Text Transition Diatas Video Pada Adobe Premiere Pro


Hal seperti ini juga bisa dilakukan untuk membuat terjemahan film atau video lirik lagu. Di Adobe Premiere Pro banyak sekali preset transition yang dapat kita gunakan untuk membuat animasi sebuah element termasuk text. Sedangkan untuk menyimpan text diatas video cukup klik menu “Title” di menu bar atas ->New Title” dan pilih “Default Still” (untuk text dasar dan sederhana).

Setelah lakukan cara itu maka akan muncul jendela popup kecil untuk settingan sebelum masuk ke bagian text. Disini kalian bisa atur lebar keseluruhan layar tulisan nanti dan tingginy, bisa atur nama judul dari text yang akan dibuat.

Kalo tidak yakin, silahkan langsung saja klik tombol “Ok“. Ketika di klik “Ok” maka akan muncul tampilan jendela popup untuk mulai membuat text seperti pada gambar ini (lihat gambar).

Disini kalian bisa mulai mengklik ikon “T” di kiri atas untuk merubah cursor menjadi “Type Tool” (untuk menulis dan bisa juga klik ikon panah di ujung kiri atas “Selection Tool” untuk merubah mouse pointer kembali seperti semula untuk menggeser-geser / merubah posisi text nya nanti.

Ketika “Type Tool” dipilih, silahkan klik ditengah layar dan mulai menuliskan sesuatu. Untuk merubah warna, ukuran atau gaya lainnya silahkan blok tulisannya yang akan diubah gayanya kemudian pilih gayanya di tab “Title Properties”┬áseperti pada gambar ini (lihat gambar).

Kalo pilihan di kanan seperti gambar diatas tidak ada / tidak muncul di layar kalian, coba pastikan terlebih dahulu kalian sudah memblok tulisannya.

Disini kalian bisa ganti warna, ukuran font, bayangan dan banyak lagi gaya lainnya. Bisa di coba sendiri di menu yang sebelah kanan layar. Kalo dirasa sudah selesai sama editan nya, klik tanda silang (x) di pojok kanan atas (close untuk jendela popup pengeditan / pembuatan text). Maka tulisan yang sudah kita buat barusan muncul di tab “Project” di kiri bawah bersamaan dengan file – file video / gambar yang kalian import ke Adobe Premiere.

Sekarang, untuk menambahkan / memunculkan tulisan tersebut pada video, gambar atau squence kalian silahkan klik kiri pada text yang baru dibuat barusan dan tarik ke squence (seperti kalian memasukkan video / gambar atau file lainnya ke squence). Sekarang coba mainkan maka text yang kalian buat akan muncul di layar video.

Mudah kan ? Lihat : Video Tutorial Cara Membuat Transisi Tulisan Diatas Video.

Untuk mengedit ulang text yang sudah ditarik ke squence silahkan klik 2x (dua kali) pada text yang ada di squence yang mau di edit maka akan muncul jendela popup yang seperti tadi ketika membuat text.

Selamat mencoba !


Jangan Lupa Share !!!

54
9 shares, 54 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
3
Bingung
Kesal Kesal
1
Kesal
OMG OMG
3
OMG
Takut Takut
2
Takut
Keren Keren
10
Keren
Sedih Sedih
5
Sedih
Posciety Tech

Advanced Competent

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia teknologi. Dikelola oleh tim Posciety Tech.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki