Apa Itu Centang Biru di Tinder? Bagaimana Cara Mendapatkannya?

0

Tidak mau kalah, Tinder pun memiliki ikon centang warna biru yang ikonnya mirip seperti centang biru di Twitter. Centang biru di Tinder ini merupakan salah satu informasi bahwa akun tersebut sudah terverfikasi

YouTube memiliki ikon verifikasi centang, Facebook memiliki ikon centang biru, sampai akun Instagram pun memiliki centang biru untuk akun yang terverifiaksi, semua media memiliki ikon centang untuk menandakan bahwa akun tersebut sudah terverifikasi dan real yang biasanya ditandai dengan tanda centang berwarna biru.

Tidak mau kalah, Tinder pun memiliki ikon centang warna biru yang ikonnya mirip seperti centang biru di Twitter. Centang biru di Tinder ini merupakan salah satu informasi bahwa akun tersebut sudah terverfikasi keasliannya berdasarkan pengambila foto wajah dari semua sisi.

Cara Mendapatkan Centang Biru di Tinder

Buat kamu yang mau punya tanda centang biru di Tinder, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Tinder

    Buka aplikasi Tinder seperti biasa dan login menggunakan akun yang ingin kamu verifikasi.

  2. Ketuk Ikon Profil

    Ketuk ikon profil di pojok kanan atas.

  3. Ketuk Ikon Centang Abu-Abu

    Pada nama dan usia akun Tinder kamu terdapat tanda centang warna abu-abu yang artinya belum terverifikasi, ketuk untuk mulai melakukan verifikasi.

  4. Verify Your Profile

    Akan muncul layar popup dengan penjelasan singkat tentang apa itu ikon verifikasi warna biru di Tinder, ketuk tombol Verify you age jika menggunakan bahasa Inggris untuk memulai verifikasi.

  5. Bergaya!

    Akan muncul beberapa foto sebagai contoh dan harus kamu ikuti gayanya, pose foto tersebut harus kamu ikuti agar Tinder bisa membaca muka kamu dan memverfiikasinya. Ikuti pose foto sampai selesai.

  6. Submit for Review

    Jika semua pose foto sudah diikuti dan kamu yakin posenya sudah sama, klik tombol Submit for Review untuk mengirim pose foto kamu ke pihak Tinder untuk dilakukan verifikasi.

Setelah selesai dikirim semua pose foto, pihak Tinder akan melakukan peninjauan terlebih dahulu dan kamu akan diberitahukan apakah verifikasi diterima / ditolak.

Jika pengajuan verifikasi diterima, maka pada profil Tinder kamu akan muncul centang biru seperti pada profil-profil berikut:

centang biru verified icon tinder

Jika pengajuan verified badge ditolak, kamu dapat melakukan pengajuan kembali karena Tinder tidak memiliki batas sampai kamu berhasil terverifikasi.

Jika sudah terlalu sering ditolak, kamu harus mengetahui bagaimana cara kerja sistem verifikasi Tinder itu sendiri.

Cara Kerja Verifikasi Tinder

Seperti yang kita ketahui, Tinder memberikan centang biru pada para penggunanya dengan melakukan verifikasi foto wajah sesuai pose yang ditentukan oleh Tinder seperti cara di atas. Singkatnya, Tinder menggunakan facial geometry dalam sistem verifikasinya.

Verifikasi foto ini memiliki dua langkah, yaitu: Verifikasi pose dan verifikasi wajah. Kamu akan menerima status “terverifikasi” setelah foto selfie kamu lolos sistem verifikasi pose dan wajah.

Verifikasi pose ini diambil dari geometri pose dari foto selfie kamu menggunakan teknologi computer vision, menentukan apakah geometri pose sesuai dengan yang ditentukan oleh Tinder.

Verifikasi wajah mendeteksi wajah kamu dalam selfie dan foto profil Tinder kamu, mengekstrak geometri wajah menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menghasilkan nomor unik atau yang lebih dikenal dengan istilah “template”. Jika template selfie kamu cocok dengan template dari gambar profil kamu, sistem Tinder akan menganggap kamu adalah orang yang asli.

Sampai sini harusnya kamu sudah mendapatkan tips dan trik nya, ya, kamu harus mengurangi foto profil kamu terlebih dahulu sisakan satu atau dua foto profil saja yang tidak terlalu rumit. Misalnya foto selfie dari depan tanpa ada coretan-coretan atau benda-benda yang menghalangi wajah. Setelah itu, baru deh kamu minta verifikasi lagi dengan cara-cara di atas.

Lalu, setelah proses verifikasi selesai, apakah foto saya akan muncul di foto profil? Tidak, foto tidak akan tampil di profil karena itu hanya pose selfie untuk proses verifikasi saja, bahkan foto tersebut akan dihapus oleh Tinder setelah proses verifikasi selesai, baik disetujui ataupun ditolak. Tenang saja, karena foto profil itu hanya bisa kamu tambahkan melalui upload foto di akun Tinder.

Dikutip dari Tinder: “Geometri pose dan geometri wajah kamu dihapus setelah verifikasi selesai. Foto selfie Anda tidak ditambahkan ke profil Anda, tetapi disimpan di server kami untuk memudahkan Anda memverifikasi ulang di masa mendatang”.

Jadi, jika kamu ingin menghapus foto selfie kamu ketika melakukan verifikasi, kamu harus menghubungi tim Tinder disini. Tapi, sepertinya hal itu tidak perlu dilakukan karena Tinder sudah menyatakan bahwa foto profil kamu aman di server Tinder dan tidak dimunculkan di profil Tinder kamu.

Kebijakan Tinder untuk Penyimpanan dan Pembinasaan Informasi Biometrik

Penyimpanan

Informasi biometrik yaitu geometri wajah yang memungkinkan pihak Tinder melakukan pengenalan wajah pada saat selfie dan gambar profil kamu untuk tujuan verifikasi akun kamu.

Hanya dibuat dan disimpan dengan persetujuan kamu selama proses verifikasi akun. Biasanya, ini selesai dalam hitungan menit. Setelah verifikasi akun kamu selesai, informasi biometrik akan dihapus. Pihak Tinder menyimpan foto selfie yang kamu ambil agar Tinder dapat memverifikasi ulang dengan mudah di masa mendatang, tetapi informasi pengenalan wajah yang diambil dari foto tersebut akan dihapus.

Pembinasaan

Saat Tinder menghapus informasi biometrik setelah proses verifikasi selesai, informasi tersebut akan dihapus secara permanen dari sistemnya dan tidak dapat dikembalikan lagi. Jadi, ketika kamu memverifikasi ulang setelah gagal verifikasi sebelumnya, Tinder benar-benar membaca wajah dan pose kamu sebagai baru, namun Tinder bisa saja membandingkan dengan foto kamu (bukan biometrik) sebelumnya.

Nah, setelah mengetahui sistemnya, kamu bisa jadikan sebagai trik bagaimana kamu harus melakukan verifikasi akun di Tinder agar mendapatkan centang biru. Siapkan kuota Tinder dan lakukan verifikasi ulang sekarang, semoga berhasil!

Artikel Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya