Wajib Dikunjungi! Inilah 5 Tempat Wisata Antimainstream di Jawa Barat

0

Berkunjung ke tempat wisata memang menjadi cara paling ampuh untuk menghabisi masa liburan, selain bisa beristirahat menikmati keindahan tempat tersebut, kamu juga bisa menambah stok foto-foto kamu untuk kamu upload di media sosial kamu.

Selain Jogja dan Bali, Jawa Barat masih menjadi pilihan bagi warga Jakarta untuk berlibur, selain aksesnya yang dekat dengan Ibu Kota, banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Tanah Pasundan ini.

Namun, kebanyakan orang memilih tempat wisata yang itu-itu saja di Jawa Barat, seperti kawasan Lembang Bandung, Puncak Bogor, atau pantai Palabuhan Ratu. Sebenarnya banyak surga-surga tersembunyi yang bisa kamu nikmati di daerah Jawa Barat ini. Berikut kami berikan rekomendasi 5 tempat wisata yang antimainstream yang ada di Jawa Barat, diantaranaya adalah:

ads by posciety

1. Curug Leuwi Lieuk 

https://portalwisata.co.id

Curug indah satu ini berada di wilayah Sentul Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kata “Leuwi” sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti lubuk, lubuk merupakan bagian terdalam yang berada di suatu sungai.

Sungai yang menjadi sumber aliran air Curug Leuwi Lieuk diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi. Tebing berwarna hitam ini tingginya mencapai lebih dari 10 meter. Berbagai vegetasi liar juga turut menghiasi pemandangan sekitar Curug tersebut.

Posisi air terjun yang diapit tebing ini menjadi keunggulan dari Curug ini, hal ini membuat Curug Leuwi Lieuk ini menjadi sedikit mirip dengan Green Canyon yang berada di Pangandaran.

Akses menuju Curug Leuwi Lieuk cukup menyulitkan, untuk mencapainya, kamu harus melewati rute tanjakan maupun turunan dengan jalan yang meliuk-liuk. Kondisi jalannya tidak terlalu baik. Hal ini dikarenakan Curug ini berada di tengah perbukitan kawasan Sentul. Namun semua perjuangan kamu akan terbayarkan dengan keindahan Curug Leuwi Lieuk ini.

2. Gua Agung Garunggang

https://www.minews.id

Masih dari Sentul, kali ini bukan Curug melainkan ada Gua indah yang berada di kawasan ini, Gua itu bernama Gua Agung Garunggang. Gua ini berlokasi di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Sama seperti Gua-Gua pada umumnya, pesona alam yang akan kamu dapatkan didalam Gua ini adalah batu stalaktit yang keren, tebing yang menghimpit jalan, dan pemandangan alam di sekitarnya membuat kamu merasa nyaman saat menyusuri Gua ini. Mulut Gua ini berbentuk vertikal, sehingga untuk memasukinya kamu harus menuruni anak tangga yang sudah disediakan.

Untuk masuk Gua Agung Garunggang ini disarankan untuk menyewa jasa tour guide agar kamu tidak salah jalan dan tersesat saat menyusuri Gua indah ini. Untuk aksesnya pun disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua agar lebih mudah, jika memang terpaksa menggunakan kendaraan roda empat, kamu harus berjalan dari tempat parkir sejauh 2 KM untuk memasuki Gua ini.

3. Gunung Padang Cianjur

https://yukpigi.com

Gunung Padang adalah objek wisata sejarah yang berada di Kampung Gunung Padang, Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Keindahan alam yang tersaji di Situs Megalitikum Gunung Padang sangat nyaman untuk dinikmati.

Berbeda dengan gunung-gunung lainnya, dimana daya tarik utamanya adalah keindahan alam, daya tarik utama Gunung Padang ini terletak pada tema destinasi wisata sejarahnya, yang hingga saat ini masih menjadi misteri tak terpecahkan, yakni Piramida misterius. Yang diduga jika riset tentang Gunung Padang menemui titik terang, akan merubah tatanan sejarah yang selama ini berkembang di masyarakat. Bukan hanya sejarah Indonesia, melainkan sejarah Dunia mengenai peradaban Piramida yang disebut-sebut memiliki usai lebih tua dari Piramida Giza yang berada di Mesir.

Untuk askesnya pun cukup mudah, bisa dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Bagi kamu yang ingin menikmati suasana berbeda dari gunung-gunung yang ada pada umumnya, situs Gunung Padang ini cocok untuk kamu kunjugi.

4. Pantai Ujung Genteng Sukabumi

https://traverse.id

Jika disuruh menyebutkan nama pantai yang ada di Jawa Barat, kebanyakan orang akan menyebutkan dua nama pantai populer, yakni Pantai Pangandaran dan Pantai Palabuhan Ratu. Namun, sebenarnya ada banyak pantai-pantai indah lainnya yang berada di Tanah Pasundan ini, salah satunya adala Pantai Ujung Genteng Sukabumi.

Pantai pasir putih ini berada di Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selain bisa menikmati pasir putih, Di sekitar Pantai Ujung Genteng ini ada lokasi penangkaran penyu, dan juga area yang berisi bangunan peninggalan sejarah zaman dulu yang bisa dijadikan tempat bersantai ataupun hunting foto.

Aksesnya pun sangat mudah dikunjugi baik pengendara roda dua maupun roda empat. Pantai cocok untuk kamu kunjungi, jika kamu merasa bosan dengan Pantai Pangandaran maupun Pantai Palabuhan Ratu.

5. Pulau Biawak Indramayu

http://www.tintahijau.com

Emang ada ya pulau biawak di Indonesia? Ada dong, pulau satu ini berada di laut Jawa yang secara administratif berada di wilayah Kabupaten Indramayu.

Pulau biawak ini merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sesuai dengan namanya, di pulau ini hidup ribuan Biawak dan menjadi tempat penangkaran Biawak di Indonesia. Selain Biawak, pulau ini juga kaya dengan tanaman bakau yang hijau.

Karena terletak di laut Jawa, untuk bisa memasuki Pulau Biawak ini, kamu bisa memilih paket trip yang disediakan agen travel wisata dengan berbagai pilihan. Untuk kamu yang suka menguji adrenalin kamu dengan hidup bersama dengan Biawak, Pulau Biawak ini cocok untuk kamu jadikan tempat liburan.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya