WhatsApp Hadirkan Fitur Nonton Video Melayang Dalam Aplikasi, Begini Caranya!

WhatsApp“, perusahaan teknologi perpesanan yang belum lama ini menjadi anak perusahaan Facebook telah meluncurkan fitur baru “PIP” (Picture in Picture) dalam aplikasi perpesanannya. PIP memang bukan teknologi baru, tapi WhatsApp baru-baru ini baru menggunakannya.

Apa itu PIP ? PIP merupakan beberapa lapisan layer yang dapat menampilkan media di atas elemen lain sehingga video terlihat melayang dan setiap layernya dapat berfungsi dengan baik, jika memahami sedikit mengenai programan mungkin pasti pernah mendengar istilah PIP.

PIP ini hadir di aplikasi WhatsApp di versi terbaru saat ini (2.12.380, versi bervariasi berdasarkan perangkat) bertujuan untuk memudahkan para penggunanya menonton video dari pihak ketiga (YouTube, Facebook, Instagram) sambil menulis pesan di layar obrolan WhatsApp.

PIP WhatsApp ini telah lebih dulu hadir di iOS, bagi pengguna Android, periksalah versi WhatsApp yang Anda gunakan saat ini atau langsung Update aplikasi WA Anda di Play Store sekarang juga untuk merasakan PIP !

Seperti yang terlihat pada gambar, ketika mengklik video YouTube yang dibagikan ke WhatsApp maka akan secara otomatis menampilkan layar melayang di dalam aplikasi WhatsApp sehingga memudahkan Anda untuk membalas pesan tanpa kehilangan cerita dalam video yang dibagikan.

Sayangnya, video player ini belum sehebat yang dibayangkan. Ketika melihat video dalam tampilan melayang, Anda harus menyaksikannya hingga selesai karena jika ditutup kemudian dimainkan lagi akan mengulang video ke bagian awal.

Kontrol yang tersedia pada video WhatsApp melayang ini hanya tersedia pause, play, tutup, dan full screen. Untuk mempercepat dan memundurkan video, Anda perlu melihatnya dalam tampilan full screen.

Masih ada kemungkinan WhatsApp akan menghilangkan fitur video melayang ini, jika ternyata fitur ini tetap hadir di WhatsApp bahkan menjadi permanen sepertinya akan dikembangkan menjadi lebih baik lagi dari rilis pertamanya ini.

Cara Nonton Video Melayang di WhatsApp

Seperti yang dijelaskan di atas, tidak ada tips dan trik khusus untuk menggunakan fitur ini. Anda cukup memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbarunya saat ini karena beberapa versi Android bisa saja memiliki versi WhatsApp yang berbeda.

Cobalah share video YouTube / Facebook / Instagram ke teman atau grup WhatsApp, klik video yang Anda bagikan di dalam pesan WhatsApp maka secara otomatis WhatsApp akan memainkan video dalam tampilan melayang seperti pada gambar di atas.

Gunakanlah wallpaper WhatsApp yang tidak menyakitkan mata, karena ketika melihat video melayang seperti ini artinya tampilan pesan hanya telriaht sedikit bahkan tertutup ketika menampilkan keyboard saat hendak mengetik. Jika wallpaper WhatsApp yang digunakan bertabrakan dengan warna latar video akan sedikit membuat mata sakit.

Termasuk ukuran font WhatsApp, dengan space sesempit ini tentu akan terlihat menjadi semakin sempit ketika ukuran tulisan dalam perpesanan WhatsApp diatur menjadi besar dari ukuran bawaannya. Lihat: bagaimana cara mengganti ukuran tulisan WA.

Jika Anda menggunakan tablet atau smartphone yang memiliki layar lebih luas tentu akan lebih leluasa melihat video melayang sambil membalas pesan, memiliki ruang yang lebih luas dibandingkan smartphone yang memiliki ukuran layar yang lebih sempit.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi