YouTube Akan Hapus Akun Subscriber Spam

0

Kamu punya channel YouTube dan bingung kenapa jumlah subscriber kamu berkurang? Mungkin saja ada banyak akun subscriber spam di akun kamu, sebab YouTube akan menghapus akun-akun subscriber yang dianggap spam.

Kebijakan ini telah YouTube lakukan sejak 2018 lalu, pada saat itu pihak YouTube memberikan pemberitahuan tentang kebijakan ini melalui blog resmi mereka. Dalam pemberitahuan itu YouTube memberikan informasi bahwa mereka sedang melakukan pembersihan akun-akun subscriber yang terindikasi spam atau melanggar kebijakan dari YouTube. Kebijakan ini merupakan bagian dari program maintenance rutin yang dilakukan YouTube untuk meningkatkan kualitas dari YouTube sendiri.

Alasan mengapa YouTube mengeluarkan kebijakan ini adalah karena YouTube menemukan bahwa masih banyak para kreator yang melakukan tindakan curang untuk mendapatkan subscriber secara instan, salah satunya dengan membeli subscriber palsu lewat perantara orang ketiga. Maka dari itu demi menjaga keseimbangan antar kreator YouTube dengan bersaing secara sehat untuk mendapatkan subscriber-subscriber asli, maka YouTube mengambil tindakan ini.

Spam yang dimaksud YouTube adalah akun yang melakukan kegiatan yang dilarang oleh YouTube dengan tujuan untuk menyesatkan, penipuan, dan lainnya. Lalu hal lainnya yang dilarang YouTube adalah melakukan pertukaran subscriber dengan dengan channel YouTube lain, membuat video yang diupload secara berulang, membuat judul tidak sesuai dengan video, membeli subscriber dari penyedia jasa.

Bagi akun-akun yang melanggar kebijakan YouTube tersebut, akun tersebut akan ditutup oleh YouTube, dengan kata lain jika didalam jumlah subscriber kamu terdapat akun-akun subscriber yang dianggap spam oleh YouTube maka YouTube akan menghapus akun tersebut sehingga akun tersebut akan otomatis hilang dari daftar subscriber kamu yang membuat jumlah subscriber kamu berkurang.

YouTube memang memiliki kebijakan yang sangat ketat dan harus dipatuhi oleh para penggunanya baik kreator maupun akun biasa. Jika tidak dipatuhi dan melakukan pelanggaran secara berulang-ulang, maka sanksi yang dikeluarkan adalah penutupan akun secara permanen.

Penghapusan akun subscriber spam ini mungkin tidak akan dirasakan bagi para kreator yang telah mendapatkan jumlah subscriber ratusan ribu bahkan jutaan, namun akan terasa bagi para kreator-kreator “kecil” yang hanya memiliki subscriber ratusan atau ribuan. Sebab mereka yang baru merintis menjadi kreator YouTube untuk bisa memonetasikan channel YouTubenya dan mendapatkan penghasilan dari YouTube ini akan terasa berat.

Perlu diketahui, bahwa untuk bisa memonetisasi sebuah channel YouTube, seorang kreator YouTube minimal harus memiliki 1000 subscriber agar dapat masuk dalam YouTube Partner Program (YPP). Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak para kreator YouTube ini menggunakan cara ilegal untuk mendapatkan 1000 subscriber secara instan, yakni dengan membeli ribuan subscriber palsu lewat penyedia jasa, agar mereka bisa dengan cepat memonetasikan channel YouTube mereka di Google AdSense.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya