Tutorial Memasang Dasi Paling Praktis Bagi Pemula dengan Simpul Full Windsor Knot

Dasi merupakan salah satu aksesoris pelengkap pakaian formal. Terlebih bagi pria, mulai dari sekolah sampai bekerja, menggunakan dasi merupakan hal yang lumrah, bahkan dalam beberapa instansi tertentu memakai dasi merupakan suatu peraturan yang harus dipatuhi.

Dasi sendiri mempunyai jenis dan keguanaan yang berbeda-beda. Beberapa dasi yang paling populer dan paling sering digunakan adalah dasi panjang, yang juga terdiri dari beberapa jenis terpopuler yakni apron necktie (yang sering kita temui ).

Serta skinny ties yang hampir sama dengan apron necktie namun lebih ramping pada bentuknya. Selain dasi panjang, juga terdapat bow tie atau sering kita sebut dasi kupu-kupu, ascot tie yang mempergunakan sapu tangan, hingga bolo tie yang menggunakan tali dan pin.

Tapi ternyata gak semua orang tahu bagaimana cara memasang dasi dengan menggunakan simpul yang mudah dan praktis. Bagi mereka yang tak ingin direpotkan hanya dengan persoalan memasang dasi lebih memilih alternatif membeli dasi dengan perekat diatasnya. Padahal memasang dasi menggunakan simpul juga gak kalah mudah dan praktis lho!

Nah buat kamu yang belum tahu cara memasang dasi memakai simpul dengan praktis dan cepat, yuk ikuti langkah-langkah dibawah ini!

Simpul Dasi “Full Windsor Knot”

Pasang dasi dengan memposisikan bagian ujung yang lebih besar di sebelah kanan dengan lebih panjang dibanding ujung kecil lainnya.

gambar 1 - membuat dasi

Setelah itu silangkan ujung yang lebih pendek ke belakang ujung yang lebih panjang sehingga bertukar posisi seperti gambar dibawah ini.

gambar 2 - melipat bagian belakang dasi

Setelah itu, kamu bisa menarik ujung yang lebih panjang ke belakang dan menarik ke atas, kedalam simpul dan menarik sampai lebih kencang seperti gambar selanjutnya.

gambar 3 - mengikat dasi manual

Setelah ujung yang lebih besar berada di sebelah kanan kembali, tarik memutar kebelakang hingga kembali berada di sebelah kiri dengan posisi horizontal.

gambar 4 - melipat dasi sendiri

Kemudian, tarik kembali kedalam simpul menutupi simpul yang sebelumnya, dan menarik kearah belakang, sehingga ujung yang lebih besar kembali berada di sisi kanan.

gambar 5 - mengikat dasi sendiri

Kemudian, kembali tarik menjadi posisi horizontal ke sebelah kiri, bedanya kali ini tarik ke arah depan seperti gambar.

gambar 6 - melipat dasi panjang

Lalu, kamu bisa menarik ujung dasi yang lebih besar ke belakang, dan masukan kedalam simpul yang paling depan seperti gambar.

gambar 7 - model dasi

Langkah terakhir, tarik bagian depan dasi dan sesuaikan dengan seleramu, setelah cukup kencangkan dasi dengan menarik ujung belakang yang lebih pendek.

gambar 8 - jenis dasi

Agar lebih rapi, kamu dapat memasukan ujung belakang kedalam ring yang tersedia di bagian belakang ujung dasi bagian depan. Lihat gambar bagian belakang!

gambar 9 - nama model dasi

“Full Windsor Knot” memberikanmu simpul dasi yang tergolong besar. Cara memakai dasi satu ini cocok untuk orang-orang bertubuh tinggi dan lebar sehingga dasi terlihat sebanding dan proporsional.

gambar 10 - tutorial mudah membuat dasi sendiri

Jangan Lupa, Pilih Dasi yang Sesuai Ukuran Tubuh

Meskipun Simpul “Full windsor knot” ini sangat cocok untuk postur tinggi besar, namun ternyata kamu yang berubuh sedang pun tak perlu ragu memakai simpul ini. Hanya saja kamu harus memperhatikan ukuran dasi yang kamu pilih. Karena ukuran dasi yang tidak sesuai tentu akan mempengaruhi penampilan kamu.

Lebar dasi dengan ukuran normal biasanya 8 – 9 cm atau 3.75 inci, sedangkan untuk panjangnya adalah sekitar 130 – 150 cm atau 51 hingga 59 inci. Buat kamu yang memiliki postur tinggi besar, akan lebih cocok mengenakan dasi dengan ukuran lebar 3.25 – 3.75 inci. Sedangkan, bagi yang memiliki postur tubuh lebih pendek, dasi dengan ukuran 2 – 2.75 inci akan sangat cocok kamu kenakan.

Usahakan ukuran dasi yang kamu pakai tidak menyentuh ikat pinggang atau celana kamu ya. Agar tidak terlihat longgar atau kepanjangan.

Nah, bagaimana? Memasang dasi dengan simpul sendiri juga sangat mudah bukan? Kamu bisa mempraktekan ini dengan mudah, praktis dan cepat. Selamat mencoba!

gambar 11 - model lipat dasi Full windsor knot
tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi