditunggu- tunggu oleh semua orang? Hal itu dikarenakan banyaknya tradisi- tradisi yang jarang ada di hari raya lainnya, seperti di bawah ini:

1. Mudik

Mudik adalah kegiatan rutinan tahunan yang dilakukan para perantau untuk bertemu dengan keluarga serta sanak saudara di kampung halaman. Kebanyakan orang terutama pekerja melakukan mudik di saat hari raya Idul Fitri karena mereka mendapatkan jatah libur yang lumayan cukup lama.

Tak heran, arus jalan di arteri mengalami kemacetan yang cukup parah dikarenakan banyaknya pemudik.

2. THR

Posciety Readers pasti sudah tahu dong apa itu THR? THR merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya adalah pendapatan pekerja yang wajib dibayar oleh perusahaan kepada karyawan menjelang hari raya keagamaan, biasanya berupa uang.

Bagi para pekerja, THR itu penting karena selain untuk membeli pakaian baru, uang tersebut juga dipakai untuk berbagi kepada orang tua serta kepada sanak saudara seperti sepupu dan keponakan yang masih sekolah.

3. Silaturahmi (Halal Bihalal)

Silaturahmi adalah momen yang paling mengharukan saat lebaran. Dimana semua anggota keluarga berkumpul lalu bersalam- salaman, ujung- ujungnya pada nangis karena inget akan dosa masing- masing.

4. Ketupat & Kue Lebaran

Buat para ladies siap-siap kewalahan nih :p Menjelang lebaran begitu banyak hidangan yang disajikan untuk menyambut para tamu saat lebaran, mulai dari ketupat, opor ayam, soto, sambal goreng kentang, rendang, dll.

Selain itu, para ladies membuat berbagai macam kue, seperti kastengel, putri salju, sagu, kue semprit, dan lain- lain.

5. Ziarah Makam

Ziarah ke makam apalagi ke makam orang tua itu disunahkan dan dianjurkan karena menjadi sebagai salah satu sarana agar seorang Muslim selalu beriman dan mengingat kematian.

Dengan ziarah kubur, umat Islam akan mengingat bahwa kematian itu benar adanya alias nyata.

6. Baju Baru

Jangan heran pada saat menjelang lebaran tempat perbelanjaan seperti mall, toko, dan bahkan toko online selalu penuh dikunjungi. Ini mungkin karena efek diskon yang ditawarkan atau bisa juga karena sudah cairnya THR jadi orang-orang berkesempatan belanja baju baru pada saat lebaran dengan uang yang lebih banyak dari biasanya.

7. Zakat Fitrah

Zakat fitrah adalah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

Besarnya zakat yang dikeluarkan sebesar satu sha’ atau kira-kira setara dengan 3,5 liter atau 2,7 kg makanan pokok (beras, tepung, kurma, gandum, dan lain- lain) atau yang biasa dikonsumsi di daerah yang bersangkutan.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi