Wanita Juga Boleh Ko Olahraga Sepak Bola, Bisa Menyehatkan Tubuh!

0

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang mengaitkan dengan permainan team dan banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Sepak bola seringkali jadi bahan perbincangan karena menarik untuk ditonton pertandingannya. Siapa nih pemain favorit kalian dan team mana yang jadi andalan kalian, sobat?

Bermain sepak bola bisa menghilangkan rasa stres saat pikiran sedang kalut atau kacau. Dengan mengeluarkan keringat saat berlari menggiring bola, menghasilkan kesenangan tersendiri bagi yang melakukannya. Selain dapat menghilangkan stres, sepak bola juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik loh? Lengkap bukan, selain bermanfaat untuk mental juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik. Apa saja sih?

Dapat Melatih Ketahanan Fisik

Pada saat bermain sepak bola, kalian diharuskan untuk tetap berjalan atau lari terus-menerus dan  harus menjaga performa saat di lapangan. Dengan ini, pemain bisa menambah massa otot, semakin bertambah massa otot, semakin kuat dan performa meningkat.

Jantung Menjadi Sehat

Saat berlari menggiring bola ataupun menghindari lawan, jantung bekerja dengan optimal. Mengapa demikian? Saat berlari detak jantung terjaga tetap normal, salah satu olahraga yang menyehatkan organ kardiovaskular (termasuk jantung) adalah dengan berlari. Dengan demikian, hal tersebut bisa mencegah penyakit jantung koroner karna meluluhkan penumpukan plak yang terjadi pada arteri.

Kemampuan Kognitif Meningkat

Sepak bola mengharuskan pemainnya untuk tetap konsentrasi, dapat mengatur taktik, dan disiplin agar dapat mencetak skor dengan menjebol gawang lawan. Hal ini juga mewajibkan pemain untuk bermain dengan cepat bahkan saat mengambil keputusan, kemana ia akan mengoper bolanya dan apa yang harus dilakukan setelah menerima umpan. Dengan bermain serba cepat, akan memicu saraf kognitif untuk bekerja lebih cepat dan keras.

Wah, berarti bisa menghilangkan kebiasaan berfikir lambat ya?

Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Sepak bola merupakan olahraga yang tepat untuk membakar kalori. Karena sepak bola sendiri mengharuskan pemainnya untuk tetap berlari ataupun berjalan agar performa tetap terjaga. Saat detik-detik berlari itulah, detak jantung meningkat dan dapat membakar kalori. Jika terjadi penumpukan kalori pada tubuh, kalori tersebut lama kelamaan akan menjadi lemak yang menyebabkan terjadinya obesitas.

Namun dari semua manfaat di atas, ada beberapa orang yang tidak diperbolehkan untuk bermain sepak bola dengan alasan tertentu. Sebelum memutuskan untuk bermain sepak bola, sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter ya, guys!

Banyak kok olahraga di luar sana yang bisa menyehatkan tubuh kalian dan khususnya untuk menurunkan berat badan. Maka dari itu, sebaiknya kalian jangan lupa untuk  menjaga pola makan agar tetap sehat dan metabolisme terjaga. Selamat berolahraga dan semoga membantu!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya