Wajib Tahu! 3 Hal Penting untuk Kesehatan yang Berbahaya Jika Disepelekan

0

3 hal penting yang berbahaya jika disepelekan, tetapi sangat bermanfaat jika dilakukan secara teratur. Jika kamu sudah rutin melakukannya, jagalah rutinitas yang baik itu. Namun, jika belum, cobalah untuk melakukan rutinitas yang banyak dianjurkan para profesional ini.

Tahukah kamu? Ada 3 hal penting dalam kesehatan yang berbahaya jika disepelekan. Yup, ini terkait kesehatan tubuh yang harus dijaga sehari-hari. Hal-hal kecil seperti pola tidur, pola makan, dan olahraga ternyata sangat mempengaruhinya. Berikut ini kami rangkum:

1. Pola Makan

ads by posciety

Dilansir di laman resminya, WHO menyarankan untuk melakukan diet sehat yang dinilai sangat penting untuk kesehatan dan nutrisi yang baik. Ini melindungimu dari banyak penyakit tidak menular kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Makan berbagai makanan dan mengurangi garam, gula dan lemak trans jenuh dan yang diproduksi industri, sangat penting untuk diet sehat. Diet sehat terdiri dari kombinasi makanan yang berbeda.

  • Makanan pokok seperti sereal (gandum, barley, gandum hitam, jagung atau beras) atau umbi atau akar bertepung (kentang, ubi, talas atau singkong)
  • Kacang-kacangan
  • Buah dan sayur-sayuran
  • Makanan dari sumber hewani (daging, ikan, telur dan susu)

Berikut adalah beberapa informasi yang berguna, berdasarkan rekomendasi WHO, untuk mengikuti diet sehat, dan manfaatnya:

  • Makan lebih sedikit lemak
  • Lemak dan minyak dan sumber energi terkonsentrasi. Makan terlalu banyak, terutama jenis lemak yang salah, seperti lemak jenuh dan lemak trans yang diproduksi secara industri, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Menggunakan minyak nabati tak jenuh (zaitun, kedelai, bunga matahari atau minyak jagung) daripada lemak hewani atau minyak tinggi lemak jenuh (mentega, kelapa, dan minyak sawit) akan membantu mengonsumsi lemak yang lebih sehat.
  • Untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak sehat, konsumsi lemak total tidak boleh melebihi 30% dari keseluruhan asupan energimu.
  • Batasi asupan gula untuk diet sehat, gula harus mewakili kurang dari 10% dari total asupan energimu. Menguranginya lebih jauh hingga di bawah 5% akan lebih bermanfaat untuk kesehatanmu.
  • Memilih buah-buahan segar daripada camilan manis seperti kue kering, kue, dan cokelat membantu mengurangi konsumsi gula. Membatasi asupan minuman ringan, soda, dan minuman lain yang tinggi gula (jus buah, minuman manis dan sirup, susu beraroma, dan minuman yogurt) juga membantu mengurangi asupan gula.
  • Kurangi asupan garam menjaga asupan garam kurang dari 5 jam per hari membantu mencegah hipertensi dan mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke pada populasi orang dewasa. Membatasi jumlah garam dan bumbu tinggi natrium (kecap dan kecap ikan) saat memasak dan menyiapkan makanan membantu mengurangi asupan garam.

2. Pola Tidur

Dikutip dari medicalnewstoday.com, bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk membantumu menjaga kesehatan yang optimal. Dalam hal kesehatan, tidur sama pentingnya dengan olahraga teratur dan makan makanan yang seimbang.

Kehidupan modern sekarang ini tidak selalu memenuhi kebutuhan akan tidur yang cukup. Namun, penting bagimu untuk berusaha cukup tidur secara teratur. Berikut ini adalah beberapa dari banyak manfaat dari istirahat malam yang baik:

  1. Produktivitas dan konsentrasi yang lebih baik
    Penelitian telah mengaitkan cukup tidur dengan konsentrasi, produktivitas, dan kognisi yang lebih baik. Ada beberapa penelitian yang dilakukan para ilmuwan di awal 2000-an yang melihat efek kurang tidur.
    Apa yang disimpulkan para peneliti adalah bahwa tidur memiliki hubungan dengan beberapa fungsi otak, termasuk:
    • konsentrasi
    • produktifitas
    • kognitif

Sebuah studi tahun 2015 yang lebih baru di Journal of Child Psychology and Psychiatry menunjukkan bahwa pola tidur anak-anak dapat berdampak langsung pada perilaku dan kinerja akademik merekaMenurunkan risiko kenaikan berat badan.

Hubungan antara penambahan berat badan dan obesitas dan pola tidur pendek tidak sepenuhnya jelas. Namun, kurang tidur dapat mempengaruhi keinginan atau kemampuan seseorang untuk mempertahankan gaya hidup sehat, tetapi mungkin atau mungkin tidak menjadi kontributor langsung untuk penambahan berat badan.

  1. Lebih meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional
    Tidur memiliki hubungan dengan kecerdasan emosional dan sosial seseorang. Seseorang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup cenderung memiliki masalah dalam mengenali emosi dan ekspresi orang lain. Misalnya, sebuah studi di Journal of Sleep Research melihat respons orang terhadap rangsangan emosional. Para peneliti menyimpulkan, mirip dengan banyak penelitian sebelumnya, bahwa empati emosional seseorang berkurang ketika mereka tidak mendapatkan tidur yang cukup.
  1. Sistem kekebalan yang lebih kuat.
    Tidur membantu tubuh memperbaiki, meregenerasi, dan memulihkan diri. Termasuk didalamnya sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kualitas tidur yang lebih baik dapat membantu melawan infeksi. Namun, para ilmuwan masih perlu melakukan penelitian lebih lanjut tentang mekanisme yang tepat dari tidur sehubungan dengan dampaknya terhadap sistem kekebalan tubuh ini.

3. Olahraga Teratur

Kamu tahu olahraga itu baik untukmu, tetapi tahukah kamu seberapa baik? Dari meningkatkan suasana hati hingga dapat meningkatkan kehidupanmu. Ingin merasa lebih baik, lebih banyak energi, dan bahkan umur yang panjang? Berolahraga-lah.

Perlu lebih banyak motivasi untuk bergerak? Dikutip dari mayoclinic com, lihatlah 3 manfaat olahraga teratur ini yang dapat membantumu merasa lebih bahagia dan lebih sehat.

  • Olahraga dapat meningkatkan suasana hati
    Butuh peningkatan emosi? Atau perlu mengeluarkan emosi setelah hari yang menegangkan? Sesi gym atau jalan cepat dapat membantumu. Aktivitas fisik merangsang berbagai bahan kimia di otak yang dapat membuatmu merasa lebih bahagia, lebih rileks, dan mengurangi kecemasan.
    Kamu juga mungkin akan merasa lebih baik dengan penampilanmu dan dirimu sendiri ketika kamu berolahraga secara teratur, yang dapat meningkatkan kepercayaan dirimu dan harga dirimu.
  • Olahraga dapat meningkatkan energi
    Lelah dengan pekerjaan sehari-hari? Aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuhmu.
    Olahraga memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Dan ketika kesehatan jantung dan paru-paru membaik, kamu memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.
  • Olahraga membuat tidur lebih nyenyak
    Aktivitas fisik yang teratur dapat membantumu tertidur lebih cepat, mendapatkan tidur yang lebih baik, dan lebih nyenyak. Hanya saja, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur atau kamu mungkin akan terlalu berenergi untuk tidur.

Itulah 3 hal penting yang berbahaya jika disepelekan, tetapi sangat bermanfaat jika dilakukan secara teratur. Jika kamu sudah rutin melakukannya, jagalah rutinitas yang baik itu. Namun, jika belum, cobalah untuk melakukan rutinitas yang banyak dianjurkan para profesional ini. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya