WordPress Plugin, Englighter – Customizable Syntax Highlighter


Kali ini kita akan mengulas salah satu plugin penampil syntax / code / bahasa pemrograman di situs WordPress yaitu Enlighter – Customizable Syntax Highlighter atau yang lebih dikenal dengan sebutan EnlighterJS. Plugin ini dirancang oleh Andi Dittrich seorang plugin developer WordPress yang sudah mempublikasikan 3 plugin di direktori WordPress saat artikel ini ditulis.

Enlighter – Customizable Syntax Highlighter

Plugin ini merupakan plugin untuk menampilkan potongan kode di halaman depan situs web yang dibangun menggunakan WordPress, dengan plugin ini tentu tidak sulit lagi menampilkan kode dibanding menampilkannya secara manual. Penggunaannya juga mudah bagi para pengguna yang baru memasang plugin ini cukup salin kode yang ingin ditampilkan di layar EnlighterJS maka kode akan tampil di halaman depan.

Seperti biasa pada postingan kategori Reviews akan membahas satu persatu fitur atau hanya fitur utama saja yang dapat dimiliki oleh produk tersebut termasuk plugin ini. Lalu, apa saja yang dimiliki plugin EnlighterJS ?

Appearance

Ketika baru pertama kali memasang plugin ini di WordPress maka akan diarahkan ke halaman selamat datang dan halaman about, selanjutnya bisa beralih ke tab Appearance untuk mengatur penampilan plugin ini.

Pada tab ini pengguna dapat mengatur tampilan yang diinginkan dari EnlighterJS mulai dari tema (warna), kode dalam raw, menampilkan angka (nomor baris) sampai bahasa default yang diinginkan misalnya PHP / C++.

Editing

Beralih ke tab berikutnya yaitu tab Editing, didalam tab ini tersedia banyak opsi yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan dan selera pengguna. Pada tab ini juga dibagi menjadi beberapa bagian yaitu Shortcodes, Markdown, Visual Editor, dan Text/HTML Editor.

Tab Editing ini memungkinkan pengguna untuk mengatur Prosesor, Filter Targets, Tweaks sampai Quick Tags. Silahkan tentukan sesuai keperluan dan pastikan cocok dengan hosting dan tema WordPress yang digunakan.

Webfonts

Karena pada beberapa tema EnlighterJS menggunakan jenis font modern yang bisa saja defaultnya tidak tersedia pada situs WordPress yang digunakan maka disediakan tab ini untuk memilih font mana yang ingin digunakan dan diterapkan pada WordPress untuk EnlighterJS. Jika menggunakan tema yang tidak menggunakan modern font maka tidak perlu memilih font lagi.

Extensions

Saat ini tersedia 3 plugin yang dapat diatur dari halaman plugin EnlighterJS supaya cocok dan berjalan lancar, plugin yang tersedia saat ini yaitu Jetpack, bbPress Forum dan Cryptex E-Mail Obfuscation. Jika kalian menggunakan salah satu plugin tersebut silahkan atur di halaman ini.

Options

Tab tambahan yang berisi opsi-opsi tambahan yang dapat mempengaruhi pengalaman pengguna EnlighterJS. Didalam tab ini terdapat 2 bagian yaitu CDN dan Opsi Lanjutan. Jika tidak menggunakan CDN harap abaikan pengaturan CDN dan jika tidak yakin dengan pengaturan lanjutan silahkan diabaikan juga.

Download Plugin   |   Demo Tema

Kesimpulan

Itulah ulasan yang dapat diberikan kepada pembaca tentang plugin EnlighterJS, jangan lupa untuk klik tombol Simpan Perubahan untuk menerapkan perubahan pengaturan di masing-masing halaman. Plugin ini dapat membantu pengguna untuk menampilkan kodingan di halaman depan situs WordPress dengan tampilan keren dengan tema yang diinginkan. Harap maklum jika ulasan ini berbeda dengan kenyataannya, mungkin itu disebabkan pembaruan / perubahan yang dilakukan pengembang plugin.


Jangan Lupa Share !!!

64
10 shares, 64 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
8
Bingung
Kesal Kesal
6
Kesal
OMG OMG
8
OMG
Takut Takut
7
Takut
Keren Keren
5
Keren
Sedih Sedih
10
Sedih
Posciety Tech

Advanced Competent

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia teknologi. Dikelola oleh tim Posciety Tech.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki