Yuk, Aktifkan Autentikasi 2 Langkah Akun Google Biar Makin Aman

Amankan Akun Google dan Semua Layanannya

Khawatir akun Google di hack ? Atau kurang yakin dengan keamanan katasandi saat ini ? Yuk aktifkan autentikasi 2 langkah untuk akun Google, caranya akan dijelaskan semua pada artikel ini. Gak tau apa itu autentikasi 2 langkah ? Bisa pelajari disini jika perlu.

Autentikasi 2 Langkah

Sebelum membahas cara membuatnya, autentikasi 2 langkah akun Google saat ini terdapat 2 jenis yaitu Verifikasi 2 Langkah dan Gunakan Ponsel Untuk Masuk, silahkan pilih mana yang lebih disukai (Catatan: fitur ini tidak bisa diaktifkan secara bersamaan, pilihlah salah satu).

#1 Verifikasi 2 Langkah

Autentikasi 2 langkah dengan metode Verifikasi 2 Langkah ini merupakan salah satu cara mudah untuk mengamankan akun Google yang dapat membantu penggunanya merasa aman. Cara membuatnya hanya bisa dilakukan di desktop, ketika melakukannya di smartphone (Akun & Sinkronisasi) tetap akan diarahkan ke browser nantinya.

  • Buka browser
  • Masuk ke akun Google, kunjungi myaccount.google.com (jika belum login akan diminta login terlebih dahulu, klik tombol Sign In dibagian atas kanan layar)
  • Pilih bagian Login & Keamanan
  • Scroll sedikit kebawah sampai bagian Login ke Google, klik pilihan Verifikasi 2 Langkah di bagian ini
  • Muncul ringkasan tentang autentikasi 2 langkah ini, klik tombol Mulai untuk memulai (akan diminta login ulang, silahkan login dengan akun yang bersangkutan)
  • Setelah berhasil login ulang akan diarahkan ke halaman pengisian nomor HP, masukkan nomor HP yang ingin digunakan untuk verifikasi setiap kali akan login ke akun tersebut. Dibawahnya ada pilihan metode verifikasi, pilih SMS untuk mendapatkan kode lewat SMS atau pilih Panggilan Telepon untuk mendapatkan kode verifikasi lewat panggilan
  • Jika sudah yakin, klik tombol Selanjutnya
  • Secara otomatis Google akan mengirim kode verifikasi ke nomor yang tadi dengan metode yang dipilih, masukkan kode yang dikirim ke nomor HP tadi dan masukkan di langkah ini kemudian klik tombol Selanjutnya. Jika tidak menerima SMS / Panggilan Telepon kode silahkan klik Kirim Ulang untuk mengirim ulang kode ke nomor HP. Langkah ini juga merupakan contoh cara kerja autentikasi 2 langkah
  • Di halaman terakhir ini merupakan pratinjau, jika senang dengan cara kerjanya yang tadi sudah dicontohkan di langkah sebelumnya silahkan klik tombol Aktifkan, untuk membatalkan fitur ini tidak perlu klik Aktifkan tapi cukup klik tanda panah kembali diatas maka fitur ini tidak aktif

Selamat ! Sekarang akun Google sudah menggunakan autentikasi 2 langkah, semakin aman !

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara aktifkan verifikasi 2 langkah Google.

Dengan metode Verifikasi 2 Langkah ini, setiap kali ingin masuk ke akun Google tersebut perlu memasukkan kode verifikasi yang sama persis seperti yang dikirim Google ke nomor HP bersangkutan baik lewat SMS ataupun Panggilan Telepon.

#2 Gunakan Ponsel Untuk Masuk

Metode ini sedikit lebih mudah dari metode diatas, ketika mengaktifkan fitur ini setiap kali ingin login tidak perlu menunggu SMS / Panggilan Telepon kode dari Google tapi cukup mengklik tombol Ya di HP yang dihubungkan. Sama seperti sebelumnya, ini hanya dapat dilakukan di browser / desktop, karena ketika mengaturnya di Akun & Sinkronisasi tetap akan diarahkan ke browser nantinya.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan ponsel yang ingin digunakan untuk konfirmasi (klik YA) telah dihubungkan dengan akun Google bersangkutan. Misalnya akun [email protected] dihubungkan di HP OPPO F1 Plus. Fitur ini juga mewajibkan kunci layar, ponsel yang digunakan harus meniliki kunci layar / lock screen.

  • Buka browser
  • Masuk ke akun Google, kunjungi myaccount.google.com (jika belum login akan diminta login terlebih dahulu)
  • Pilih Login & Keamanan -> Gunakan Ponsel Untuk Masuk
  • Halaman pertama ini menjelaskan cara kerjanya, klik tombol Siapkan untuk memulai
  • Akan diminta login ulang, silahkan login dengan akun bersangkutan
  • Pada langkah pertama ini silahkan pilih smartphone yang ingin digunakan untuk konfirmasi, pada menu tarik turun ini akan menampilkan semua smartphone yang dihubungkan dengan akun tersebut. Jika ingin menggunakan smartphone lain, silahkan hubungkan akun Google di smartphone nya terlebih dahulu maka smartphone tersebut akan tampil di menu tarik turun ini
  • Pastikan HP yang dihubungkan memiliki fitur kunci layar dan diaktifkan, silahkan aktifkan kunci layarnya supaya bisa menggunakan fitur ini
  • Klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya
  • Akan diminta login ulang, ini sebagai contoh cara kerjanya yang akan ditunjukan kepada kalian. Silahkan login (memerlukan konfirmasi lewat smartphone yang dihubungkan dengan mengklik YA). Ketika di klik YA maka berhasil masuk, jika klik TIDAK maka tidak bisa masuk
  • Langkah terakhir, klik tombol Aktifkan untuk mengaktifkan fitur ini

Selesai, sekarang akun Google tersebut semakin aman karena perlu konfirmasi YA lewat smartphone yang dihubungkan tadi. Ketika akun tersebut login di perangkat lain selain smartphone bersangkutan akan diminta konfirmasi terlebih dahulu, jadi makin aman dan mudah.

Nah, sekarang kalo tiba-tiba ada pilihan YA dan TIDAK dari Google bisa dipastikan ada seseorang yang coba masuk menggunakan akun kalian. Jangan salah pencet ya !

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara autentikasi login Google dengan HP.

Nonaktifkan

Untuk mematikan / nonaktifkan fitur-fitur ini gampang banget, cukup masuk ke langkah-langkah yang kalian gunakan diatas kemudian klik tombol Nonaktifkan maka fitur tersebut akan di nonaktifkan dan akun Google kembali normal tanpa verifikasi / konfirmasi sebelum login.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi