Video 4K YouTube Kini Bisa Ditonton di Smartphone Android

0

Pengguna Smartphone Android sekarang gak harus pake PC, Laptop, ataupun Smart TV untuk bisa menikmati video beresolusi 4K di YouTube, cukup lewat Smartphone, pengguna bisa menikmati kejernihan dan ketajaman dari video yang memiliki resolusi 4K tersebut.

Kabar gembira buat kamu yang mempunyai Smartphone berbasis Android, sebab kini pengguna Smartphone berbasis Android bisa memutar video resolusi 4K di aplikasi YouTube. Sebelumnya, pengguna Smartphone Android paling maksimal hanya bisa memutar video resolusi 1440p.

Hal ini membuat pengguna Smartphone Android bisa sejajar dengan pengguna iOS, sebab sebelumnya pengguna iOS sudah terlebih dahulu bisa memutar video resolusi 4K di YouTube lewat Smartphone iPhone bersamaan dengan peluncuran iOS 14.

Lewat pembaruan ini, kini pengguna Smartphone Android sudah bisa memilih resolusi dari yang terkecil (140p) hingga yang terbesar (2160p) di YouTube. Meski begitu, saat ini baru satu Smartphone yang layarnya sudah mendukung video beresolusi 2160p yakni Sony Xperia 1 ii. Sedangkan, pengguna Smartphone Android yang layarnya masih mendungkung video beresolusi 1440p atapun 1080p tetap bisa menikmati video beresolusi 2160p, namun kualitas video tetap akan menyesuaikan dengan kualitas resolusi yang mendukung Smartphone tersebut.

ads by posciety

Jadi, bagi pengguna Smartphone yang masih mendukung video resolusi 1440p dan 1080p ketika pengguna tersebut memutar video resolusi 2160p di YouTube, yang muncul nantinya hanyalah kualitas video resolusi 1440p ataupun 1080p bukan 2160p meski mereka memutar video beresolusi 4K tersebut.

Namun setidaknya bagi pengguna Smartphone Android, kini mereka tidak harus menggunakan PC, Laptop, ataupun Smart TV untuk bisa menikmati video beresolusi 4K di YouTube, cukup lewat Smartphone, pengguna bisa menikmati kejernihan dan ketajaman dari video yang memiliki resolusi 4K tersebut.

Tapi, untuk menikmati video beresolusi 4K ini kamu harus mempunyai koneksi internet atapun wifi yang cepat dan stabil, sebab dengan kualitas video yang dihasilkan semakin bagus, jernih, dan tajam, maka memerlukan kuota / paket data yang lebih besar dibandingkan video beresolusi 1440p maupun 1080p.

Apalagi jika kamu tidak menggunakan wifi, melainkan menggunakan data selular, kamu harus siap mengeluarkan ratusan Megabyte (MB) hingga sampai Gigabyte (GB) untuk memutar satu video kualitas 4K di YouTube. Jika tidak didukung oleh koneksi internet yang cepat dan stabil, dikhawatirkan akan terjadi buffering ketika memutar video berkualitas 4K tersebut.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari YouTube maupun Google mengenai pembaruan ini. Dari YouTube sendiri, kini mereka sedang melakukan pembaruan dengan meluncurkan fitur YouTube Shorts, fitur ini diklaim mirip seperti aplikasi yang saat ini sedang populer, TikTok. Namun YouTube Shorts ini baru bisa digunakan oleh pengguna YouTube Amerika Serikat. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kapan fitur ini akan diedarkan secara global, termasuk ke Indonesia.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya