Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Nasional dan Internasional, Usia Muda Memiliki Ukuran Lapangan Lebih Kecil

Pada bulan Maret 2008, IFAB mencoba untuk mengadakan standardisasi ukuran lapangan sepak bola. Lapangan untuk pertandingan internasional...


Lapangan pertandingan sepak bola (juga dikenal sebagai football field atau lapangan hijau) adalah permukaan tanah lapang untuk pertandingan sepak bola yang umumnya berupa lapangan rumput alami atau rumput sintetis. Aturan mengenai bentuk dan ketentuan lebih lanjut tercantum dalam pasal pertama dari LOTG, “The Field of Play”.

Standar Nasional dan Internasional

Semua wilayah di dalam garis lapangan pada lapangan adalah bagian dari area permainan. Pelanggaran yang dilakukan di bagian seluas 16,5 meter (18 yard) pada pertahanan tim (area penalti) dapat menghasilkan tendangan penalti. Oleh karena bola harus benar-benar melewati garis lapangan untuk keluar dari area permainan, maka bola harus sepenuhnya telah melewati garis gawang (antara dua tiang gawang) saat gol disahkan, jika ada sebagian dari bola yang masih berada di garis gawang, bola tersebut masih dalam area permainan.

Meskipun sering dimaknai sebagai garis dalam antara kedua tiang gawang, garis gawang sebenarnya diukur dari kedua ujung lapangan, dari satu bendera sudut ke bendera yang lain. sedangkan, garis byline merujuk pada garis gawang di luar area gawang.

Sisi kanan dan kiri lapangan yang membatasi antara wilayah permainan dan wilayah luar disebut “garis lapangan” (panjang lapangan), sementara sisi lain (lebar lapangan) di area pertahanan disebut garis gawang.

Panjang lapangan harus berukuran antara 90 hingga 120 meter (100 hingga 110 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional), dan lebar lapangan antara 45 hingga 90 meter (64 dan 75 meter untuk pertandingan resmi tingkat internasional) dan harus berbentuk persegi panjang.

Semua garis harus memiliki luas yang sama dan tidak melebihi 12 cm (5 inchi). Keempat sudut lapangan harus dibatasi oleh bendera sudut. Lingkaran pusat adalah istilah lain untuk garis melingkar dengan jari-jari 9.5 m (10 yard) di tengah area lapangan.

Pada bulan Maret 2008, IFAB mencoba untuk mengadakan standardisasi ukuran lapangan sepak bola. Lapangan untuk pertandingan internasional disebut harus memiliki ukuran 105 x 68 meter.

Akan tetapi, pada pertemuan khusus IFAB berikutnya disepakati bahwa penerapan standardisasi ini akan ditunda, menunggu penghitungan dan kesepakatan oleh seluruh anggota di tingkat internasional.

Kelompok Umur

Dirangkum dari buku Panduan FIFA Grassroot, berikut standar ukuran lapangan sepak bola berdasarkan usia:

  1. U8 menggunakan ukuran lapangan permainan yang sama dengan U10, yakni 20 X 40 atau 30 X 50 meter.
  2. U10 lapangan permainannya 20 X 40 (30 X 50) meter, dengan jumlah pemain 7 lawan 7.
  3. U12 melakukan pertandingan di lapangan permainan yang berukuran 40 x 60 (50 x 70) meter, 9 lawan 9.
  4. U13 menggunakan lapangan dengan ukuran 90 X 60 METER, 11 LAWAN 11.
  5. U14 ke atas menggunakan ukuran lapang sesuai standar nasional dan internasional.

Jangan Lupa Share !!!

111
14 shares, 111 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
7
Bingung
Kesal Kesal
5
Kesal
OMG OMG
7
OMG
Takut Takut
6
Takut
Keren Keren
4
Keren
Sedih Sedih
9
Sedih
Posciety Sports

Newbie

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia olahraga.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki