Walau Pahit, Sambiloto Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

0

Sambiloto memiliki bahasa lain yaitu Andrographis paniculata adalah tumbuhan yang tingginya bisa mencapai 90cm yang berkhasiat obat, memiliki rasa pahit tapi khasiatnya sebagai tumbuhan obat tidak diragukan lagi, negara-negara di Asia sudah banyak yang secara sengaja menanam karena bisa mengobati beberapa jenis penyakit dan sifatnya antiradang, antribakteri, antioksidan, serta antivirus. Menurut WikiPedia penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan di Jawa.

Seperti kebanyakan tumbuhan obat, konsumsinya harus dengan dosis yang tepat. Walaupun Sambiloto ini dikonsumsi dalam jangka pendek dan dosis yang tepat, tetap akan menimbulkan efek samping seperti kelelahan, sakit kepala, reaksi alergi jika memiliki alergi, diare, bahkan muntah. Penggunaan Sambiloto dalam jangka panjang pun memiliki efek samping yang berbahaya seperti kerusakan hati.

Maka dari itu, Sambiloto sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil, ibu menyusui, orang dengan kondisi medis lemah seperti dara rendah dan kelainan darah, serta tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain.

ads by posciety

Manfaat Sambiloto

Tumbuhan ini bisa dikenal banyak negara di Asia tentu karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

Meredakan Demam

Karena salah satu sifat Sambiloto adalah antiradang, sedangkan demam merupakan reaksi tubuh akibat peradangan dan/atau akibat infeksi seperti bakteri/virus maka Sambiloto dapat membantu meredam tubuh yang demam.

Menghambat Sel Kanker

Sambiloto juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, diketahui beberapa riset laboratorium menemukan bahwa ekstrak Sambiloto terlihat dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Meski demikian, belum ada hasil riset yang membuktikan tumbuhan ini secara efektif dapat menjadi obat kanker.

Meredakan Gejala Flu

Gejala flu seperti bersin-bersin, demam, nyeri tenggorokan, dan batuk pilek diketahui dapat diredakan oleh Sambiloto. Sambiloto juga sekaligus dapat membantu memulihkan flu, biasanya Sambiloto dipadukan dengan Gingseng agar lebih efektif dalam memulihkan flu yang sedang dialami.

Menurunkan Tekanan Darah

Ketika dikonsumsi sebagai jamu, tanaman Sambiloto diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sambiloto memiliki efek samping penurunan tekanan darah secara drastis, maka berhati-hati dalam mengonsumsi Sambiloto khususnya jika kamu sedang menjalani pengobatan hipertensi.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Salah satu efek dari Sambiloto dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan mendeteksi dan membasmi sel-sel kanker, maka Sambiloto dapat meningkatkan imun tubuh. Sambiloto dapat secara efektif membunuh berbagai kuman dan virus dengan cara merangsang kinerja sel-sel darah putih.


Di atas itu adalah efek samping dan manfaat dari tumbuhan herba si pahit Sambiloto, namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika kamu tidak yakin atau belum mengerti bagaimana cara konsumsi Sambiloto.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya