Tutorial Menggambar Doraemon Paling Mudah Untuk Pemula

Siapa sih yang nggak kenal sama Doraemon? Ya, semua kalangan termasuk kamu pasti mengenal serial anime yang biasa menemani kemalasan di akhir pekan. Animasi yang berasal dari jepang ini seperti serial yang gak pernah membosankan dan ditonton hampir semua kalangan.

Bayangkan saja, Animasi yang tayang sejak 1973 ini sudah menemani anak-anak dari lintas generasi selama hampir setengah abad. Wah, lama juga ya!

Robot kucing lucu dan ngegemesin ini jadi favorit anak-anak di seluruh dunia. Bagaimana enggak? Enggak ada yang bisa mengalahkan imajinasi anak-anak akan beragam peralatan ajaib yang dikeluarkannya dari kantong ajaib.

Alat andalan yang paling populer dan ingin dimiliki oleh penontonnya sudah pasti baling-baling bambu dan pintu kemana saja. Bayangin deh, kalau kita punya dua alat itu, kita bisa pergi kemana saja, tanpa mengeluarkan uang dan terbebas dari kemacetan. Wah, senangnya!

Tutorial Menggambar Doraemon

Nah, saking banyaknya penggemar fanatik Doraemon, banyak banget lho ternyata yang menginginkan hidupnya dipenuhi gambar animasi ini. Mulai dari konsep kamar, pakaian, bahkan hingga konsep dekorasi pernikahan.

Tapi banyak juga diantara penggemar yang bahkan sama sekali kesulitan untuk menggambar kartun kesukaannya. Makanya, untuk mewujudkan keinginan para penggemar, kita akan membahas tutorial menggambar Doraemon paling mudah dipahami oleh pemula.

Membuat Bagian kepala Doraemon

Pertama, kamu dapat membuat kepala Doraemon dengan pedoman lingkaran. Lingkaran ini dapat berguna sebagai garis bantu yang memudahkan membentuk bagian kepala Doraemon nantinya.

gambar 1 - membuat kepala doraemon

Selanjutnya kamu bisa membuat garis vertikal dan horizontal yang membagi lingkaran tadi menjadi empat bagian.

gambar 2 - membuat bagian kepala doraemon

Langkah ketiga, cobalah membuat garis berbentuk oval didalam lingkaran tadi dimulai dari ujung atas garis vertikal sampai hampir menyentuh dasar garis lingkaran.

gambar 3 - membuat oval bagian kepala doraemon

Setelah itu, buatlah dua garis oval masing masing disisi kanan kiri garis vertikal bagian atas, dua garis oval ini sebagai mata doraemon, maka sebagian garis oval memotong garis oval yang dibuat dilangkah ketiga.

gambar 4 - membuat oval mata gambar doraemon

Kemudian, buatlah hidung Doraemon dengan membentuk sebuah bulatan yang ukurannya lebih kecil dibandingkan mata Doraemob tepat diantara kedua mata Doraemon.

gambar 5 - membuat hidung doraemon

Setelah terbentuk mata dan hidung Doraemon, Langkah selanjutnya adalah membentuk mulut Doraemon. Kita disini akan membentuk mulut Doraemon yang sedang tersenyum lebar. Bentuklah mulut seperti gambar dibawah usahakan tidak melebih garis oval yang berada di dalam lingkaran agar terbentuk seimbang dan sempurna. Dan untuk membentuk lidah, triknya kamu bisa mencoba untuk membentuk love tapi setengah aja karena akan dipotong oleh garis bibir doraemon.

gambar 6 - membentuk mulut doraemon

Langkah selanjutnya adalah membentuk kumis Doraemon. Kamu bisa menambahkan tiga garis untuk kumis diantara mulut dan mata. Sesuaikan bentuknya seperti kucing.

gambar 7 - membuat kumis doraemon

Untuk kalung Doraemon, bentuk kalung seperti gambar pada bagian bawah lingkaran yang menjadi kepala Doraemon. Jangan lupa untuk menambahkan lonceng dengan bentuk yang bulat dan letakkan tepat pada garis vertikal yang telah tadi kamu buat.

gambar 8 - membuat kalung doraemon

Membuat Bagian Badan Doraemon

Setelah bagian kepala terbentuk, saadtnya untuk membuat badan Doraemon. Cobalah untuk membuat kotak yang tidak sempurna dengan cara menarik garis dari ujung kalung yang satu dan ditarik agak melengkung hingga ujung kalung berikutnya.

gambar 9 - membuat bagian badan doraemon

Kemudian, saatnya kita menggambar tempat kejaiban itu bermula, ya ayo kita menggambar kantung ajaib Doraemon. Buatlah bentuk seperti garis lengkung kebawah membentuk huruf U. Lalu setelah itu buatlah kantong Doraemon dengan membentuk setengah Lingkaran yang berada di dalam garis berbentuk U yang sudah kamu buat tadi. Badan Doraemon sudah terbentuk.

gambar 10 - membuat gambar kantung ajaib doraemon

Membuat Bagian Lengan dan Kaki Doraemon

Bagian ini merupakan bagian yang paling mudah. Untuk membentuk tangan, tari garis oval yang cukup panjang dan tipis di dua sisi badan yang berbeda. Dan untuk membentuk kaki, tinggal membentuk dua kotak tanpa tutup tapi dengan setiap ujung yang tumpul di bagian bawah tubuh.

gambar 11 - membuat lengan tangan doraemon

Selanjutnya, yang harus kamu lakukan adalah membuat sepatu dan tangan. Untuk membentuk tangan Doraemon itu sangat mudah, kamu cukup menambahkan lingkaran atau bulatan pada ujung lengan dan untuk sepatu kaki, buat saja bentuk oval yang tebal dan agak panjang dengan posisi tidur. Kamu bisa melihat gambar Doraemon bila masih kebingungan.

gambar 12 - menggambar doraemon

Tahap Akhir – Penyelesaian Gambar Doraemon

Pertama, kamu harus menghapus setiap garis bantu dan beberapa garis yang terpotong oleh garis yang lain untuk menyisakan garis yang diperlukan dalam membentuk gambar doraemon. Untuk lebih mudahnya coba lihat garis biru dan merah yang ada pada gambar, itu merupakan garis bantu yang sudah kamu buat sebelumnya dan bisa kamu hapus untuk melihat sketsa dari gambar Doraemon yang sudah kamu buat.

Setelah garis bantuk kamu hapus semua, kini saatnya untuk kamu mempertebal gambar garis yang tersisa dari yang sudah kamu buat. Tebali semua garis untuk membentuk gambar kartun Doraemon yang kuat.

gambar 13 - cara menggambar doraemon untuk pemula

Gambar Doraemon siap untuk diwarnai agar semakin mirip dengan aslinya.

Ternyata menggambar Doraemon semudah itu ya! kalau kamu tertarik kamu bisa mencoba langkah-langkah diatas, Selamat mencoba!

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi